Posts Tagged 'internet'

Masa Aktif

Dulu saya sengaja membeli ponsel Android supaya bisa memakai Whatsapp (WA) dan Blackbery Messenger (BBM). Sejak memiliki ponsel pintar itu, praktis komunikasi saya lebih sering berlangsung lewat dua aplikasi tersebut, baik dengan relasi maupun dengan para sahabat karib.

Berhubung tarif internet pada operator seluler saya tergolong mahal, maka saya memutuskan untuk membeli nomor baru untuk mengisi ponsel Android itu. Kebetulan ada operator lain yang menyediakan tarif internet murah dengan masa aktif yang panjang. Untuk masalah ini, saya memang kurang setia.

Sejak memakai ponsel Android dengan nomor baru itu, saya jadi jarang menggunakan nomor utama saya. Nomor tersebut hanya saya pakai untuk menelepon dan membalas sms, itu pun hanya sesekali. Dan karena jarang dipakai, maka pulsa di nomor utama itu sering kali utuh. Sampai di sini, program penghematan saya terbilang sukses. Continue reading ‘Masa Aktif’

Keterbatasan

Dulu setelah melewati masa-masa ujian skripsi, saya masih sering main ke perpustakaan fakultas untuk mengisi waktu luang. Di perpustakaan, saya membaca skripsi-skripsi karya kakak angkatan yang katakanlah sudah menjadi “tokoh nasional”. Misalnya Mayong Suryo Laksono, Darmaningtyas, Puthut E.A., Eka Kurniawan, dan beberapa dosen yang tulisannya sering muncul di media massa.

Luar biasa, skripsi mereka bagus-bagus sekali. Padahal, kondisi mereka dulu sangat terbatas. Saat itu komputer belum digunakan secara luas. Kalau mau cari referensi, maka harus membaca buku-buku tebal dalam bahasa asing, sebab dulu belum banyak buku yang diterjemahkan ke dalam bahasa Indonesia. Mau cari bahan di internet? Kesempatan untuk itu belum ada.

Untuk membuat skripsi, mereka harus menulisnya dulu di lembaran kertas, baru kemudian dibawa ke rental komputer untuk diketik. Bahkan banyak juga skripsi yang hanya diketik pakai mesin tik. Continue reading ‘Keterbatasan’

Balada Provider

Saat mulai menulis postingan ini, saya berniat untuk membahas debat capres-cawapres yang berlangsung kemarin. Tapi, saya menduga, Twitter dan Facebook teman-teman pasti sudah dipenuhi oleh komentar tentang debat itu. Jadi, saya rasa saya tidak perlu menambahinya lagi.

Omong-omong, akhir-akhir ini saya dibuat kesal oleh provider internet yang saya pakai. Koneksinya lambat sekali. Saya jadi tidak bisa ngeblog dengan nyaman.

Waktu saya terbuang sia-sia hanya untuk menunggu proses loading yang begitu lama. Hal ini membuat suasana hati saya memburuk sehingga kemudian jadi malas melakukan hal lainnya.

Padahal, dulu saya suka sekali dengan provider yang saya gunakan ini, sebut saja Tri (nama sebenarnya). Bisa dibilang, Tri ini “gue banget”. Continue reading ‘Balada Provider’

Warnet

Beberapa tahun lalu, warung internet atau warnet di kota saya seperti tukang parkir liar: ada di mana-mana. Meskipun jumlahnya banyak, tapi hampir tidak ada warnet yang sepi. Masing-masing punya pelanggan sendiri.

Saya masih ingat betul, dulu kalau siang lumayan sulit mencari warnet yang kosong. Kadang saya harus mengantre dulu selama belasan menit. Hal ini tentu membuat saya kesal, sebab saya sering tidak sabar untuk segera mengisi testimoni di wall Friendster teman-teman saya.

Berbisnis warnet ketika itu tampak menggiurkan. Saya pernah membaca proposal bisnis warnet yang dibuat seorang teman untuk diajukan kepada investor. Di situ diuraikan tentang betapa besarnya peluang bisnis warnet. Continue reading ‘Warnet’

Kabar Baik

Di tengah rasa jengkel karena koneksi internet di kos yang sering bermasalah, saya mendapat kabar baik yang benar-benar membuat saya melonjak gembira.

Sebelumnya saya akan menceritakan dulu perihal koneksi internet di kos.

Dulu, kecepatan internet dari provider yang saya gunakan pada modem saya lumayan cepat dan cukup bisa diandalkan. Saat itu saya bisa ngeblog dengan nyaman. Sangat menyenangkan! Continue reading ‘Kabar Baik’

Portal Berita

Dahulu mungkin kita mengandalkan koran dan televisi untuk mencari dan menikmati informasi. Sekarang, pilihannya semakin beragam, salah satunya adalah portal berita di internet.

Cukup dengan smartphone murah dan koneksi internet yang disediakan provider, kita bisa mengakses portal berita online dengan mudah. Di sana, informasi terus mengalir seperti tanpa henti. Setiap hari, setiap jam, setiap menit, dan bahkan setiap detik. Continue reading ‘Portal Berita’

Koneksi Internet

Sudah seminggu ini saya dibuat kesal oleh koneksi internet yang begitu lambat. Nggak hanya di tempat kerja, tapi juga di kamar kos.

Kenapa saya begitu kesal? Karena kebetulan minggu ini saya sangat membutuhkan koneksi internet yang lancar. Ada banyak file dari relasi kerja yang perlu saya unduh. Sudah beberapa kali saya coba unduh, tapi gagal terus. Hal ini berlangsung selama beberapa hari. Continue reading ‘Koneksi Internet’

Awal Mengenal Internet

Saya mulai kenal internet sejak awal kuliah, yaitu pertengahan 2005. Saat itu saya juga masih belum terlalu paham komputer. Paling pol ya cuma MS Word aja, soale dulu pas SMA sering dapat tugas laporan yang harus diketik dengan komputer. Teman-teman saya kebanyakan pada menyerahkan tugas ketikan itu ke rental-rental komputer. Tapi, saya nggak mau mengeluarkan uang untuk membayar jasa rental. Kebetulan saya memang agak pelit, hahaha…. Akhirnya tugas ketikan itu pun saya selesaikan sendiri, numpang di rumah sepupu saya yang punya komputer. Biasanya tugas-tugas itu saya kerjakan sampai larut malam, jadi mau nggak mau harus nginep. Terima kasih buat sepupu saya beserta keluarganya yang dulu sering saya repotin itu, hehe…. 🙂

Tapi, mental pelit itu ternyata menolong saya. Saat lulus SMA, sebagian besar teman saya nggak bisa mengoperasikan komputer. Maklum, sekolah ndeso banget. Pendidikan teknologi dan fasilitas komputer kurang. Tapi saya lumayan bisa, hasil dari mengetik sendiri itu. Bahkan -maaf, bukannya sombong- ada salah satu teman yang kagum dengan kemampuan saya mengoperasikan komputer.

Lulus SMA, saya masuk ke universitas negeri yang lumayan terkenal. Dari seluruh siswa seangkatan saya di SMA, hanya ada 2 siswa yang masuk ke universitas itu, yaitu saya dan Dian, teman sekelas saya yang pinter banget. Continue reading ‘Awal Mengenal Internet’

Kecanduan Internet!

Hanya dengan nongkrong di dalem rumah, Internet mampu membawa kita mengarungi lautan informasi dan berita dari berbagai belahan dunia.

Makanya ga heran kalo internet juga disebut sebagai jendela dunia. Dunia yang luar biasa besar itu dimampatkan sedemikian rupa hingga menjadi hanya sekecil layar komputer. Ruang2 virtual yang ada didalamnya benar2 memanjakan kita sebagai manusia. Sosialisasi juga menjadi lebih mudah dan murah, tanpa dibatasi oleh jeratan ruang dan waktu. Dengan daya pesonanya, internet mampu memikat dan mengikat hati para penggunanya, dan salah satunya adalah aku.

Aku baru sadar kalo ternyata akhir2 ini aku sering banget online, bisa dibilang setiap hari. Paling nggak sekali ngenet minimal bisa menghabiskan waktu minimal dua jam lah. Kalo pas lagi jaga warnet malah nyampe 6 jam. Yg aku kerjain kalo pas online si biasanya buka blog, browsing2, dan maenan facebook. Kadang2 juga buka YM, tapi jarang banget. Continue reading ‘Kecanduan Internet!’


Enter your email address to follow this blog and receive notifications of new posts by email.

Join 1,797 other followers

Selamat Datang!

Kategori

Twitter