Posts Tagged 'Yogyakarta'

Karyawan yang Pas

Ada beberapa hal yang membuat saya pusing saat mulai membangun usaha kemarin. Di antaranya adalah mencari rumah untuk dijadikan kantor, menyiapkannya hingga menjadi tempat yang layak untuk bekerja, serta mencari karyawan.

Ternyata mencari rumah yang terjangkau di daerah yang tidak terlalu jauh dari kota luar biasa susah. Apalagi harga tanah/rumah di Yogyakarta ini terkenal mahal, bahkan konon lebih mahal daripada Bekasi dan Bogor.

Tapi beruntung, setelah berminggu-minggu mencari ke sana-kemari, sempat kecewa karena rumah yang diincar ternyata sudah laku, dan sempat sakit hati karena pinjaman yang saya ajukan tidak jadi lolos, akhirnya dapat juga rumah yang cocok. Continue reading ‘Karyawan yang Pas’

Advertisements

Pasar Malam

Apa yang menyenangkan dari pasar malam? Bagi saya, suasananya.

Bermain ke pasar malam membawa ingatan saya pada masa kecil. Sebagai anak-anak, dulu saya suka banget sama pasar malam: terang, penuh warna, ramai, meriah, banyak permainannya, dan banyak makanannya.

Malam minggu kemarin saya jalan-jalan ke pasar malam Sekaten di alun-alun utara Yogyakarta. Pasar malam ini terbilang besar, jauh lebih besar dari pasar malam yang suka saya lihat di lapangan-lapangan kecamatan. Continue reading ‘Pasar Malam’

Cara Bayar Pajak Kendaraan Bermotor di Ambarukmo Plaza

Kalau dulu saya pernah bikin postingan tentang cara perpanjang SIM di Ambarukmo Plaza, maka kali ini saya akan membagi cerita tentang pengalaman saya membayar pajak sepeda motor di mal yang sama, tepatnya di Samsat Corner.

Sekarang saya sudah nggak perlu capek-capek antre di Samsat yang biasanya selalu penuh. Saya cukup datang ke Ambarukmo Plaza yang kebetulan letaknya dekat kantor saya. Continue reading ‘Cara Bayar Pajak Kendaraan Bermotor di Ambarukmo Plaza’

Cara Buat Paspor di Yogyakarta

Tahun ini saya punya keinginan untuk wisata ke luar negeri, yakni Singapura. Bukan “wisata koper” yang mahal, melainkan “wisata ransel”. Ya, saya mau coba ngegembel di negara maju itu 😀

Sebenarnya sih saya nggak tahu pasti apakah bisa mewujudkan rencana itu atau nggak. Tapi saya coba melakukan persiapan satu per satu. Saya sudah nabung, dan insya Allah cukup kalau sekadar untuk ngegembel. Langkah selanjutnya adalah membuat paspor. Nah, pada postingan kali ini saya mau membagi pengalaman dan informasi tentang cara membuat paspor di kota Jogja.

Rupanya caranya cukup mudah. Berikut langkah-langkah yang saya lakukan. Continue reading ‘Cara Buat Paspor di Yogyakarta’

Sms Berantai Tentang Bencana

Tadi malam setelah waktu Isya (29/10), mami saya sms, ngasih tau kalau orang-orang di sekitar rumah pada mau begadang, siap siaga, karena kabarnya Merapi akan meletus lagi. Kabar itu didapat dari sms berantai yang sebenarnya kurang jelas apakah akurat atau tidak. Isinya, para warga Jogjakarta diminta untuk tidak tidur supaya senantiasa siaga, karena diduga kuat Merapi akan meletus lagi antara dini hari sampai pagi.

Sms itu juga masuk ke inbox ponsel saya, tapi sayangnya sudah telanjur dihapus, jadi tidak bisa saya sebutkan dengan detail di sini. Saya sengaja tidak menyebarkannya lagi, karena khawatir itu hanya sms iseng yang dikirimkan oleh orang yang tidak bertanggung jawab, yang ingin membuat warga Jogja panik. Bukan apa-apa, saya tidak ingin membuat suasana menjadi kacau hanya karena kurang selektif dan hati-hati dalam menyebarkan berita. Biarlah masyarakat mengikuti beritanya saja dari televisi, radio, atau pusat informasi lainnya, karena biasanya narasumbernya lebih jelas dan kompeten.

Saya masih ingat ketika Jogja dilanda gempa beberapa tahun yang lalu. Saat itu ada berita yang menyebutkan bahwa ada tsunami di pantai selatan, dan air sudah naik sampai ke tengah Kota Jogja. Kabar itu begitu cepat menyebar, salah satunya lewat sms. Dan tahukah teman-teman apa yang terjadi saat itu? Woh, orang-orang pada panik. Beberapa kecelakaan terjadi di jalan raya karena keadaan begitu crowded. Continue reading ‘Sms Berantai Tentang Bencana’

Laundry Kiloan di Sekitar Kos Saya

Wah, sudah lama banget saya nggak update blog ini. Akhir-akhir ini saya memang lagi nggak bergairah ngeblog. Yah, mungkin memang ada saat-saatnya seperti itu kali, ya. Mudah-mudahan setelah ini saya bisa ngeblog dengan lebih rajin lagi, hehe…. 🙂

Sebenarnya saya bingung mau posting apaan. Baiklah. Saya akan bercerita tentang laundry aja, ya.

Di kota Jogja, penyedia jasa cuci pakaian kiloan begitu menjamur. Sistem pelayanan dibuat per kilo (pakaian kotor) supaya harganya lebih terjangkau.

Sebagian besar laundry itu terkonsentrasi di daerah kos-kosan. Peminatnya tentu saja para mahasiswa-mahasiswi yang nggak sempat atau tidak suka mencuci pakaian sendiri. Continue reading ‘Laundry Kiloan di Sekitar Kos Saya’

Nonton Konser Orkestra

Satu lagi persembahan dari UGM, sebuah konser orkestra murah tetapi megah.

Waaaah… beruntunglah saya ini. Duit cekak, belon bisa cari sendiri, tapi tetep bisa nonton konser orkestra berkualitas tinggi nan bertabur bintang. Judul pagelarannya adalah “Konser 60 Th UGM Peduli, Dwiki Dharmawan, World Peace Orchestra”. Kalo kita cermati judulnya, maka jelas kalo konser itu dilaksanakan dalam rangkaian ulang tahun UGM yang ke 60.

Tiket sudah saya beli beberapa hari sebelumnya, cos takut keabisan. Saya beli yang kelas festival seharga 40 ribu rupiah. Supaya dapet posisi yang bagus, Saya dan Gaby sengaja tiba di lokasi satu jam lebih awal, cos tempatnya rebutan, sapa cepat dia dapat. Usaha kami ga sia-sia, karena akhirnya kami dapat posisi yang bener-bener pas. Panggungnya terlihat jelas, dan soundnya juga terdengar imbang. Bener-bener posisi kelas VIP dengan harga festival deh, hehehe…

Konser dibuka dengan sebuah tembang yang dinyanyikan oleh seorang pesinden asal Solo, Peni Candrarini. Setelah itu langsung digebrak oleh penampilan yang menawan dari Krisdayanti. Continue reading ‘Nonton Konser Orkestra’


Enter your email address to follow this blog and receive notifications of new posts by email.

Join 1,980 other followers

Selamat Datang!

Kategori

Twitter

Arsip