Lega (2)

Setiap kali selesai ngeblog, entah kenapa saya jadi merasa lega. Kalau dipikir-pikir, mungkin sebabnya ada dua.

Pertama, karena saya telah menulis.

Menulis —kita tahu, memang dapat mendatangkan perasaan lega. Beban kita terbagi. Apa yang kita pikirkan dan kita rasakan bisa terlampiaskan. Semuanya kita tuangkan ke dalam bentuk tulisan. Perkara mau dipublikasikan atau tidak, itu pilihan kita. Tinggal kita pertimbangkan baik-buruknya.

Tidak heran jika kemudian menulis sering dijadikan terapi yang cukup ampuh untuk meningkatkan kesehatan, baik tubuh maupun pikiran. Salah satu orang yang terkenal dalam hal ini adalah James W. Pennebaker, seorang psikolog dari Southern Metodhist University USA. Konon ia adalah orang yang pertama kali melakukan penelitian tentang pengaruh menulis terhadap kondisi kesehatan.

Hasil penelitiannya menyatakan bahwa menulis membuat tubuh dan pikiran kita menjadi lebih sehat.

Selama ini saya sering mengaku-ngaku sebagai seorang blogger. Karena itu, saya merasa memiliki tanggung jawab untuk terus memperbarui blog ini. Semacam ada beban tersendiri kalau saya terlalu asyik dengan pekerjaan lain dan membiarkan blog ini terbengkalai.

Nah, inilah alasan kedua kenapa saya jadi merasa lega setiap kali selesai ngeblog, yakni karena saya merasa telah memenuhi kewajiban sebagai seorang blogger.

Apakah teman-teman juga merasa begitu?

39 Responses to “Lega (2)”


  1. 1 Nunu El Fasa September 25, 2014 at 5:48 am

    Aku merasa lega kalau draftku mulai berkurang satu per satu. Numpuk gitu gak enak dilihat

  2. 3 kekekenanga September 25, 2014 at 8:25 am

    Hmm iya sih Dit, kepikiran gitu kalau blum nulis.
    Tapi balik lagi yah harus nemuin waktu yang pas untuk nulis disela-sela aktifitas yg padat setiap harinya.

    Bener kata kamu, menulis itu melegakan🙂

  3. 5 Beby September 25, 2014 at 9:53 am

    Samaaaa.. Aku jugaaaak..😀

    Makanya berusaha biar komit sama prinsip ngeposting tiap hari.. Tapi isinya abstrak sih.. ._.

  4. 7 Puji Lestari September 25, 2014 at 10:07 am

    sama mas, emang menulis bikin lega
    berasa ada beban yang bisa dilepaskan pada saat menulis
    kalau gak salah, dulu BJ Habibie pun pernah menjalani terapi menulis pasca wafatnya bu Ainun

  5. 10 catatanrinagahayu September 25, 2014 at 10:08 am

    menulis itu melegakan yah…hmpp
    mas mbok yo ojo yg serem2 bukune..liyat foto di apdetan twitter sebelah jd pengen cepet2 kaburrrr *hiyyyyy;3

  6. 12 ira nuraini September 25, 2014 at 10:31 am

    paling sebel kalo ide udah dapet bahkan penuh di otak, tapi belum punya waktu buat nulis….😦 *curcol emak beranak 3*
    ini kunjungan pertamaku, salam kenal…🙂

  7. 16 Andriyatna September 25, 2014 at 12:34 pm

    Plong/lega jika kewajiban telah dilaksanakan.
    setuju ^_^

  8. 18 ysalma September 25, 2014 at 1:04 pm

    setidaknya bagi saya yang emak-emak rumahan, dengan menulis dan ngaku blogger jadi lebih ‘melihat’ sekeliling lagi, untuk dituliskan, perasaannya ya itu tadi, lega *sambil merentangkan kedua tangan😀

  9. 20 Ope Site September 25, 2014 at 1:49 pm

    kadang, males buat nulis. Nah, pas udah selesai nulis leganya luar biasa😀

  10. 22 Pypy September 25, 2014 at 1:59 pm

    Iya betul, sangat melegakan walaupun akhirnya bikin draft numpuk..haha😀

  11. 24 mawi wijna September 25, 2014 at 3:00 pm

    Saya lega sehabis menuangkan inspirasi ke blog yang saya peroleh sambil ng****og😀

  12. 26 mahisaajy September 26, 2014 at 12:21 am

    Iya juga sih. Gak tau kenapa ya bisa begitu

  13. 28 Kimi September 26, 2014 at 10:15 am

    Aku juga merasa lega kalau sudah update blog. Apalagi kalau sudah berhari-hari, berminggu-minggu, atau berbulan-bulan tidak update blog. Hihihihi…

  14. 30 MBU September 26, 2014 at 7:38 pm

    Barusan udah ngeblog dan rasanya lega😀 sama bearti ya mas rasanya hahha😀

  15. 32 CIZZO September 27, 2014 at 10:40 am

    Lega juga kalo semua tulisan di blog udah berhasil diedit dari segala kekeliruan diksi dan pertypoan🙂

  16. 34 nuellubis September 27, 2014 at 5:09 pm

    SAYA JUGA SAMAAAAA….

    * nggak nyante nih nulisnya

  17. 38 chandra iman September 29, 2014 at 10:26 am

    bagi saya menulis agar ilmu/pengetahuan dapat tersampaikan kepada orang lain🙂 tapi setuju banget bisa membuat lega🙂


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s




Enter your email address to follow this blog and receive notifications of new posts by email.

Join 1,988 other followers

Selamat Datang!

Kategori

Twitter

Arsip


%d bloggers like this: