Mencari Nafkah Dengan Menulis

Dulu saya sama sekali nggak membayangkan akan menjalani kehidupan seperti sekarang ini. Saat masih sekolah (SMA), saya memang nggak tahu mau jadi apa. Padahal, banyak remaja yang lain yang sudah punya cita-cita dan rencana, hendak menapaki karier di bidang apa.

Entahlah, barangkali dulu saya takut bermimpi, makanya nggak punya rencana apa-apa. Menjelang kelulusan SMA, saya bahkan nggak tahu mau kuliah di jurusan apa. Tentu saja hal itu membuat saya galau.

Kemudian saya sempat punya pikiran untuk kuliah di jurusan komputer, atau mungkin cukup kursus. Kalau sudah lulus, nantinya saya bakalan punya skill yang bisa dipakai buat kerja.

Tak disangka, rencana itu malah nggak terlaksana. Pada akhirnya saya kuliah di jurusan ilmu filsafat. Ceritanya panjang. Tapi intinya keputusan itu saya ambil berdasarkan masukan atau rekomendasi dari selembar sertifikat tes IQ yang saya dapatkan saat SMA dulu, hehe…. :p

Saat menjalani kehidupan kuliah, sempat ada kecemasan yang melanda saya, nanti mau kerja apa? Pertanyaan itu benar-benar membuat saya bingung, sebab saya nggak tahu jawabannya. Saya berusaha melupakan kecemasan tersebut, dan sempat berhasil. Sayang, pada akhir masa kuliah, kecemasan itu menyapa lagi.

Untuk mengatasinya, saya pun bertanya kepada diri sendiri, bidang apa yang saya suka? Pertanyaan itu lantas saya ubah supaya lebih mudah dijawab, apa hobi saya? Nah, beberapa jawaban pun langsung muncul di benak saya.

Dari kecil, saya hobi mengkhayal, membaca, dan menonton film. Lantas terpikir sebuah kerjaan yang barangkali cocok dengan saya, yakni menulis.

Berhubung saya belum bisa menulis, tentu saya harus belajar dulu. Saya pun langsung membeli beberapa buku belajar menulis, lantas mempelajarinya. Saat itu saya sudah semester 8. Fokus saya adalah belajar artikel opini untuk koran.

Saya langsung mempraktikkan ilmu-ilmu menulis yang dijabarkan dalam buku tersebut. Hasilnya adalah sebuah artikel pendek. Dengan nekat, saya mengirimkannya ke sebuah koran lokal. Tak disangka, artikel tersebut dimuat!

Kejutan itu tentu saja membuat semangat saya semakin bertambah.

Beberapa teman memberi selamat, dan pihak koran memberi honor. Nah, itulah uang pertama yang saya terima dari hasil menulis.

Btw, kayaknya ceritanya sudah kepanjangan. Lanjut ke postingan berikutnya, yaaaa….😀

42 Responses to “Mencari Nafkah Dengan Menulis”


  1. 1 capung2 December 29, 2013 at 7:33 pm

    Sambil menyelam minum air.. menulis bs dijadikan sbg kerja sampingan.

    Sukses ya !

  2. 3 Intan Sudibjo December 29, 2013 at 8:22 pm

    belum puas nih, kurang panjang sob tulisannya haha

  3. 5 Didi Wirawan December 29, 2013 at 9:21 pm

    Uang kaget nih, selamat ya
    Di tekuni saja

  4. 7 tuxlin December 30, 2013 at 12:00 am

    Wah saya dulu juga bingung mau kerja apa, seh sekarang saya malah hidup dari menulis🙂

  5. 9 Kisah Foto December 30, 2013 at 12:01 am

    Wah selamat masbro… saya juga lagi belajar menulis melalui blog, hehehe😀

  6. 11 oomguru December 30, 2013 at 2:21 am

    buset dah.. semester 8 baru belajar nulis, mbak??
    gue aja belajar nulis pas sebelum masuk TK
    hwehehehehe,,, :))v *piss

    • 12 nuel December 31, 2013 at 6:20 am

      Eh, Mas. Ini yang punya blog cowok lho. Hahahaha….

      Btw hebat juga. Hahaha. Aku juga nggak nyangka bisa berani ambil keputusan kayak sekarang ini. Di saat banyak teman aku yang jadi job seeker atau kuliah S2, aku berusaha mengejaar mimpiku sendiri: jadi penulis. Walau banyak yang bilang mustahil, aku tetap jalan. Hahaha… Yah karena nggak ada sesuatu yang mudah, kan? Hahaha… Sama kayak Mas, aku juga belajar nulis secara otodidak. Banyak belajar dari para penulis top yang suka ngadain kultwit dadakan.😀

  7. 15 lindaleenk December 30, 2013 at 6:45 am

    Selamat..coba ditekuni lagi hobinya😉

  8. 17 farizalfa December 30, 2013 at 6:52 am

    Intinya sih lakukan apa yang kita seneng aja sih, itu udah cukup buat hidup yang katanya terlalu singkat ini.😀

  9. 19 Ranger Kimi December 30, 2013 at 6:53 am

    Ternyata kamu kuliahnya jurusan filsafat toh. Cool! Aku dulu SPMB tahun pertama keterima di filsafat, tapi gak dibolehin Papa.😆

  10. 23 ello aris December 30, 2013 at 8:47 am

    menulis tuk mengasyikan loh. aku juga cari makan dari menulis

  11. 25 walidinwall December 30, 2013 at 2:27 pm

    Banyak yang telah membuktikan bahwa menulis bisa dijadikan ajang pencari penghasilan. Betul sekali gan.

  12. 27 fratih December 30, 2013 at 10:24 pm

    wuuiii selamat selamat

  13. 30 Ririn December 30, 2013 at 11:23 pm

    saya juga pernah artikel nya di muat di koran mas. Di koran Pikiran Rakyat, Suara Merdeka, dan di The Jakarta Post hehehe😀

    lumayan sih dapat honor. Tapi yang saya bukan itu, melainkan adanya kepuasan tersendiri dan juga untuk melatih kemampuan skill menulis sehingga bisa menulis artikel secara berkualitas🙂

  14. 34 cepy hr December 31, 2013 at 9:58 am

    wiiihh ternyata kamu mahasiswa filsafat? kamu rendah hati sekali. tulisan-tulisan blogmu bersahaja banget. saya aja yang mahasiswa teknik suka sok sok filosofis gitu di blog saya hahaha. jadi malu. saya harus sering sering mampir ke sini nih🙂

  15. 36 Wewengkon Sumedang December 31, 2013 at 3:10 pm

    sunnguh nikmat ya mas kalau hobi sudah sampai bisa menghasilkan uang…mantap sekali, jadi pekerjaan tak akan jadi beban, pekerjan jadi bisa dinikmati

  16. 37 ditter January 1, 2014 at 10:46 am

    Iya sih, Mas. Tapi sayangnya saya nggak terlalu hobi juga, hehe….

  17. 38 Pypy January 7, 2014 at 2:32 pm

    Kurang panjaaang..hahaha :p Wihh.. Kuliah filsafat? pantes aja tulisan2nya keren..😀

  18. 40 anant January 22, 2014 at 3:34 pm

    gmn sekarang kabar fadilah,sempai santi n siapa tmn kampusnya lupa….kwkwkw
    btw kmrn beli buku anak kampus…keren…cukup membawa saya ke masa2 kuliah….:)


  1. 1 Mencari Nafkah Dengan Menulis (2) | Catatan gado-gado Trackback on January 1, 2014 at 10:56 am

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s




Enter your email address to follow this blog and receive notifications of new posts by email.

Join 1,985 other followers

Selamat Datang!

Kategori

Twitter

Arsip


%d bloggers like this: