Dua Puluh Tujuh

Beberapa hari yang lalu, saya memasuki usia dua puluh tujuh. Tidak disangka, ternyata saya tua juga, ya.

Konon dua puluh tujuh adalah usia yang rentan. Beberapa musisi atau tokoh muda terkenal mati pada usia ini. Sebutlah Jimi Hendrix, Jim Morrison, Janis Joplin, Brian Jones, Amy Winehouse, dan tentu saja Kurt Cobain.

Beberapa minggu yang lalu, teman baik saya juga berulang tahun yang kedua puluh tujuh. Untuk merefleksikannya, ia membuat tulisan ini. Saya kaget bukan kepalang. Tak saya sangka, rupanya ia bisa membuat tulisan sebagus itu. Sebab, setahu saya ia jarang menulis.

“Saya masih belum punya pencapaian apa-apa,” begitu ia merangkai kata. “Kawan-kawan sepermainan sudah melangkah jauh, sementara saya masih begini-begini saja.”

Lagi-lagi saya tercengang.

Well… setahu saya, ia sudah termasuk sosok yang hebat. Meskipun jomblo, tapi ia pintar, berpengetahuan luas, mudah bergaul, dan bisa diandalkan. Saya tidak menyangka kalau rupanya ia menyimpan perasaan “masih begini-begini saja”.

Saat berulang tahun kemarin, saya pun merasa begitu. Merasa belum menjadi apa-apa, melewatkan banyak waktu dengan sia-sia, sementara teman-teman yang lain sudah mencapai banyak harapan dan cita-cita.

Padahal, bisa jadi orang lain memandang saya berbeda.

Kenapa saya dan refleksi teman saya bisa sama, ya? Atau jangan-jangan setiap orang sebenarnya juga merasa begitu?

Orang Jawa bilang, “Urip wang sinawang.” Maksudnya apa yang kita pandang enak dan menyenangkan, belum tentu demikian bagi orang yang menjalaninya.

“Rumput tetangga lebih hijau,” pepatah lainnya bilang begitu.

Pada akhirnya kita mesti percaya, meskipun sepertinya kita belum mencapai apa-apa, tapi setidaknya ada fase yang sudah kita lewati. Ada proses yang sudah dan sedang kita jalani.

Dengan demikian, pasti ada sesuatu yang sudah bertambah, entah pengalaman atau kualitas kita. Hanya mungkin memang perlu kebijaksanaan lebih untuk melihatnya.

Memasuki usia yang menakjubkan ini, saya berharap saya semakin cerdas, kreatif, dewasa, tenang, dan matang.

Doa dari teman-teman semua sangat saya harapkan🙂

32 Responses to “Dua Puluh Tujuh”


  1. 1 Ryan December 30, 2014 at 3:57 pm

    Selamat ulang tahun ya mas.
    Baru tahu nih.

    Soal masih merasa gak ada apa-apa, setiap orang pasti merasa gitu mas. Setidaknya perasaan itu bisa jadi pemicu agar lebih baik kan?

    Semoga tahun berikutnya ini akan jadi tahun dengan penuh pencapain untuk mas.

  2. 3 Pypy December 30, 2014 at 4:22 pm

    Adittt.. Sama kita 27!!.. Jgn pake mbak yah.. *pentung*

    Happy Birthday yahh Dit😀 Moga ga jomblo lagi yah.. *lhoo*..ahha😀 Sehat, sukses, dan makin banyak pencapaian kedepannya.. amin..

  3. 5 Beby December 30, 2014 at 4:30 pm

    Selamat ulang tahun, Bang Ditteeeer..😀 *lemparin telor*

    Semoga selalu sehat, panjang umur, sehat, rejeki melimpah, bisa cepet punya pacar dan menikah yaaaa.. Aamiiiin..

    Mana kemek-kemeknya?😛

    • 6 Ditter January 5, 2015 at 5:31 pm

      Terima kasih, Beby! *nangkepin telor2nya, buat dijual lagi

      Aamiin… makasih atas doanya, ya…

      Ayo ke Jogja, nanti aku traktir bakmi Mbah Gito sama Aqied juga😀

      • 7 Beby January 6, 2015 at 3:56 am

        Telornya uda pecah. Sama seperti hati ku yang tlah kau buat patah. *apasih*

        Sama-samaaa..😀

        Eh aku ke Jogja akhir Januari sampek pertengahan Februari loooh.. Ketemuan yuks yuks yuks😛

  4. 11 Kimi December 31, 2014 at 8:02 pm

    Selamat ulang tahun, Dit. Semoga kamu selalu berbahagia. Dan, gak usah khawatir. Usia 27 yang kamu takutkan itu hanya mitos. Percaya sama saya. *halah*

  5. 13 Firman January 1, 2015 at 12:25 am

    kebanyakan manusia pasti pernah berpikir seperti itu.. temen2nya udah jadi seseorang, sementara kita masih berbentuk janin. melihat ke atas emang kadang bikin minder.

    happy ultah, semoga kedepannya better.

  6. 15 ysalma January 1, 2015 at 6:35 pm

    Selamat Ulang Tahun Dit, saya di usia segitu merasa masih belia😀 *wajar sampai sekarang masih segitu2 aja, jadi malu sendiri.
    Angka keramat 27 itu untuk mereka yg merasa sepi dan putus asa ditengah keramaian *halah.

  7. 17 adhyasahib January 1, 2015 at 9:18 pm

    happy belated Birthday adit,,agak telat tp gk apa ya🙂,,semoga panjang umur dan sehat selalu,,,
    btw kita hampir seumuran loh, tp lebih mudaan aku setahun *PD krn lebih muda*😀

  8. 19 gunawan January 2, 2015 at 9:42 am

    Hbd y bg….
    Berfikiran positif aja bg….
    Mudh2an hasil nya juga positif….

  9. 21 Aditya Nugroho January 2, 2015 at 5:36 pm

    Selamat Ulang Tahun mas. Dan saya yakin semua akan indah pada saatnya. Saya pun juga begitu mas, di usia saya yang ke 22 masih bergantung dengan orang tua. Dimana ketika melihat teman – teman seperjuangan sudah sibuk dengan pekerjaan masing – masing saya malah masih sibuk mencari pekerjaan.

    Tapi saya ndak pernah nyerah dan mencoba untuk terus berusaha. Sama – sama terus berjuang mas🙂

  10. 23 cumilebay.com January 2, 2015 at 9:26 pm

    Jadi 27 tahun jomblo trus cuman buat kencing doang ?????? #plak
    Btw selamat tahun baru 2015, semoga ngak jomblo lagi yeee hahaha

  11. 26 cputriarty January 5, 2015 at 1:10 am

    Jangan percaya takhayul deh, lepas dari itu saya meski telat mw ngucapin happy milad. Gunakan waktu mudamu untuk membuat karya prestasi yang menginspirasi orang-orang tercinta disekitar, ya🙂

  12. 28 Epi January 5, 2015 at 1:51 pm

    Selamat ulang tahun yaa..🙂

    Salam kenal..

  13. 30 Aul Howler January 5, 2015 at 3:27 pm

    Happy older kak!

    Semoga makin matang, lancar karir, lancar semua urusannya, jauh dari masalah yang rumit-rumit, segera naik pelaminan trus punya lima anak yang lucu-lucu hi hi hi

    Semangat selalu ^^

  14. 32 Ari January 17, 2015 at 8:04 pm

    Bukan masalah usia, tapi bagaimana kita bisa melawati setiap waktu itu dengan hal-hal yang bermanfaat dan positif..🙂


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s




Enter your email address to follow this blog and receive notifications of new posts by email.

Join 1,988 other followers

Selamat Datang!

Kategori

Twitter

Arsip


%d bloggers like this: