Posts Tagged 'hujan'

[Cerpen] Pawang Hujan

Aku mencangkung di teras rumah sambil memandang bangunan besar itu dengan takjub. Semakin lama bangunan itu semakin besar saja. Ia mulai terlihat angkuh. Puluhan atau bahkan mungkin ratusan pekerja menyemutinya. Kau tahu, bangunan itu berhiaskan peluh dari para pekerja. Dan mungkin juga darah dan nyawa.

Angin menerbangkan debu-debu dari gedung raksasa itu ke segala arah. Lingkungan penduduk jadi penuh debu, termasuk rumahku. Dalam sehari, Ibu harus menyapu rumah puluhan kali. Pintu dan jendela juga harus selalu ditutup supaya debu-debu kasar tidak masuk ke rumah.

Aku mulai sadar, sudah beberapa bulan terakhir ini hujan tidak turun. Kemarau terasa lebih panjang dari biasanya. Continue reading ‘[Cerpen] Pawang Hujan’

Advertisements

Hujan

Saya rasakan musim panas terakhir kemarin ini lebih lama dari biasanya. Entah memang demikian adanya atau hanya perasaan saya saja. Tapi yang jelas, selama itu hujan hampir tidak pernah turun, dan cuara terasa begitu panas.

Karena udara begitu gerah, beberapa minggu terakhir ini saya pun sering tidur tanpa pakaian. Ya, maksudnya cuma pakai sempak doang. Jangan tanya rasanya bagaimana. Pokoknya enak gila.

Jadi kini kau sudah tahu. Ketika Rangga dan Cinta sedang khusyuk memandang bulan yang sama, saya sedang asyik tidur tanpa celana. Continue reading ‘Hujan’

Licin

Baru beberapa hari yang lalu saya buat postingan tentang hati-hati, eh sabtu malam kemarin (26/10) malah mengalami kecelakaan.

Malam itu saya sedang berada dalam perjalanan pulang naik sepeda motor. Saya sengaja melaju dengan kecepatan sedang, sebab ingin menikmati suasana kota pada malam hari.

Setelah sebelumnya langit terasa mendung, akhirnya hujan turun juga. Jalanan mulai basah, dan tercium bau petrichor yang begitu segar. Continue reading ‘Licin’

Cuaca

Wooh…. Dua minggu terakhir ini Jogja sering hujan. Bahkan kadang bisa seharian. Tapi ada yang aneh. Ketika pagi sampai siang, sinar matahari bersinar terik. Eh tiba-tiba sorenya hujan deras banget. Setelah panas banget, mendadak dingin karena guyuran hujan. Kalau nggak tekun menjaga kesehatan, badan bisa jadi sakit. Kayak saya sekarang ini, ni. Hidung gatel, sepertinya mau flu. Beberapa hari ini saya memang hujan-hujanan terus.

Misalnya hari ini. Tadi pagi, cuaca tampak cerah. Siangnya panas banget. Apalagi pas lewat jalan raya. Wah, ramai banget karena dilintasi oleh mobil dan sepeda motor para pemudik. Udara jadi terasa tambah panas. Tubuh saya pun serasa terpanggang. Padahal naik sepeda motor. Nggak kebayang deh gimana rasanya kalau naik sepeda seperti beberapa orang yang saya liat di jalan tadi.

Baru sampai di tengah perjalanan menuju rumah, mendadak turun hujan. Lumayan deras. Langsung deh saya berhenti untuk memakai jas hujan. Ya, daripada berteduh, saya lebih memilih menerobos hujan. Supaya nggak buang waktu. Toh saya bawa jas hujan, walaupun kondisinya sudah nggak bagus, hehe…. Continue reading ‘Cuaca’


Enter your email address to follow this blog and receive notifications of new posts by email.

Join 1,812 other followers

Selamat Datang!

Kategori

Twitter

Advertisements