[Resensi Buku] Pentingnya Sebuah Checklist

Pentingnya Sebuah ChecklistSaya melihat buku ini di sebuah bazar buku obral di Gramedia. Judulnya begitu menarik di mata saya, sebab selama ini saya merasa sering terbantu oleh sebuah checklist.

Saya memang senang membuat checklist untuk menyusun prioritas kerja, atau menulis hal apa pun yang perlu saya kerjakan dalam satu waktu tertentu. Checklist membantu saya untuk bekerja dengan lebih tenang dan terencana. Berkat checklist, saya bisa menjaga alur kerja sehingga tidak perlu ada hal-hal penting yang terlewatkan.

Meski demikian, hanya sebatas itu saja manfaat checklist yang saya tahu. Sekadar berdasarkan pengalaman pribadi saja. Makanya saya agak takjub ketika mengetahui ada satu buku tersendiri yang membahas manfaat checklist secara khusus.

Buku ini ditulis oleh Atul Gawande, seorang dokter spesialis bedah, anggota staf penulis di The New Yorker, dan pengarang dua judul buku yang telah menjadi best seller menurut The New York Times, yakni Better dan Complications.

Buku ini berangkat dari titik pijak bahwa saat ini bidang-bidang yang dihadapi manusia semakin kompleks, misalnya kedokteran, penerbangan, atau arsitektur. Padahal, para profesional dituntut untuk selalu teliti dan berhasil.

Tidak ada pemakluman untuk seorang dokter yang melakukan kekeliruan (malapraktik), atau pilot yang melakukan kesalahan fatal dalam sebuah penerbangan.

Karena kompleksitas yang semakin tinggi itu, para profesional berhadapan dengan kesulitan besar, yakni memori dan perhatian manusia yang bisa teralihkan. Kesulitan ini muncul terutama ketika berurusan dengan hal-hal remeh dan rutin yang mudah terlewatkan ketika berhadapan dengan kejadian yang menegangkan.

Untuk dokter bedah misalnya, di tengah kerumitan sebuah operasi bedah, dokter dan tim bisa saja melupakan hal-hal penting dan remeh, namun sebenarnya vital. Checklist akan membantu mereka untuk menghindari hal itu. Dengan demikian, proses pembedahan itu bisa berjalan dengan baik dan lancar.

Kira-kira seperti itulah yang banyak ditunjukkan oleh buku ini, melalui berbagai kisah nyata. Penulisnya ingin menegaskan bahwa checklist sangatlah berguna, dan sering kali kegunaannya itu mampu menyelamatkan banyak nyawa.

Bidang yang dibahas oleh si penulis tidak sebatas pada dunia kedokteran saja, tetapi juga bidang lain di luar keahliannya, seperti penerbangan dan pembangunan infrastruktur. Manfaat yang diberikan checklist dalam bidang-bidang itu kurang lebih sama.

Dalam kehidupan sehari-hari, kita pun mungkin bisa merasakan, bahwa checklist sering membantu kita dalam melakukan persiapan yang matang.

Meski demikian, menurut Gawande, checklist bukanlah panduan langkah demi langkah yang lengkap. Kalau checklist diperlakukan seperti itu, maka bukannya menolong, checklist malah sering kali jadi menghambat.

Lain daripada itu, dalam buku ini, Gawande berhasil mempertahankan argumennya: bahwa checklist merupakan sebuah alat cepat dan sederhana untuk membentengi para profesional dari kemungkinan melakukan kesalahan yang sederhana tapi berdampak besar.

****

Judul: Pentingnya Sebuah Checklist (The Checklist Manifesto)

Penulis: Atul Gawande

Penerjemah: Alex Tri Kantjono Widodo

Tebal: xxvi + 266 halaman

Ukuran: 13,5 x 20 cm

Cetakan: I, 2011

Penerbit: PT. Gramedia Pustaka Utama

ISBN: 978-979-22-6517-0

Pentingnya Sebuah Checklist_2

5 Responses to “[Resensi Buku] Pentingnya Sebuah Checklist”


  1. 1 dani March 18, 2015 at 8:11 am

    Jadi penge nyari bukunya. Thx reviewnya Mas.🙂

  2. 3 cumilebay.com March 21, 2015 at 10:41 am

    Aku juga suka bikin check list kalo mau belanja bulanan, tapi kalo dah sampai mall langsung lupa dan beli-beli sesuatu yg sanggat berguna buat di cuekin alias ngak berguna hahaha

  3. 5 Pypy March 27, 2015 at 3:14 pm

    Kerjaanku tiap hari dikantor ku bikin checklistnya, persiapan nikah ada checklistnya, daftar belanjaan ada checklistnya.. Intinya banyak sekali checklist dalam sehari😀 hihih😀


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s




Enter your email address to follow this blog and receive notifications of new posts by email.

Join 1,986 other followers

Selamat Datang!

Kategori

Twitter

Arsip


%d bloggers like this: