Karya Perdana

Pada postingan sebelumnya, saya pernah cerita tentang sebuah kabar baik bahwa awal Januari ini buku saya akan terbit.

Tak terasa, sekarang sudah masuk minggu kedua di bulan Januari, dan alhamdulillah buku saya sudah jadi terbit. Judulnya Anak Kampus.

Teman-teman bisa mendapatkannya di toko-toko buku seluruh Indonesia, khususnya Gramedia, Toga Mas, Tisera, Gunung Agung, dan sebagainya.

Buku Anak Kampus ini berbentuk personal literature komedi. Dalam buku tersebut, saya mencoba mengeksplorasi kemampuan saya dalam membuat tulisan-tulisan yang lucu. Jadi isinya sangat berbeda dengan sebagian besar tulisan di blog ini yang gayanya cenderung serius (cuma gayanya doang).

Penampakan buku Anak Kampus di Gramedia Sudirman, Jogja

Penampakan buku Anak Kampus di Gramedia Sudirman, Jogja

Saya menyukai komedi, baik film maupun buku. Atas dasar kesukaan itulah saya dulu memutuskan untuk membuat sebuah karya buku dengan genre tersebut.

Namun, ternyata rasa suka saja tidak cukup untuk membuat sebuah buku. Saya masih harus mempelajari teknis-teknis membuat tulisan yang lucu. Upayanya tidak mudah, tapi menyenangkan untuk dijalani.

Saya membeli dan membaca banyak buku komedi, menonton film lucu, dan menonton video-video stand up comedy. Tentu tidak sekadar menikmatinya sebagai hiburan semata, tetapi juga mempelajari pola-polanya.

Saya mencari tahu, apa yang membuat orang tertawa, dan kenapa mereka tertawa.

Semua yang telah saya pelajari itu tertuang dalam buku Anak Kampus ini. Isinya bukan sekadar cerita-cerita kocak yang nggak jelas dan tanpa arah, melainkan terkonsep secara utuh.

Ada satu konsep besar yang menaunginya. Jadi, tiap bab sambung menyambung menjadi satu, itulah Indonesia.

Konsep besarnya adalah ini: berisi tentang pengalaman seorang mahasiswa dalam menjalani kehidupan perkuliahan dengan kondisi yang pas-pasan. Tidak hanya pas-pasan dari segi finansial, tapi juga otak dan tampang. Meskipun punya keterbatasan itu, tapi ia ingin masa-masa kuliahnya tetap “hidup”, indah, dan berkesan. Makanya dia melakukan berbagai strategi, yang ternyata menghasilkan peristiwa-peristiwa seru dan lucu.

Bagi yang penasaran, ayo deh segera dapatkan bukunya di toko buku terdekat.😀

IMG_20140112_051042

Penampakan buku Anak Kampus di Gramedia Mall Malioboro, plus Mbak cantik

Data Buku

Judul: Anak Kampus (Catatan Perjuangan Mahasiswa Pas-pasan)

Penerbit: Checklist

Tebal: viii+246 halaman

Ukuran: 13×19 cm

Harga: Rp35.000

36 Responses to “Karya Perdana”


  1. 1 nuel January 12, 2014 at 8:39 am

    Waduuuh…. ngiri…. Kapan novelku bisa terbit yah? Semoga secepatnya. Sudah tidak sabar nih….😦

  2. 3 Intan Sudibjo January 12, 2014 at 9:20 am

    hohoho ternyata tulisan novel sama blog beda ya heehe

  3. 5 budi majid January 12, 2014 at 9:52 am

    wow hebat sudah bisa menulis sebuah buku, moga bukunya laris ya mas..

  4. 7 capung2 January 12, 2014 at 10:50 am

    Mantabs.. ini berarti udah jadi penulis beneran.. tdk spt sya.. hanya menulis di blog.

  5. 9 I.S. Siregar January 12, 2014 at 11:51 am

    congrats ya… buku udah terbit. semoga ketularan nih semangat menulisnya,😀

  6. 13 fratih January 12, 2014 at 3:23 pm

    wuuuiiii selamat yaaaaaaa… semoga sy jg bs nyusul +_+

    apalagi kalo dikasih buku itu gratis *loh

  7. 17 Ririn January 12, 2014 at 8:05 pm

    wah selamat mas udah berhasil menerbitkan sebuah buku. Pasti sangat berkesan sekali ya. Lumayan tebal juga ya bukunya. Lebih tebal dari skripsi saya hehehe😀

  8. 21 Yulita Widya Ningsih January 13, 2014 at 4:20 pm

    selamat mas… sekali lagi selamaaaaaaaatttt…
    jangan lupa GAnya,hadiahnya anak kampus karya masnya ya..hihihi^^

  9. 23 @hijriyan January 13, 2014 at 4:40 pm

    Wah…selamat Mas!

    Moga makin produktif🙂

  10. 25 Angga Kusuma Nugraha January 14, 2014 at 2:00 am

    wah kayaknya ane harus baca nih buku
    rasanya gak percaya klo genre bukunya humor
    soalnya jauh dari gaya penulisan blog ini
    hehehe…

  11. 27 Ceritaeka January 17, 2014 at 2:59 pm

    Ah baru liat di sini, diterbitkan Checklist. Sekali lagi congraaats🙂

  12. 29 Pypy January 17, 2014 at 3:37 pm

    Selamat yah Dit🙂 Kalo ke Gramedia cari deh😀

  13. 31 alytera April 10, 2014 at 9:33 pm

    Great job. mampir ke blogku juga.

  14. 33 Sumber Info October 13, 2014 at 7:02 am

    It comes with Dual 5MP camera with HD video recording at 720p.

    Notebook battery life is a big concern among users due to the high costs of battery replacement.
    Home users favor them since they’re capable to move from place to place.


  1. 1 Proses Terbit Novel Anak Kampus | Catatan gado-gado Trackback on January 14, 2014 at 9:07 am
  2. 2 Lihat Karyanya, Bukan Gelarnya | Catatan gado-gado Trackback on January 22, 2014 at 8:04 am
  3. 3 [Giveaway Perdana] Anak Kampus Bukan Ayam Kampus | Catatan gado-gado Trackback on February 1, 2014 at 10:38 pm

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s




Enter your email address to follow this blog and receive notifications of new posts by email.

Join 1,988 other followers

Selamat Datang!

Kategori

Twitter

Arsip


%d bloggers like this: