Posts Tagged 'lebaran'

THR

Biasanya THR menjadi sesuatu yang dinanti-nanti oleh para pekerja menjelang lebaran, termasuk saya. Kita bisa menggunakan uang THR itu untuk menyelenggarakan acara istimewa di hari raya, yakni berkumpul bersama keluarga.

Dulu pas masih kecil, saya dan teman-teman sebaya sering menerima uang dari saudara pada hari raya. Nah, uang yang kami terima itu juga kami sebut dengan THR. Beberapa kawan menyebutnya dengan angpao, tapi sebutan ini kurang populer.

Oh iya, kadang-kadang ada juga yang menyebutnya dengan salam tempel. Jadi begitu selesai salaman, eh ada yang nempel.

Setiap kali berkumpul dengan keluarga besar dari pihak ayah di hari raya, saya selalu senang. Sebab, mereka akan memberikan THR kepada anak-anak dalam jumlah yang lumayan. Saya selalu panen uang setiap kali mengikuti acara itu. Continue reading ‘THR’

Advertisements

Hari Pertama

Pada postingan ini, saya sempat bilang bahwa hari rabu saya sudah mulai masuk kerja. Ternyata saya salah, haha… Rupanya bukan rabu, melainkan kamis (15/8) ini, hehe….

Nah, ternyata nggak cuma saya doang yang lupa. Beberapa teman lain juga nggak ingat mulai masuk kapan. Bahkan ada satu teman yang berangkat ke kantor rabu kemarin. Sampai kantor, terpaksa ia langsung pulang lagi, sebab tentu saja kantor saat itu masih sepi banget alias belum ada orang. :))

Beruntung pada hari selasa yang lalu saya sempat sms dan tanya ke mbak admin. Lewat sms balasan, dia ngasih tahu bahwa masuknya itu hari kamis. Akhirnya saya nggak jadi berangkat hari rabu, dan tentu saja selamat dari kekecewaan yang dirasakan teman saya tadi.

Pada hari pertama masuk kerja pasca-libur lebaran ini, suasana kantor masih sepi banget. Tapi, saya sendiri langsung disibukkan oleh berbagai pekerjaan yang menumpuk. Itu pun tadi belum selesai. Besok mau saya kebut, mengingat semua kerjaan itu harus selesai secepatnya.

Kayaknya kerjaan yang menumpuk itu memang sudah jadi konsekuensi atas hari libur yang kita dapat, ya. Kita memang bisa libur, tapi belum tentu pasokan kerjaan bisa berhenti. Jadi selama libur berlangsung, kerjaan itu akhirnya menumpuk. Tapi nggak apa-apa, sebab bagaimanapun kita perlu liburan. Benar, kan? 😉

Apakah teman-teman saat ini masih libur?

Libur Lebaran

Libur lebaran tahun ini bagi saya terasa cukup singkat. Saya baru libur pada H-1 lebaran. Lalu besok rabu (14/8) ini sudah masuk kerja lagi. Bahkan beberapa teman, hari senin besok ini sudah mulai masuk kerja.

Meskipun liburnya cuma sebentar, tapi saya nggak terlalu masalah, sebab saya nggak mudik ke mana-mana. Yang kasihan teman-teman saya yang mudik ini. Mereka cuma punya waktu sebentar sekali di kampung halaman.

Belum puas bersilaturahim dan kumpul-kumpul keluarga, eh sudah harus kembali pada rutinitas kerja. Macet dalam perjalanan ke rantau pun semakin menghabiskan waktu libur yang tersisa. Mereka inilah yang paling merasa kesusahan oleh karena waktu libur yang singkat. Continue reading ‘Libur Lebaran’

Mudik

Pada masa mendekati lebaran seperti sekarang ini, ibu saya paling suka nonton acara berita di televisi. Ada satu jenis berita yang sangat menarik minat beliau, yakni tentang arus mudik.

Saya sendiri cuma nonton sesekali aja. Ternyata luar biasa ya perjuangan untuk mudik. Mulai dari menabung untuk membeli tiket (yang biasanya harganya lebih mahal), “rebutan” tiket, menunggu antrean masuk kendaraan umum, menahan diri saat macet, dan sebagainya. Continue reading ‘Mudik’

Pegawai Tanpa Libur Lebaran

Beberapa hari lagi libur lebaran akan berakhir. Sebagian besar para pekerja akan bekerja kembali pada esok senin (5/9), baik pegawai swasta maupun negeri. Rasanya singkat banget ya libur seminggu ini. Apalagi bagi para sahabat yang mudik. Perjalanan selama mudik tentu membuat hari libur semakin singkat, hehe…. 🙂

Meski demikian, kita yang masih diberi libur hingga hari minggu besok patut bersyukur, karena ternyata banyak pegawai yang hanya dikasih libur lebaran antara satu hingga dua hari, bahkan ada yang sama sekali nggak libur. Beneran, lho. Beberapa kawan saya mengalami hal itu.

Para pekerja itu biasanya bekerja di bidang pelayanan umum, entah di rumah makan, mal, kios, rumah sakit, dan lain sebagainya. Continue reading ‘Pegawai Tanpa Libur Lebaran’

Mohon Maaf Lahir dan Batin

Yeah, akhirnya kemarin (31/8) saya bisa menikmati hari kemenangan dan bisa melaksanakan shalat Idul Fitri dengan lancar. Saya panjatkan puji syukur kepada Allah swt yang telah memberikan kesempatan yang sangat indah itu. 🙂

Seperti pada tahun-tahun sebelumnya, setelah melaksanakan shalat Idul Fitri, kami sekeluarga saling bermaaf-maafan. Selain meminta maaf, saya pribadi memohon doa kepada orangtua dan kakak-kakak agar semakin sukses dan senantiasa lancar dalam melaksanakan berbagai kegiatan dalam hidup saya. Continue reading ‘Mohon Maaf Lahir dan Batin’

Belanja Pakaian Menjelang Lebaran

“Dit, wis belonjo durung? (Dit, sudah belanja belum?)”

Demikian pesan singkat di layar ponsel saya yang dikirimkan oleh seorang kawan, sebut saja Agus. Saya paham sekali konteks pertanyaan sahabat karib saya itu. Beberapa hari lagi lebaran, dan lebaran kan identik dengan pakaian baru. Walaupun banyak yang nggak mengakuinya, toh pada kenyataannya mal dan toko pakaian selalu ramai dikunjungi orang menjelang lebaran.

Dulu pas masih SMA saya juga begitu. Uang saku selama puasa ditabung buat beli pakaian. Kalau puasa kan nggak jajan, jadi uang saku masih utuh, seluruhnya langsung ditabung. Di akhir bulan Ramadan, uang tabungan itu terkumpul banyak deh. Saya dan teman-teman pun berburu pakaian di mal, termasuk si Agus. Tradisi belanja menjelang lebaran itu bertahan hingga dua tahun setelah lulus SMA. Setelah itu, kita jarang ketemu lagi.

Mungkin Agus masih ingat dengan tradisi itu, makanya dia mengirimkan sms tersebut, mungkin hendak mengajak pergi berburu lagi. Tapi, kebetulan dua tahun ini saya berhenti dari tradisi itu. Entah kenapa saya kehilangan gairah untuk belanja pakaian menjelang lebaran. Kini bagi saya pakai pakaian yang lama aja udah cukup. Continue reading ‘Belanja Pakaian Menjelang Lebaran’


Enter your email address to follow this blog and receive notifications of new posts by email.

Join 1,812 other followers

Selamat Datang!

Kategori

Twitter

Advertisements