[Resensi Buku] Writerpreneurship!

Istilah writerpreneurship pertama kali saya dengar dari Pak Bambang Trim, seorang praktisi penulisan dan perbukuan tanah air. Menurut beliau, writerpreneurship adalah sekumpulan hasrat (passion), ide, dan juga kecakapan melihat peluang dunia tulis menulis.

Setengah berkelakar, beliau menjelaskan bahwa writerpreneur merupakan seorang penulis yang mampu mengubah kertas satu rim seharga Rp30.000 menjadi kertas berisi tulisan seharga Rp30.000.000.

Istilah tersebut kemudian digunakan oleh Dwi Suwiknyo sebagai judul untuk buku yang ditulisnya ini. Saya mendapatkan buku ini secara cuma-cuma dari Mas Dwi yang kebetulan merupakan relasi saya. Sekadar informasi, ia merupakan seorang pemuda yang memilih jalan hidup sebagai penulis penuh waktu.

Buku ini diterbitkan secara mandiri (self publishing) dan dijual secara mandiri pula lewat seminar dan media sosial. Meski demikian, buku ini sudah memiliki ISBN sehingga terdaftar di perpustakaan nasional.

01

Mencermati daftar isi buku ini, saya menilainya runtut dan rapi. Di bab awal ditunjukkan beberapa manfaat dan keuntungan dari kegiatan menulis. Pada bagian ini tampaknya Mas Dwi bermaksud memberi motivasi kepada para penulis ―khususnya pemula. Bagi saya ini adalah langkah yang cerdik, sebab pembaca jadi bersemangat setelah membaca motivasi-motivasi itu, padahal masih bab awal.

Kemudian pembahasan beranjak pada hal-hal yang sedikit lebih teknis terkait penulisan. Dijelaskan tentang cara membuat judul, cara memikat hati pembaca, mencari gaya menulis, menulis opini, belajar menulis biografi, serta anjuran untuk melakukan swasunting.

Setelah teknik dan tips kepenulisan selesai dipaparkan, penulis membawa pembaca pada bahasan tentang penerbitan buku. Barulah pada bagian berikutnya dijelaskan tentang seluk-beluk writerpreneurship.

IMG_20141207_073326

Sekilas daftar isi tersebut mencerminkan bahwa buku ini banyak membicarakan hal-hal teknis. Saya sempat berpikir bahwa buku ini bisa menjadi panduan teknis yang bagus sekali bagi para penulis pemula yang ingin menjalani karier sebagai penulis penuh waktu.

Namun setelah membacanya isinya, rupanya buku ini tidak seteknis yang saya duga. Memang ada beberapa tips terkait teknis kepenulisan, tapi tidak terlalu detail. Selebihnya adalah cerita keseharian penulis dalam menjalani profesi sebagai full time writer, termasuk prosesnya hingga bisa sampai di sana.

Bagi Anda yang menyukai cerita-cerita personal, khususnya tentang dunia kepenulisan, buku ini menarik untuk disimak. Namun jika Anda mengharapkan buku panduan teknis tentang bagaimana menjalani karier sebagai penulis penuh waktu, mungkin buku ini akan sedikit mengecewakan Anda.

Meski begitu, buku ini tetap layak menjadi koleksi karena bisa membantu menjaga semangat dan motivasi bagi siapa saja yang ingin menjadi penulis.

****

Judul: Writerpreneurship!

Penulis: Dwi Suwiknyo

Tebal: xvi + 212 halaman

Ukuran: 14 x 20 cm

Penerbit: Salma Idea

ISBN: 978-602-70501-1-2

7 Responses to “[Resensi Buku] Writerpreneurship!”


  1. 1 darsonogentawangi December 8, 2014 at 8:48 am

    Kelihatannya buku ini menarik ….
    Mungkin bisa mjd inspirasi bagi saya yg suka menulis….
    nice info🙂

  2. 4 Sandrine Tungka December 8, 2014 at 9:21 am

    Terima kasih mau berbagi. Mungkin bisa dibagi situs ol yang menjual buku ini? Terima kasih…

    • 5 Ditter December 8, 2014 at 9:26 am

      Halo Mbak, terima kasih sudah berkunjung ke sini, ya. Omong-omong, tulisan Mbak bagus-bagus, khususnya yg jalan-jalan😀

      Tadinya buku ini bisa dibeli langsung lewat fesbuk penulisnya. Tapi setelah saya cek lagi, rupanya si penulis lagi menonaktifkan fesbuknya. Entah kenapa… Jadi untuk sementara ini saya belum bisa menginformasikan situs ol yg menjual buku ini….

  3. 7 Beby December 8, 2014 at 4:56 pm

    Baru denger istilah writerpreneurship ini, Bang..🙂

    Pengen beli tapi takut ngga kebaca. Hiks.


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s




Enter your email address to follow this blog and receive notifications of new posts by email.

Join 1,988 other followers

Selamat Datang!

Kategori

Twitter

Arsip


%d bloggers like this: