Tentang Menulis

Kita tahu, menulis merupakan kegiatan menuangkan pikiran, gagasan, atau imajinasi ke dalam tulisan. Jadi ketika kita kesulitan menulis, sering dikatakan bahwa itu berarti kita belum cakap dalam mengungkapkan pikiran kita. Tidak heran bila pada promo kelas-kelas menulis, selalu ditonjolkan tentang bagaimana menuangkan isi pikiran dengan lancar.

Tapi, semakin ke sini, saya semakin yakin bahwa masalahnya lebih dari itu.

Saat kita kesulitan menulis, maka kita perlu menjawab terlebih dahulu pertanyaan ini dengan jujur: apakah sebenarnya kita sudah punya pikiran atau gagasan yang siap untuk kita ungkapkan?

Jangan-jangan, masalah sebenarnya bukan karena kita tidak mampu menuangkan isi pikiran kita, melainkan karena kita belum punya gagasan, imajinasi, atau pikiran apa-apa.

Kalau ini masalahnya, maka mengikuti kelas menulis sebanyak atau semahal apa pun, tetap tidak akan membuat kita beranjak ke mana-mana.

Saya senang sekali membaca tulisan Zen RS, Puthut EA, Eka Kurniawan, Dewi Lestari, dan penulis kawakan lainnya. Itu karena tulisan mereka begitu enak dan renyah. Tapi kemudian saya sadar satu hal, ternyata bukan hanya karena pemilihan kata saja yang membuat tulisan mereka begitu enak, melainkan juga karena alur atau cara berpikir mereka yang legit dan menakjubkan.

Tulisan bukanlah sekadar kumpulan kata-kata belaka, melainkan ungkapan pikiran dan imajinasi si penulisnya. Oleh karena itu, untuk menghasilkan tulisan yang bermutu, seorang penulis tidak boleh berhenti pada aktivitas belajar menulis saja, tetapi harus lebih dari itu, yakni belajar berpikir dan berimajinasi juga.

Jangan pernah lelah untuk melatih daya pikir dan imajinasi, karena itu semua adalah mata air tulisan kita.

Advertisements

2 Responses to “Tentang Menulis”


  1. 1 Ranger Kimi April 26, 2018 at 5:15 am

    Dan itulah kenapa aku tidak menjadi penulis. Karena aku tidak punya imajinasi.

  2. 2 deadyrizky824 May 28, 2018 at 8:37 am

    mungkin banyak orang yang gak tau aja kalo menulis itu bisa menyalurkan kepenatan jiwa. kalo mereka tahu, tentu semua orang mau menulis…


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

w

Connecting to %s




Enter your email address to follow this blog and receive notifications of new posts by email.

Join 1,979 other followers

Selamat Datang!

Kategori

Twitter

Arsip

Advertisements

%d bloggers like this: