Membaca

Saya suka membaca, dan memang keseharian saya saat ini banyak diisi oleh aktivitas membaca. Tidak hanya membaca buku, tapi juga koran dan majalah. Saya rutin membeli koran Kompas setiap hari minggu, dan kadang-kadang membeli majalah Tempo bekas di pasar buku.

Kita tahu, membaca adalah aktivitas yang bermanfaat. Kita bisa menjadi sosok yang berpengetahuan luas dengan banyak membaca. Meski demikian, kadang-kadang saya merasa tidak mendapatkan manfaat itu. Sebab, sering kali saya lupa dengan informasi-informasi penting yang ada dalam tulisan yang saya baca, seperti nama tokoh, nama tempat, waktu kejadian, dan sebagainya.

Apa yang terjadi dengan otak saya? Saya curiga ini gara-gara micin.

Sebenarnya sudah dari dulu saya merasa jengkel karena kesulitan mengingat informasi penting dalam bacaan. Padahal, ingatan yang tajam sangat penting untuk menunjang pekerjaan saya. Tidak jarang saya stres sendiri membolak-balik halaman buku yang belum lama saya baca, mencari informasi tertentu yang saya butuhkan, yang sudah tidak saya ingat lagi.

Wah, kalau punya ingatan yang tajam, pasti enak sekali.

Sering dalam suatu obrolan bersama kawan, saya seperti orang bodoh karena menceritakan sesuatu yang kabur dan tidak jelas. Sebenarnya saya hendak bercerita tentang hal menarik yang pernah saya baca. Namun, saya kesulitan mengingatnya sehingga akhirnya tidak bisa menceritakannya dengan baik.

Well, Ini benar-benar menjengkelkan.

Tapi ya sudah, saya terima dulu saja. Meski kadang merasa percuma, saya akan tetap terus membaca. Ini karena saya merasa masih bisa mendapatkan manfaat lainnya.

Dengan membaca, saya bisa belajar memahami berbagai jenis alur berpikir. Selain itu, saya juga bisa belajar berefleksi. Mungkin saya tidak begitu bisa mengingat informasi yang ada di dalamnya, tapi paling tidak saya bisa belajar memahami, untuk memandang segala sesuatu dengan jernih.

Yah, daripada terus-terusan nonton acara joget-joget.

34 Responses to “Membaca”


  1. 1 Beby June 8, 2014 at 8:30 pm

    Punya ingatan tajam jugak ngga terlalu enak kok, Bang. Jadi susah move on dan ngelupain semua kenangan.. *curcol* *salah fokus*

  2. 3 Hafidh June 8, 2014 at 8:44 pm

    wah ada yg kesulitan menghafal juga nih kayaknya, sama bang, ane juga banyak2 baca eh pas cerita datar2 aja, padahal ceritanya keren. uh sebel sendiri kadang.🙂 tapi tidak apa lah, pasti ada hal lain yang jadi kelebihan kita kok. contoh melampiaskan semua cerita dalam tulisan. belum tentu lho orang lain juga bisa. hhe.. semangat membaca, bang ditter.🙂 membaca banyak manfaatnya kok🙂

  3. 5 mawi wijna June 8, 2014 at 8:53 pm

    Membaca itu mendatangkan inspirasi. Terutama kalau membaca sambil ngendog. Dirimu apakah sama dengan saya? hahaha.

  4. 7 ALVI ALEVI June 8, 2014 at 9:40 pm

    Sial banget.. Nulis komentar lumayan panjang malah gagal posting..
    Intinya ya kita sama2 punya kebiasaan lupa.
    Dan gue langsung kepikiran buat bikin artikel tentang “LUPA”. Mampir ya, Ditt..

  5. 10 arip June 8, 2014 at 10:53 pm

    “Ikatlah ilmu dengan menuliskannya.”
    Saya juga sering lupa, makanya suka nulis laporan kalau udah baca satu buku.

  6. 12 Nunu El Fasa June 8, 2014 at 11:23 pm

    Termasuk membaca pikiran enggak dit?😀 hihi

  7. 14 aqied June 9, 2014 at 3:26 am

    Aku dulu sampai berapa tahun ya langganan kompas mahasiswa. Pas jaman2 nganggur malah jd cerdas banget karna kompas nya dibaca tiap hari dr halaman depan smp belakang saking selo nya. Hahahahahaha. Kalo tiap minggu beli TJP.
    Sekarang udah jarang bgt. Rasanya pengen balik nganggur. *eh

  8. 16 nuellubis June 9, 2014 at 8:26 am

    Mungkin perlu mengurangi konsumsi micin, Mas. :p

  9. 18 Chandra Iman June 9, 2014 at 10:03 am

    joged mangggggg😀 ada orang yang bilang semakin banyak baca semakin banyak lupa, hanya saja saya tidak terlalu setuju dan masih tetep banyak baca, semakin banyak baca, semakin banyak yang bisa kita ingat🙂

  10. 20 hasannote June 9, 2014 at 10:25 am

    Same with you blogfitter..

  11. 22 ysalma June 9, 2014 at 1:19 pm

    Dulu saya termasuk yang mudah mengingat,
    sekarang termasuk yang mudah lupa *apa mungkin juga pengaruh micin?

  12. 24 Dunia Ely June 10, 2014 at 5:41 am

    Micin lagi micin lagi😀

  13. 26 masroh June 10, 2014 at 6:57 am

    aduh kalo punya penyakit lupa kaya begitu mah susah :p biasanya sih biar ga lupa bacaan / infomasi yg penting di catat🙂

  14. 28 Bibi Titi Teliti June 10, 2014 at 11:37 am

    Kalo lupa sih sepertinya pas lagi baca kurang konsentrasi aja kali mas…
    misalnya lagi mbaca postingan ini, tapi pikirannya ke drama korea yang belum tamat ditonton…
    *eh itu mah aku yah…hihihi…*

  15. 30 Ririn Setia June 11, 2014 at 6:18 am

    kalau membaca artikel, buku, dll sudah sering mas, tapi yang belum adalah membaca pikiran mas ditter hehe😀


  1. 1 LUPA | Alvi Punya Cerita Trackback on June 8, 2014 at 10:24 pm
  2. 2 Artikel Lainnya | Dibaca Yuk Sambil Seruput Kopinya | Alvi Punya Cerita Trackback on June 9, 2014 at 9:33 pm
  3. 3 LUPA | Alvi Blog Trackback on July 1, 2014 at 4:43 pm
  4. 4 Buku Bagus | Catatan gado-gado Trackback on September 1, 2014 at 9:20 pm

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s




Enter your email address to follow this blog and receive notifications of new posts by email.

Join 1,986 other followers

Selamat Datang!

Kategori

Twitter

Arsip


%d bloggers like this: