Cemilan

Beberapa waktu yang lalu saya berbincang dengan seorang kawan. Saya mengenalnya sebagai sosok yang sangat tekun. Dalam obrolan tersebut, dia cerita bahwa kalau sedang mengerjakan sesuatu, dia bisa melakukannya selama berjam-jam. Biasanya dari selepas shubuh hingga jam satu pagi.

Mendengar itu, saya sangat terkejut, sekaligus iri. Seperti yang pernah saya ceritakan di sini, saya kesulitan untuk berkonsentrasi —tidak betah berlama-lama mengerjakan sesuatu. Biasanya baru satu jam mengerjakan pekerjaan, saya sudah bosan, dan rasanya ingin segera menggantinya dengan kegiatan lain.

“Bro, kok kamu bisa bekerja seasyik itu, sih?” tanya saya kepada teman saya.

“Hahaha…,” bukannya langsung menjawab, ia malah tertawa. “Mmm… apa, ya….”

Ia diam sejenak, kemudian berkata, “Yang utama mungkin motivasi, Bro. Selain itu, saat bekerja, aku harus ngemil sesuatu. Cemilan membuatku rileks. Jadi aku bisa betah berlama-lama berhadapan dengan kerjaan.”

Hmmm… menarik juga. Selama ini saya termasuk jarang ngemil. Bahkan saat sedang bersantai sekali pun —membaca buku atau menonton film. Tapi kali ini saya bermaksud mencoba cara teman saya itu.

Kemarin saya membeli beberapa cemilan di mini market dekat kos. Saya hendak menikmatinya sambil mengerjakan sesuatu di kamar. Harapannya, cemilan itu bisa membuat saya lebih fokus dan betah berlama-lama duduk di depan laptop.

Setelah dicoba, ternyata cara itu malah membuat saya kurang nyaman. Jari-jari saya kotor belepotan bumbu, dan saya agak risih menggunakannya untuk mengetik. Kemudian remahan-remahannya juga mengotori meja atau kursi kerja, dan hal ini membuat saya terganggu. Pikiran saya jadi tidak fokus. Groaaaa….

Bukannya sibuk mengerjakan tumpukan pekerjaan, saya malah lebih sibuk mengunyah atau bersih-bersih. Alhasil, pekerjaan yang selesai pun hanya sedikit. Well, bekerja sambil mengemil ternyata bukan cara yang cocok untuk saya.

Sepertinya sih bukan cemilan yang membuat teman saya begitu asyik dengan pekerjaannya. Cemilan hanya membantunya menjauhkan diri dari rasa lapar, dan itu bukan kuncinya. Rasanya motivasilah yang membuat teman saya itu begitu tekun dan betah berlama-lama mengerjakan sesuatu.

Setiap orang punya cara sendiri-sendiri untuk membuat dirinya nyaman saat bekerja. Dan yang jelas mengemil bukanlah cara saya.

Btw, happy long weekend, teman-teman!😀

25 Responses to “Cemilan”


  1. 1 Kimi April 18, 2014 at 1:00 pm

    Mbok ya kalau ngemil itu yang sehat. Ngemil apel, pisang, pepaya, tomat gitu lho… Atau buah2an yang lain. *sok ngasih nasehat*

  2. 3 ysalma April 18, 2014 at 1:10 pm

    setuju dengan komen Kimi di atas, ngemilnya buah,
    mungkin cocoknya biar konsen ditemani alunan musik Dit,
    atau memang sebenarnya memang lebih suka kegiatan diluar🙂

  3. 5 jarwadi April 18, 2014 at 2:10 pm

    cara orang bisa rileks macem2 ya, kalau aku sih tidur yang bisa bikin rileks, dan ngga jadi kerja jadinya😀

  4. 7 aqied April 18, 2014 at 3:14 pm

    Kalo aku dari dulu gak terlalu suka ngemil. Ngemil biasanya buat sambil ngobrol2 aja. Tp sukanya bikin minum. Entah kopi, teh, susu, wedang jahe, wedang uwuh, dan lain lain. Jd gak ngotorin jari gak ngotorin meja kursi.

  5. 9 Yusup April 18, 2014 at 3:24 pm

    Motivasi adalah faktor yang lebih kuat membuat orang betah berlama mengerjakan suatu pekerjaan. Saya sendiri bisa 5-8 jam di depan laptop (kalo lagi libur kerja)

  6. 11 duniaely April 18, 2014 at 11:19 pm

    ngemil kacang kacangan paling enak😛

  7. 13 capung2 April 19, 2014 at 6:48 am

    Boleh jga nih.. nyemil sambil beraktivitas, pastinya tdk membosankan..😀

  8. 15 Nunu El Fasa April 19, 2014 at 8:59 am

    Biasanya enggak terasa tau2 badan jadi gembrot heheh

  9. 17 partnerinvain April 19, 2014 at 4:58 pm

    aku mending disambi denger musik dibanding makan cemilan🙂

  10. 19 harumhutan April 20, 2014 at 10:11 am

    dari habis subuh sampe jam 01.00?? berapa jam dia kerja?hebat kuat amat,standing applouse deh he hede

    kerja sambil ngemil?klo aku malah fokus ke ngemilnya dari pd kerjanya ha ha..

  11. 21 cepy April 20, 2014 at 3:20 pm

    haha kalo makan sambil ngerjain sesuatu, malah bikin saya konsentrasi; konsentrasi untuk makan😀
    saya kalo ngerjain sesuatu mesti ada yg namanya deadline. kalo gak ada, kayaknya kerjaan gak bakalan kelar klear sampe kapan pun juga😀

  12. 23 sukasukakeii April 20, 2014 at 11:30 pm

    (=___=”) aduh kalau ada camilan bnyk kl lg ngetik, ujung2nya mah saya malah sibuk nyamil dbandingin ngerjain ketikan…

  13. 24 cumilebay.com April 21, 2014 at 8:56 am

    Cemilan ???? oh tidakkkkkkkkkkkk bikin gw makin gembrot aja hehehe. Gw paling males belanja makanan ringan, coz pasti langsung habis🙂

  14. 25 Chandra Iman April 21, 2014 at 9:44 am

    iya kadang suka susah kalo ngemil sambil buka laptop, palingan saya suka cemilan yang langsung hap dan tidak kotor🙂


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s




Enter your email address to follow this blog and receive notifications of new posts by email.

Join 1,988 other followers

Selamat Datang!

Kategori

Twitter

Arsip


%d bloggers like this: