Kak

Salah satu pembaca buku saya (perempuan) bertanya melalui e-mail, “Kak, gimana sih caranya supaya bisa rajin ngeblog? Supaya blog kita keisi terus?”

Jujur, pertanyaan itu membuat saya malu dan tersipu-sipu.

Pertama, karena saya dipanggil “Kak”.

Entah kenapa, sebutan itu sangat berkesan di benak saya. Mungkin bagi kalian biasa-biasa saja, tapi bagi saya tidak. Saat dipanggil “Kak”, rasanya saya jadi begitu hebat (kecuali kalau yang manggil Mas CumiLebay).

Dada terbusung, dan kepala mendongak. Seperti ada kebanggaan tersendiri. Seolah-olah rasa percaya diri saya jadi bertambah.

Dan saya merasa keren.

Apakah karena saya adalah anak bungsu, ya?

Makanya dulu saya begitu bahagia saat menjadi panitia ospek di kampus sebagai kakak pembimbing. Saat itu, adik-adik manis nan manja seperti sedang berkonspirasi untuk membuat hati saya berbunga-bunga, dengan ramai-ramai memanggil saya “Kak”.

Dan kau tahu, panggilan itu membuat saya meleleh (kecuali kalau yang manggil Mas CumiLebay).

Oke, lanjut ke alasan yang kedua.

Pertanyaan di atas seolah-olah menyindir saya. Teman-teman tahu sendiri, kapan terakhir saya memposting tulisan baru. Well, itu sudah beberapa minggu yang lalu. Kesimpulannya, blog ini agak terlantar. Kesimpulannya lagi, saya bukan orang yang rajin ngeblog.

Jadi rasa-rasanya pertanyaan itu kurang tepat kalau diajukan ke saya.

Tapi begini. Ehm…

Sebagai orang yang merasa senior, tampaknya saya masih bisa memberi masukan. Maka kemudian saya pun memberikan jawaban sebisa saya.

“Tuliskan saja apa yang ingin kamu ceritakan, Dek. Jangan mempersulit diri sendiri dengan ambisi untuk membuat tulisan yang kayak begini, kayak begitu, dan seterusnya. Menulislah dengan jujur, dari hati. Lambat-laun kualitas tulisan akan mengikuti.”

Well, saya kaget sendiri membaca jawaban saya itu. Terdengar begitu bijak. Saya pun jadi terharu. Dan pada saat itulah saya merasa pantas untuk dipanggil “Kak”.

54 Responses to “Kak”


  1. 1 mawi wijna June 20, 2015 at 12:15 pm

    Kak aku kangen tulisanmu Kak… (habis itu muntah.. :D)

  2. 3 Andri June 20, 2015 at 12:41 pm

    Hahahahahaha.. Nasib anak bungsu..😀

  3. 5 putricisompet June 20, 2015 at 12:45 pm

    hehe.. selamat ya kak !!!

  4. 7 Febriyan Lukito June 20, 2015 at 1:05 pm

    Kak, kapan saya ditransfer uang oleh kakak? Kapan?

    Mas Toro langsung nyapnyap sambil ngunyah nih bisa2 bacanya. Hehehe.

  5. 11 Gusti 'ajo' Ramli June 20, 2015 at 2:37 pm

    Sejak merantau ke pekanbaru, saya baru sadar ternyata panggil umum disana adalah kak, biasanya panggilan tersebut disematkan utk perempuan yg lebih besar atau yg baru kenal…

  6. 13 Hafidh Frian June 20, 2015 at 4:36 pm

    hoyooo Kak, ada apa dengan mas Cumi? hahah

  7. 15 Sucipto Kuncoro June 20, 2015 at 5:05 pm

    Kami selalu menunggu update terbaru blognya, kak!

  8. 17 Bibi Titi Teliti June 20, 2015 at 9:53 pm

    eyampun kakak…
    Bener-bener sungguh bijak jawabanmu ituh…
    pasti jawabannya dimaksudkan untuk nge-modusin si adek itu yah hehehe…

  9. 19 ibrahim June 21, 2015 at 12:32 am

    wah, dah dipanggil Kak ni ya mas😀

  10. 24 azizi rubangi June 22, 2015 at 12:56 pm

    Kaka yang bijak, menulislah dengan jujur dr hati lambat laun kualitas tulisan akan mengikuti.

  11. 26 alrisblog June 22, 2015 at 2:15 pm

    ada apa dengan cumilebay kak? hehe..

  12. 28 nuel June 23, 2015 at 9:12 pm

    Aku penasaran ada apa dengan mas CumiLebay. Hahaha. Ada apa ini? Bukan soal cinta kan, kok agak merinding membayangkannya? :p

  13. 30 eda June 24, 2015 at 10:07 am

    jadi kaaaaakk…. kaaaaak…. hahaha

  14. 32 kekekenanga June 24, 2015 at 4:12 pm

    ciee Kakakk… kakak minta TTD nya dong Kakakk…
    Ini Bang Cumi nya belum baca hahaha,, kl baca pasti abis deh dia ngakak😀

  15. 34 Aul Howler June 25, 2015 at 4:50 pm

    Wah inspiring banget kak🙂

  16. 36 Breldine June 26, 2015 at 10:48 am

    manggil pake kak juga deh..
    kak kak kak kak apa kaba?😀

  17. 38 winnymarch June 28, 2015 at 11:22 pm

    kak aku juga diajarin dong nulis😀 hehhe

  18. 41 annosmile June 30, 2015 at 6:25 pm

    kakakkk..ada apa dengan cumilebay? *balik tanya*

  19. 43 Firman July 1, 2015 at 6:59 am

    coba dicek lagi nama emailnya, jangan2 emang cumilebay, pengen ngingetin supaya rajin ngeblog..

  20. 45 Beby July 4, 2015 at 10:29 am

    Aku kalok manggil Kak ke orang yang berjenis kelamin laki-laki, rasanya gelik gitu, Bang.. Wkwkwk..😛

    Manggil kamu Qaqa aja po?😀

  21. 47 jannu July 17, 2015 at 7:25 pm

    wah, nasihatnya kenapa tidak ditambahi:
    jgn hanya karena ingin update blog tiap hari, terus nyolong tulisan orang lain (copas). hati2.

  22. 49 badun July 22, 2015 at 10:45 am

    ajib juga nasihatnya, kalo sudah bijak bisa dipanggil kakak🙂

  23. 51 cumilebay.com July 22, 2015 at 9:40 pm

    KAK … aku lelah menunggu mu #laludikeplak

  24. 53 Muh.Ahsan July 27, 2015 at 3:05 pm

    Kak, apa kabar? *hoek*
    Masih keep contact sama teman-teman marching band gak?
    *mendadak inget*


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s




Enter your email address to follow this blog and receive notifications of new posts by email.

Join 1,988 other followers

Selamat Datang!

Kategori

Twitter

Arsip


%d bloggers like this: