Archive for the 'Informasi Teknologi' Category

Download Mozilla Firefox 4

Wow, saya baru tahu, ternyata pada 21 Maret 2011 yang lalu, Mozilla telah merilis browser terbaru karya mereka, yakni Mozilla Firefox 4. Sebagai penggemar browser keluaran Mozilla, saya sangat senang setelah mendengar kabar itu.

Ya, Mozilla Firefox memang selalu menjadi pilihan saya bila hendak berselancar di dunia maya. Bukan karena browser itu paling canggih, melainkan karena pas kenal internet pada tahun 2005 lalu, saya tahunya kalau mau main internet itu ya pake Firefox. Akhirnya keterusan sampai sekarang, deh.

Oh iya, saya punya pengalaman lucu. Dulu pas belum terlalu lancar mengakses internet, saya pernah datang ke warnet yang nggak ada aplikasi Mozilla Firefox, hanya ada Internet Explorer. Berhubung nggak menemukan gambar rubah berapi di desktop komputer, saya bingung setengah mati. Mau buka Yahoo! atau Google nggak tau caranya. Continue reading ‘Download Mozilla Firefox 4’

Advertisements

Artav Antivirus, Andal Mencekal Virus Lokal

Pas lagi berselancar di dunia maya, nggak sengaja dapat berita tentang kakak beradik yang membuat antivirus. Sebenarnya sih itu warta yang udah lumayan lama. Berhubung jarang nonton televisi dan mengikuti situs berita online, jadi saya baru tahu warta itu sekarang, hehe….

Nah, dua bersaudara yang saya maksud itu adalah Taufik Aditya Utama (kakak) dan Arrival Dwi Sentosa (adik). Berawal dari rasa kesal terhadap virus-virus yang menyerang komputer sang ayah, mereka berdua pun bekerja sama untuk menciptakan antivirus yang kemudian diberi nama Artav Antivirus.

Nama β€˜Artav’ merupakan rekayasa (gabungan) dari nama mereka berdua sebagai penciptanya, yakni Arrival dan Taufik. Arrival khusus mengerjakan coding dan programming, sedangkan Taufik menggarap interface dan desain tampilan program. Keduanya menyatukan keahlian hingga kemudian berhasil menghasilkan antivirus yang cukup ampuh. Continue reading ‘Artav Antivirus, Andal Mencekal Virus Lokal’

Seabreacher X, Kendaraan Air Berbentuk Ikan Hiu

Setelah mengulas kendaraan perang yang bisa terbang, kini saya ingin menginformasikan ke teman-teman tentang kendaraan selam yang cukup unik.

Selama ini mungkin kita pernah melihat orang yang menunggangi lumba-lumba. Biasanya di acara sirkus atau pertunjukan permainan air. Ya, menunggangi lumba-lumba bisa dibilang hal yang biasa karena hewan air itu pintar dan sangat bersahabat dengan manusia. Lain halnya kalau yang ditunggangi itu adalah ikan hiu, hewan air yang besar, agresif, dan ganas. Wah, mungkin cuma Deni si manusia ikan yang bisa melakukannya. Hayo, ada yang masih ingat sama komik serial Deni nggak…. Dulu kalau nggak salah komik itu rutin dimuat di majalah, tapi saya lupa majalah apa. Sudah lama banget sih, hehe….

Menunggangi ikan hiu tampaknya memang mustahil. Tapi, menaiki kendaraan air yang berbentuk hiu, itu bisa banget. Lho, memangnya ada kendaraan semacam itu? Ada! Dan saya juga baru aja tahu, hehe…. πŸ™‚ Continue reading ‘Seabreacher X, Kendaraan Air Berbentuk Ikan Hiu’

Tank Terbang :D

Konsep mobil terbang mungkin sudah biasa kita dengar. Tujuannya beragam, salah satunya diharapkan bisa mengatasi masalah kemacetan. Saking seringnya muncul sebagai berita di berbagai media, kita pun sudah tidak antusias lagi dengan konsep tersebut. Tapi, bagaimana dengan tank terbang? Wah, ini baru unik. Mungkin lebih menarik daripada mobil cooling station atau sepeda motor pemadam kebakaran πŸ™‚

Tank terbang bukan cuma sebuah konsep belaka, melainkan benar-benar ada! Tapi, maksudnya bukan tank yang benar-benar terbang. Itu hanya istilah atau sebutan saja untuk helikopter perang milik Rusia yang kemampuannya sangat hebat menyerupai tank.

Namanya β€œThe Night Hunter” Mi-28N. Kendaraan tempur itu dilengkapi dengan sistem pelindung khusus untuk melindungi pilot dari serangan luar. Selain berfungsi maksimal bila digunakan di siang hari, tank terbang ini juga mantap beroperasi di malam hari. Pilot dibekali dengan semacam kacamata night vision yang memungkinkannya mencari dan melihat musuh dalam suasana gelap di malam hari hingga jarak 35 km. Hebat! Continue reading ‘Tank Terbang :D’

Cara Memasang Widget Alexa di WordPress

Kalau teman-teman lihat sidebar blog ini sebelah kanan paling bawah, di situ ada informasi ranking blog saya ini menurut alexa. Saya sendiri kurang begitu ngerti ranking itu diambil berdasarkan apa. Mungkin berdasarkan jumlah traffic pengunjung kali, ya. Yang jelas, ranking alexa ini populer sekali. Biasanya seorang blogger akan sangat bangga bila bisa punya ranking yang baik versi alexa.

Semakin kecil nilai ranking, semakin baik kualitas sebuah blog di mata alexa. Jadi, sama seperti pada sistem peringkat kelas saat kita masih di SD dulu.

Ranking alexa blog Ditter ini bisa dilihat di situ. Angkanya besar sekali, hahaha…. Itu menandakan kalau blog ini belum terkenal. Tapi nggak apa-apa, mungkin masih proses, hehe…. Tapi, sebenarnya bukan itu yang ingin saya bicarakan, melainkan berbagi pengalaman bagaimana cara memasang widget alexa di wordpress (WP). Continue reading ‘Cara Memasang Widget Alexa di WordPress’

Motor Pemadam Kebakaran

Di kompleks pemukiman yang padat penduduk, kebakaran menjadi momok yang sangat menakutkan. Nyala api bisa sangat cepat menyebar dan membesar. Apalagi kalau mayoritas rumah terbuat dari kayu, atau perabotan yang ada di dalamnya banyak yang mudah terbakar. Wah, kebakaran yang terjadi bisa sangat besar. Kerugian yang dihasilkan pun bisa tidak terhitung nilainya. Karena itulah peran pasukan pemadam kebakaran sangat vital demi meminimalisir jatuhnya korban jiwa dan kerugian harta benda.

Seperti yang kita tahu, ukuran mobil pemadam kebakaran bongsor banget, karena berisi ratusan liter air yang akan digunakan untuk memadamkan api. Jadi kalau ada kebakaran di daerah yang sangat padat dan jalan masuknya sempit, tentu pasukan pemadam akan terhambat dan tidak bisa menjalankan tugasnya dengan lancar. Padahal, kasus kebakaran seringnya malah terjadi di daerah-daerah yang sempit dan padat. Belum lagi kalau ada banyak warga yang menonton dan berkerumun di sekitar lokasi kebakaran. Wah, semakin sulitlah menempatkan mobil pemadam kebakaran di lokasi yang paling dekat dengan titik api.

Kesulitan itu mungkin tidak terlalu bermasalah jika selang pemadam sangat panjang seperti belalai milik Bona, si gajah kecil berbelalai panjang. Tapi, hal ini tidak terlalu efektif karena bagaimanapun mobil pemadam tidak bisa jauh-jauh dari lokasi kebakaran demi kelancaran komunikasi antara petugas yang beroperasi di mobil (mengendalikan suplai air) dengan petugas yang terjun langsung ke area sasaran pemadaman api. Continue reading ‘Motor Pemadam Kebakaran’

Vespa Tua Bertabur Kristal

Saat kelas dua SMA dulu, selama beberapa bulan saya berangkat ke sekolah naek sepeda motor. Bukan motor yang mewah, cuma Vespa butut buatan tahun β€˜70-an. Kebetulan saat itu keluarga kami memang cuma punya itu. Karena di pagi sampai siang hari jarang digunakan, akhirnya Vespa itu saya pakai aja buat ke sekolah. Kalau naek angkutan umum agak repot, harus berjalan lumayan jauh, karena letak sekolahan saya pelosok banget, ada di tengah sawah. Naek sepeda motor lebih nyaman, dan juga jadi bisa bebas maen sepulang sekolah sampai malam tanpa harus khawatir kehabisan angkot πŸ™‚

Namanya juga motor tua, jadi Vespa saya kerap bermasalah. Seringkali setelah bel pulang, ketika teman-teman sudah pada pergi dengan sepeda motornya masing-masing, saya masih aja ngos-ngosan ngeslah mesin Vespa yang susah banget nyalanya. Parkiran sudah sepi, tinggal saya sendiri yang lagi repot bongkar busi dan miring-miringin Vespa agar lekas hidup. Setelah ngeslah berpuluh-puluh kali, akhirnya mesin mau menyala juga. Continue reading ‘Vespa Tua Bertabur Kristal’


Enter your email address to follow this blog and receive notifications of new posts by email.

Join 1,812 other followers

Selamat Datang!

Kategori

Twitter

Advertisements