Posts Tagged 'panas'

Hujan

Saya rasakan musim panas terakhir kemarin ini lebih lama dari biasanya. Entah memang demikian adanya atau hanya perasaan saya saja. Tapi yang jelas, selama itu hujan hampir tidak pernah turun, dan cuara terasa begitu panas.

Karena udara begitu gerah, beberapa minggu terakhir ini saya pun sering tidur tanpa pakaian. Ya, maksudnya cuma pakai sempak doang. Jangan tanya rasanya bagaimana. Pokoknya enak gila.

Jadi kini kau sudah tahu. Ketika Rangga dan Cinta sedang khusyuk memandang bulan yang sama, saya sedang asyik tidur tanpa celana. Continue reading ‘Hujan’

Kipas Angin

Beberapa waktu yang lalu Jogja terasa panas banget. Saya kira cuma perasaan saya, tapi rupanya teman-teman saya pun mengeluhkan hal yang sama. Para pengguna Twitter juga banyak yang berkicau tentang panasnya Jogja.

Sempat ada isu yang menjelaskan bahwa matahari memang lagi berada tepat di atas Jogja, jadi suhu udara naik. Entahlah, saya nggak tahu pasti. Yang jelas, saya meragukannya. Pas malam hari pun Jogja tetap gerah. Padahal mataharinya kan lagi nggak ada, hehe…. *polos.

Lama-lama saya nggak tahan juga dengan kondisi kamar saya yang gerah. Akhirnya saya pun memutuskan untuk membeli kipas angin. Continue reading ‘Kipas Angin’

Cuaca

Wooh…. Dua minggu terakhir ini Jogja sering hujan. Bahkan kadang bisa seharian. Tapi ada yang aneh. Ketika pagi sampai siang, sinar matahari bersinar terik. Eh tiba-tiba sorenya hujan deras banget. Setelah panas banget, mendadak dingin karena guyuran hujan. Kalau nggak tekun menjaga kesehatan, badan bisa jadi sakit. Kayak saya sekarang ini, ni. Hidung gatel, sepertinya mau flu. Beberapa hari ini saya memang hujan-hujanan terus.

Misalnya hari ini. Tadi pagi, cuaca tampak cerah. Siangnya panas banget. Apalagi pas lewat jalan raya. Wah, ramai banget karena dilintasi oleh mobil dan sepeda motor para pemudik. Udara jadi terasa tambah panas. Tubuh saya pun serasa terpanggang. Padahal naik sepeda motor. Nggak kebayang deh gimana rasanya kalau naik sepeda seperti beberapa orang yang saya liat di jalan tadi.

Baru sampai di tengah perjalanan menuju rumah, mendadak turun hujan. Lumayan deras. Langsung deh saya berhenti untuk memakai jas hujan. Ya, daripada berteduh, saya lebih memilih menerobos hujan. Supaya nggak buang waktu. Toh saya bawa jas hujan, walaupun kondisinya sudah nggak bagus, hehe…. Continue reading ‘Cuaca’

Penjual Koran

Siang itu sinar matahari terik sekali. Tiada juga angin yang berembus. Suasana benar-benar gerah. Apalagi di jalan raya yang beraspal. Panas memanggang dari atas dan bawah. Permukaan aspal terlihat beriak-riak. Memantulkan panas yang disampaikan oleh matahari. Pohon-pohon pun tampak tak berdaya. Kering dan rapuh. Daun-daun terbang, terurai menjadi serpihan debu. Jalan raya benar-benar tidak memberi tempat. Sangat menyiksa.

Namun, terlihat seorang tua renta yang menikmati siksaan itu. Kulitnya hitam tersiram panas. Pakaiannya kusam. Setumpuk koran di tangannya masih banyak. Memberatkan sepasang lengannya yang kecil. Suaranya serak, meneriakkan koran yang dia jajakan. Continue reading ‘Penjual Koran’

Ada Apa Dengan Angin?

Sepintas judul yang saya tera di atas terkesan puitis. Tapi saya tidak bermaksud membuat puisi lho, cuma bertanya-tanya tentang kondisi cuaca di tempat saya yang saat ini sedang tidak bersahabat.

Sudah tiga hari ini Jogja terasa sangat panas. Mulai dari jam 8 pagi suasana udah gerah banget. Lepas jam 9, matahari bersinar terik sekali. Puncaknya adalah jam satu siang. Gila, bener-bener gerah, panas, dan sinar matahari bagai mencubit kulit dengan keras.

Kemarin saya sempat melintas jalan, naek sepeda motor butut kesayangan di tengah siang bolong. Walopun sudah memakai jaket nan tebal, tapi tetep aja cahaya matahari mampu menembus hingga mencapai kulit tubuh. Edan, nylekit banget. Mana gerah. Helm hitam saya juga ikut panas. Kepala saya seolah terpanggang. Saya tidak bisa membayangkan gimana tersiksanya penjual Koran yang giat menjajakan dagangannya di perempatan jalan besar yang saya lewati itu. Sudah panas, gerah, ditambah polusi udara yang menyesakkan dada. Ckckckck… Continue reading ‘Ada Apa Dengan Angin?’


Enter your email address to follow this blog and receive notifications of new posts by email.

Join 1,795 other followers

Selamat Datang!

Kategori

Twitter