Posts Tagged 'sekolah'

Uang Sendiri

Dulu pas masih sekolah, susah banget rasanya kalau mau beli barang yang saya inginkan, sebab harus minta uang dulu ke orangtua. Padahal, uang mereka pun sangat terbatas, dan ada banyak kebutuhan lain yang harus mereka penuhi.

Ketika itu saya berpikir bahwa jadi anak sekolah benar-benar nggak enak, sebab nggak bisa punya uang sendiri. Jadinya nggak bisa bebas beli ini-itu. Padahal sebagai remaja yang pengen eksis dan gaul, saya punya daftar yang panjang tentang barang-barang yang ingin saya beli.

Mungkin seperti yang juga dirasakan oleh kebanyakan anak sekolah lain, saya pun sempat ingin segera melewati masa-masa sekolah dan langsung melompat ke dunia kerja. Continue reading ‘Uang Sendiri’

[Telah Terbit] Misteri Hantu Perpustakaan

Tahun kemarin saya “ditantang” oleh sebuah penerbit untuk menulis novel anak-anak dengan genre misteri. Sebelum menerimanya, tetapi meminta penjelasan dulu sedetail mungkin perihal novel seperti apa yang mereka maksud dan format seperti apa yang mereka mau.

Saya jadi ingat masa-masa SD dulu. Saya adalah penggemar cerita-cerita misteri. Saat itu saya hobi membaca buku-buku misteri dan serial detektif, seperti Goosebumps, Trio Detektif (ini favorit saya!), Lima Sekawan, buku-bukunya Agatha Christie, dan serial Wiro Sableng #lah.

Tapi yang diinginkan penerbit bukan misteri berat seperti itu, melainkan cerita ringan yang mengandung pesan moral, namun tetap seru. Buku itu harus berisi hal-hal yang positif dan diharapkan bisa memengaruhi anak-anak untuk melaksanakan kebiasaan baik sehari-hari. Continue reading ‘[Telah Terbit] Misteri Hantu Perpustakaan’

Kecerdasan Emosional

Konon IQ tidak terlalu berpengaruh terhadap kesuksesan anak. Jadi, anak-anak yang bodoh di sekolah belum tentu suram masa depannya. Sebaliknya, mereka bahkan bisa jauh lebih sukses dan kaya dibanding anak yang menjadi juara kelas. Inilah gagasan yang sedang populer saat ini. Salah satu tokoh yang sering dijadikan contoh di dalam buku-buku motivasi adalah Bill Gates.

Saya pernah membaca buku, salah satu isinya mengajak pembaca untuk membuktikan sendiri pendapat di atas. Caranya dengan mencari tahu informasi tentang pencapaian yang sudah diraih oleh teman kita dulu yang menjadi juara kelas. Adakah yang saat ini menjadi jutawan, pengusaha besar, atau tokoh terkenal? Continue reading ‘Kecerdasan Emosional’

Kangen Masa Sekolah

Sekolah

Buat yang pernah ngerasain sekolah, entah itu SD, SMP, SMA, atopun bangku kuliah, maka bersyukurlah. Sebaiknya dinikmati dan jangan terlalu mengeluh, sebab suatu saat kita pasti akan merindukan saat-saat itu…

Hal ini yg aku lagi rasain skarang. Hari ini ga terasa udah hari senen aja. Hari dimana berbagai aktivitas kantor dan sekolah dimulai setelah libur akhir pekan. Pagi2 tadi aku ngeliat anak2 sekolah berangkat dengan riangnya, dan itu semua sedikit bikin hatiku mellow. Kangen sama masa2 sekolah dulu, hehe… Continue reading ‘Kangen Masa Sekolah’


Enter your email address to follow this blog and receive notifications of new posts by email.

Join 1,793 other followers

Selamat Datang!

Kategori

Twitter