Posts Tagged 'teknologi'

Handphone & Tablet

Saat ini ada satu situs marketplace yang menarik perhatian saya, yakni Lamido Indonesia. Namanya belum lama ini saya dengar, tapi ternyata situs ini cukup besar. Hal itu terlihat dari banyaknya jenis produk dan merek yang dijual di sana.

Sebelumnya mungkin perlu saya jelaskan dulu tentang marketplace. Jadi marketplace ini bisa kita ibaratkan sebagai sebuah pasar, namun beroperasi di dunia maya. Seperti layaknya pasar pada umumnya, marketplace juga menjadi tempat bertemunya pembeli dengan penjual, tapi dilakukan secara online.

Marketplace tidak kalah “ramai” dibanding pasar-pasar tradisional di dekat tempat tinggal kita. Produknya beragam, dan tipe para pedagangnya pun bermacam-macam. Kita tinggal memilih barang apa yang kita mau, dan pedagang mana yang mau kita datangi. Continue reading ‘Handphone & Tablet’

EMILY: Robot Penjaga Pantai

Pantai adalah salah satu objek wisata yang indah. Hamparan laut yang luas tiada bertepi, ombak yang merdu bernyanyi, serta semilir angin yang begitu memanjakan, menjadi hal spesial yang ditawarkan oleh pantai.

Walaupun demikian, ada juga pantai yang kerap memakan korban. Misalnya saja pantai Parangtritis di provinsi tempat tinggal saya ini. Walaupun di sana sudah banyak papan peringatan supaya jangan berenang hingga ke tengah, tapi masih banyak juga para pengunjung yang bandel. Walhasil, korban tenggelam pun terus saja berjatuhan.

Setiap pantai yang sering memakan korban tenggelam, biasanya di jaga oleh tim penjaga pantai. Beberapa tugas mereka antara lain patroli keliling pantai, memperingatkan para pengunjung supaya jangan berenang terlalu ke tengah, dan menyelamatkan pengunjung yang tenggelam atau nyaris terbawa arus sampai ke tengah laut. Tugas mereka cukup berat dan membutuhkan keahlian yang nggak main-main. Pada umumnya, area pantai yang harus mereka jaga sangat luas, dan bahkan kadang tidak sesuai dengan jumlah anggota tim yang ada. Wah, kalau ada EMILY, pasti mereka akan sangat terbantu. Lho, siapakah itu EMILY? Continue reading ‘EMILY: Robot Penjaga Pantai’

Alat Simulasi Menstruasi Khusus Lelaki!

Setiap wanita pasti pernah mengalami apa yang disebut dengan menstruasi. Ini memang sudah takdir yang harus “dinikmati” setiap wanita yang ada di dunia. Kabarnya sih menstruasi itu menyakitkan. Saya sendiri kurang tau karena belum pernah merasakannya 🙂 Karena menyakitkan, makanya para wanita yang sedang mens biasanya emosinya labil. Sensitif. Gampang sedih, marah, tersinggung, nangis, dan lain sebagainya. Ya iyalah. Namanya juga lagi diserang rasa sakit yang nggak bikin betah, iya kan….

Nah, sampai saat ini mungkin masih banyak lelaki yang nggak bisa memahami wanita yang sedang menstruasi. Belum bisa memegang teguh prinsip ‘karena wanita ingin dimengerti’. Kadang para lelaki memang ogah berdekatan dengan wanita yang lagi mens. Lah, gimana nggak. Dikit-dikit marah. Dikit-dikit mukul. Dikit-dikit bacok. Wew, yang terakhir ini ada nggak, ya…. 🙂 Continue reading ‘Alat Simulasi Menstruasi Khusus Lelaki!’

Bola Canggih Bertenaga Surya

Bulan ini kita lagi dilanda demam bola. Piala Dunia memang membuat banyak orang jadi tergila-gila dengan sepakbola. Nah, ada satu hal yang menarik dari Piala Dunia yang kali ini diselenggarakan di Afrika Selatan. Bola resmi FIFA World Cup 2010 yang diberi nama Jabulani, banyak menuai protes para peserta Piala Dunia. Menurut mereka, Jabulani terlalu ringan dan sangat sulit dikendalikan. Hmmm… Apakah ini ada hubungannya dengan dua tim besar, Perancis dan Italia, yang cepat tersingkir dari perhelatan akbar itu?

Di sisi lain, tim Samurai Biru, Jepang, justru tampak nyaman dengan Jabulani. Beberapa gol yang mereka sarangkan ke gawang lawan merupakan hasil tendangan bebas dalam jarak yang tidak terlalu dekat. Keberhasilan itu disebut-sebut diperoleh berkat peran dan bantuan si Jabulani. Hmmm… benarkah demikian? Continue reading ‘Bola Canggih Bertenaga Surya’

Awal Mengenal Internet

Saya mulai kenal internet sejak awal kuliah, yaitu pertengahan 2005. Saat itu saya juga masih belum terlalu paham komputer. Paling pol ya cuma MS Word aja, soale dulu pas SMA sering dapat tugas laporan yang harus diketik dengan komputer. Teman-teman saya kebanyakan pada menyerahkan tugas ketikan itu ke rental-rental komputer. Tapi, saya nggak mau mengeluarkan uang untuk membayar jasa rental. Kebetulan saya memang agak pelit, hahaha…. Akhirnya tugas ketikan itu pun saya selesaikan sendiri, numpang di rumah sepupu saya yang punya komputer. Biasanya tugas-tugas itu saya kerjakan sampai larut malam, jadi mau nggak mau harus nginep. Terima kasih buat sepupu saya beserta keluarganya yang dulu sering saya repotin itu, hehe…. 🙂

Tapi, mental pelit itu ternyata menolong saya. Saat lulus SMA, sebagian besar teman saya nggak bisa mengoperasikan komputer. Maklum, sekolah ndeso banget. Pendidikan teknologi dan fasilitas komputer kurang. Tapi saya lumayan bisa, hasil dari mengetik sendiri itu. Bahkan -maaf, bukannya sombong- ada salah satu teman yang kagum dengan kemampuan saya mengoperasikan komputer.

Lulus SMA, saya masuk ke universitas negeri yang lumayan terkenal. Dari seluruh siswa seangkatan saya di SMA, hanya ada 2 siswa yang masuk ke universitas itu, yaitu saya dan Dian, teman sekelas saya yang pinter banget. Continue reading ‘Awal Mengenal Internet’

W/Air: Masker Penghasil Energi Listrik

Bagi teman-teman yang tinggal di kota-kota besar, salah satu hal yang mungkin sering dikeluhkan adalah udara yang tercemar. Sumber polusi ada di mana-mana, seperti asap pabrik, asap mobil, asap sepeda motor, asap rokok, dan lain sebagainya. Apalagi bus-bus yang beroperasi masih banyak yang mengeluarkan asap hitam. Wah, bener-bener menghirup racun, deh. Bisa merusak paru-paru kita.

Duo desainer dari Brasil, yaitu Martina Pagura dan Pedro Nakazato Andrade, cukup prihatin dengan masalah polusi udara dan manusia yang terpaksa harus menghirup udara tercemar itu. Demi mengatasi hal itu, mereka pun menciptakan W/Air, yaitu masker penyaring CO2 dengan desain yang agak unik. Lalu, apa bedanya dengan masker biasa? Continue reading ‘W/Air: Masker Penghasil Energi Listrik’

LavNav: Lampu Isyarat untuk Toilet Duduk

Setiap perkakas yang diciptakan oleh manusia pasti ada manfaat dan tujuan khususnya. Nah, untuk alat yang satu ini, saya malah kurang ngerti banget fungsinya buat apaan.

Jadi ini adalah semacam lampu isyarat yang dipasang di toilet duduk. Namanya juga lampu isyarat, jadi warna yang dipancarkannya juga nggak seperti lampu biasa. Terdiri dari dua warna, yaitu merah dan hijau.

Alat ini bernama LavNav. Lav adalah singkatan dari lavatory (toilet), sedangkan Nav kependekan dari navigation (navigasi). Mmm… karena ada kata navigasi di situ, mungkin salah satu manfaat LavNav ini adalah sebagai petunjuk letak toilet ketika kamar mandi dalam kondisi gelap gulita di malam hari. Mungkin karena si empunya toilet nggak mau menyalakan lampu di ruangan itu, makanya butuh petunjuk semacam mercu suar gitu. Wah, ngasal aja, nih, haha…. Continue reading ‘LavNav: Lampu Isyarat untuk Toilet Duduk’


Enter your email address to follow this blog and receive notifications of new posts by email.

Join 1,793 other followers

Selamat Datang!

Kategori

Twitter