[Resensi Buku] Selamat Datang Cinta

selamat-datang-cinta

Kau butuh kepercayaan untuk membunuh semua keraguan.

Dan aku membutuhkan kesempatan untuk mengajakmu bahagia di hari selanjutnya.

Kurasa, ini waktu yang tepat untuk berpindah hati.

Tema sentral dari novel romance yang manis ini adalah “berpindah hati”. Tokoh utamanya adalah seorang gadis mandiri bernama Alona.

Namanya cukup unik. Mungkin penulisnya mengambilnya dari kata ‘alone’ (sendiri), yang rasanya sangat pas dengan kisah hidup Alona yang ditinggal oleh orang-orang yang disayanginya. *sok tahu

Kedua orangtua Alona meninggal saat Alona masih belia. Hal ini memaksanya untuk hidup mandiri pada usia yang begitu muda. Dan ketika ia memiliki kekasih yang sangat ia sayangi, kekasihnya ini pun juga pergi meninggalkannya.

Alona memang hidup sebatang kara, namun ia mampu bertahan. Bahkan ia bisa mendirikan bisnis sendiri yang terbilang sukses berkat kerja kerasnya. Selain itu, ia memiliki seorang sahabat baik bernama Bastian sehingga hidupnya tidak terlalu sepi. Apalagi keluarga Bastian sudah menganggap Alona sebagai keluarga sendiri.

Secara umum buku ini berkisah tentang proses perpindahan hati yang dialami oleh Alona, serta konflik keluarga yang dialami oleh Bastian.

Tema dan plotnya sangat sederhana, namun hebatnya si penulis bisa mengembangkannya hingga menjadi sebuah novel. Sayangnya jalan ceritanya sangat mudah ditebak, dan konflik yang ada terlalu klise sehingga membuat saya bosan dan mengantuk.

Selain konflik yang terlalu klise tadi, saya mencari tahu sebab lain yang membuat novel ini terbilang membosankan. Padahal, ceritanya disampaikan dalam kalimat yang manis dan menggugah hati. Ya, diksinya bagus. Penulisnya lihai merangkai kata.

Sejauh ini saya baru bisa menebak-nebak. Saya sering mendengar tips dari para penulis tentang bagaimana menulis cerita yang memikat, yakni “show, don’t tell”. Maknanya, sebuah cerita akan jauh lebih menarik jika kita mempertunjukkan apa yang dilakukan oleh si karakter, bukan sekadar menceritakannya. Dan isi buku ini lebih banyak tell-nya dari pada show-nya.

A.S. Laksana dalam buku Creative Writing menulis: “Ketimbang mengatakan bahwa Noni adalah gadis manja, lebih baik tunjukkan bagaimana cara dia uring-uringan.”

****

Judul: Selamat Datang Cinta

Penulis: Odet Rahmawati

Jumlah halaman: viii + 224

Ukuran: 13 x 19 cm

Penerbit: GagasMedia

17 Responses to “[Resensi Buku] Selamat Datang Cinta”


  1. 1 pursuingmydreams March 4, 2014 at 11:08 pm

    Wah kalau alur ceritanya mudah ditebak, ga asyik ah, ga membuat penasaran baca hingga tamat😀 . Oh ya harga bukunya berapa rp? .

  2. 3 giewahyudi March 5, 2014 at 2:33 am

    Namanya Alona, sedikit dicocokkan dengan karakternya sih, jadinya malah gampang ketebak..

  3. 5 lazione budy March 5, 2014 at 3:54 am

    oh si odet ini yang nulis.
    well, covernya provokatif.😀

  4. 7 Akhmad Muhaimin Azzet March 5, 2014 at 8:16 am

    Meski ditulis dengan diksi yang bagus jika tidak detail mengangkat karakter, tapi hanya ngalir di cerita, jadinya kurang seru ya…

  5. 9 ronal March 5, 2014 at 8:21 am

    sebenarnya semua cerita cinta itu sudah terlalu banyaaaaak..jadi kalau kita sering baca dan sering nonton film pasti bisa dengan gampang menebak ending cerita sebuah buku baru..tapi mungkin disini yang kita bisa ambil adalah pembelajaran penulisannya hehe

  6. 12 Ririn Setia March 5, 2014 at 6:23 pm

    wah menarik sekali mas resensi buku nya. Jadi pengen juga nih nulis sebuah resensi, tapi masalah nya saya jarang baca-baca buku nih hehehe😀

  7. 16 Kisah Foto March 6, 2014 at 10:20 pm

    Wah penasaran pengen baca, meluncur ke Gramed😀


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s




Enter your email address to follow this blog and receive notifications of new posts by email.

Join 1,985 other followers

Selamat Datang!

Kategori

Twitter

Arsip


%d bloggers like this: