Helm

Sepeda motor yang saya kendarai melaju dengan stabil. Saya memang sengaja menjaga kecepatan, tidak terlalu pelan, juga tidak terlalu kencang. Begitulah cara saya menikmati perjalanan.

Lagi pula saya memang tidak mau terburu-buru. Kita tahu, terburu-buru membuat kita jadi mudah melakukan kebodohan-kebodohan.

Jalanan yang saya lewati cukup ramai. Ada mobil barang, bus, truk berukuran sedang, dan ada pula truk gandeng. Maklum, itu adalah jalan lintas provinsi.

Tiba-tiba, sebuah sepeda motor sport menyalip saya, dinaiki oleh sepasang muda-mudi. Si perempuan berada di belakang, memegang erat pinggang lelaki di depannya dengan mesra.

Perempuan itu tidak memakai helm.

Apa yang ada di dalam pikirannya, ya? Apakah ia merasa perjalanannya pasti aman hingga merasa tidak perlu memakai helm?

Selama ini kita mengenal dua tipe orang. Pertama, mereka yang mudah khawatir sehingga apa-apa selalu dikaitkan dengan bencana. Yang kedua justru sebaliknya, kekhawatiran itu hampir tidak pernah terpikir dalam benaknya. Mungkin mereka terbiasa aman, jadi akhirnya selalu merasa aman-aman saja.

Si perempuan tampaknya termasuk tipe yang kedua.

Tapi begini.

Taruhlah si perempuan memang merasa aman-aman saja. Tapi, hal itu tidak lantas menghilangkan risiko bahwa ia bisa saja celaka.

Dalam perjalanan yang ramai, bisa saja tiba-tiba ia menabrak lubang, terserempet kendaraan lain, ban sepeda motornya pecah, atau apa pun yang bisa membuat ia terpelanting.

Jika hal itu terjadi, sementara ia tidak memakai helm, maka otaknya bisa cedera.

Seharusnya ia tahu bahwa kemampuan otak dalam memulihkan diri sangatlah rendah. Bahkan konon kemampuan itu mendekati nol.

Jadi kalau otak cedera, kemungkinan besar tidak akan bisa pulih lagi, selamanya. Ini beda halnya dengan tangan atau kaki kita.

Padahal, otak merupakan pusat sistem saraf. Organ inilah yang mengatur sebagian besar gerak, perilaku, dan beberapa fungsi tubuh lainnya.

Bukankah itu mengerikan?

Well, helm kelihatannya cuma barang sepele, tapi rupanya dampaknya tidak remeh. Memakainya atau tidak, pengaruhnya sangatlah besar.

60 Responses to “Helm”


  1. 1 nyonyasepatu March 23, 2015 at 1:28 pm

    yang udah pakai helm aja pas kecelakaan kepalanya bisa kenapa2 apalagi yang enggak pake samasekali.

  2. 3 -n- March 23, 2015 at 2:09 pm

    Walah. Kok berani ya gak pake helm?? Preventif itu perlu lho. Menurutku itu bagian dari ikhtiar kita untuk menolak bencana.

  3. 5 Aan March 23, 2015 at 2:26 pm

    bisa jadi otaknya aman…

    ..karena di dengkul😆

  4. 7 Sucipto Kuncoro March 23, 2015 at 2:55 pm

    mungkin biar rambut indahnya gak rusak, sama deket… tapi padahal risikonya bisa fatal😦

  5. 9 kekekenanga March 23, 2015 at 4:33 pm

    kalo aku pasti selalu pake helm, walaupun cuma kedepan komplek.
    Selain untuk keselamatan, yg paling penting biar nggak di siulin ABG2 hahaha #kePDanamatdeh

  6. 12 Mawardi March 23, 2015 at 6:30 pm

    ya fungsi helm kadang di anggap spele,

  7. 14 dani March 23, 2015 at 7:17 pm

    Ignorance really is a bliss dan kok ya masih banyak orang ignorant begitu ya. Dia either gakntahu atau gak mau tahu soal keselamatan otaknya ya Mas.

  8. 16 Ai Wida March 24, 2015 at 8:59 am

    Alhamdulillah aku kalau naik motor kemana pun jaraknya mau dekat atau jauh sekalipun selalu pakai helm demi menjaga keselamatan, hehe

  9. 18 Beby March 24, 2015 at 11:47 am

    Cowoknya berarti ngga sayang dooongs sama ceweknya. Febri aja maksa aku pakek helm selama aku di Jogja. Hueheheh..😛

  10. 22 Dewi Dedew Rieka (@dewirieka) March 24, 2015 at 11:54 am

    ah..tertohok..aku banget ni pergi kalau dekat2 ngga pakai helm..kapok..

  11. 24 nuel March 24, 2015 at 2:18 pm

    Postingannya kerasa biasa aja kali ini, maaf. Entah kenapa, aku malah tertarik sama yang di pinggir postingan itu lho. Hahaha….. Kya kya kya… ada Nabilaaaaaaaah….

    Hahaha….

    Maafkan, Mas. Nggak tahan lihat Nabilah yang gingsulnya nggak nahan. =D

    Meme-nya lucu. Buatan sendiri yah? :p

    Sori, abaikan saja. Meme Nabilah sungguh mengalihkan perhatian dari postingan Mas. Hahaha..

  12. 26 febridwicahya March 24, 2015 at 3:19 pm

    Banyak yang memandang sepele fungsi helm sih :’ padahal, yang pake helm aja kadang was-was, apalagi yang enggak

  13. 28 juragan duit March 24, 2015 at 6:46 pm

    heh asik lagi pakai helm.. selain aman juga bisa tampak lebih cakep.. hehehe

  14. 30 oka March 24, 2015 at 7:16 pm

    dikampung banyak korban meninggal karena kecelakaan rata2 gak pake helm

  15. 32 Rachmat Amienullah March 25, 2015 at 7:29 am

    makanya ane walaupun jarak dekat 1 km mending pakai helm…daripada kepala jadi korban

  16. 34 hanif March 25, 2015 at 9:43 am

    iya, setidaknya walau dekat pun, tetap pakai ya, bencana kan tidak ada yang tau kapan datangnya.

  17. 36 Bibi Titi Teliti March 25, 2015 at 5:11 pm

    Mungkin dipikir kepalanya kuatan kalo kena aspal kaliii…

    safety first..aku termasuk pengendara motor, dan kemana2 selalu lengkap helm SNI, sarung tangan & kaos kaki biar gak item, pake masker juga biar wajah tetap cantik…bhuahaha…

  18. 38 Taqorrub March 26, 2015 at 8:21 pm

    betul banget itu gan, ane kemana mana juga sering pakai helm, soalnya kalau naik motor jatuh nggak pakai helm, bisa fatal akibat nya di bagian kepala. Maka dari itu ane beli helm yang bagus sekalian dan bermerk mahal😀

  19. 40 mawi wijna March 28, 2015 at 9:35 am

    Ada yg pernah bilang ke saya,
    “makan atau nggak makan, manusia juga pasti mati”

    Mungkin si mbaknya itu punya prinsip yang sepaham,
    “pakai helm atau nggak, manusia juga pasti mati”

    Klo menurut saya sih, emang semua manusia pasti mati. Cuma cara matinya aja yang beda-beda. Termasuk salah satunya, cara mati yg paling cepet.

    Seumpama si mbaknya itu kecelakaan parah, klo dia nggak pakai helm mungkin nggak ada beberapa jam nyawanya udah melayang. Klo dia pakai helm mungkin masih sempat masuk ICU.

    Tapi, misalnya pun dia nggak pakai helm, klo kecelakaan, pasti nggak pernah menyinggung perkara dia nggak pakai helm. Yang disinggung selalu mencari kesalahan siapa tersangka yg duluan bikin kecelakaan.

    Indonesia memang aneh…

  20. 42 Taqorrub March 30, 2015 at 3:06 am

    demo mahasiswa sekarang juga banyak yang pake helm gan😀

  21. 44 cumilebay.com March 30, 2015 at 9:09 pm

    Ini bukan curhatan ngiri liat tuch co boncengan ama ce trus pelukan kan ??? #laludikeplak

  22. 48 arip March 31, 2015 at 10:50 pm

    Helm hanya buat formalitas biar ga kena tilang, padahal tujuan diciptakannya helm ya untuk ngelindungi kepala kita yg berharga. Kalau ga mati ya cacat seumur hidup kalau ada luka sedikit aja di otak.

  23. 50 Mentik Sebutirilmu April 1, 2015 at 2:09 am

    Helm itu Penting , By the way blog nya bro udah saya injeksi di blog saya( mari tukeran link)

  24. 52 Pypy April 1, 2015 at 1:31 pm

    Aku juga kadang kalau naik ojek sampe ke jalan raya ga pernah pakai helm..huuuhuhu.. Jadi peringatan nih😦

  25. 54 Aul Howler April 7, 2015 at 3:51 pm

    Sering kejadian tuh, di Padang

    kecelakaan lalu lintas dimana kepala korban nya hancur dengan otak berserakan :(((((

    Duh

    P.S.
    Kalo aku sih skrg udah selalu pake helm
    sejak kena tilang -____-

  26. 56 annosmile April 8, 2015 at 9:16 am

    mungkin mereka seperti kucing
    punya banyak nyawa sehingga tidak memikirkannya😐

  27. 58 @cizzos April 11, 2015 at 7:33 am

    Kadang helm udah dibawa, tapi sengaja nggak dipake. Mungkin lebih sayang rambut……ketimbang kepala.

  28. 60 Rizkylendes May 30, 2015 at 7:25 pm

    Siapa tau, sih perempuan tadi helmnya di curi oleh maling helm.🙂


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s




Enter your email address to follow this blog and receive notifications of new posts by email.

Join 1,988 other followers

Selamat Datang!

Kategori

Twitter

Arsip


%d bloggers like this: