Pasar Malam

Apa yang menyenangkan dari pasar malam? Bagi saya, suasananya.

Bermain ke pasar malam membawa ingatan saya pada masa kecil. Sebagai anak-anak, dulu saya suka banget sama pasar malam: terang, penuh warna, ramai, meriah, banyak permainannya, dan banyak makanannya.

Malam minggu kemarin saya jalan-jalan ke pasar malam Sekaten di alun-alun utara Yogyakarta. Pasar malam ini terbilang besar, jauh lebih besar dari pasar malam yang suka saya lihat di lapangan-lapangan kecamatan.

Oh iya, dan tentu saja lebih ramai, mengingat pasar malam ini menjadi bagian dari agenda Sekaten. Ada pun Sekaten dalam hal ini merupakan salah satu tradisi dari Kasultanan Yogyakarta.

Begitu memasuki area pasar malam Sekaten, keriuhan khas pasar malam langsung terasa. Dari jauh sudah terlihat komidi putar yang terang benderang, berputar dengan eloknya. Ada juga suara-suara musik yang saling bersahut-sahutan.

Namun, pasar malam nggak seindah seperti yang ada di dongeng-dongeng. Saat musim hujan seperti sekarang ini, lantai pasar malam biasanya becek. Parahnya lagi, nggak ada ojek! Selain itu, musik yang disetel juga kebanyakan lagu koplo dalam suara/volume yang keras.

Lantai yang becek jelas bikin nggak nyaman. Tapi, suasana pasar malam yang amat khas membuat sebagian di antara kita selalu merasa kangen untuk kembali lagi ke sana.

Bagi yang terbiasa nongkrong di cafe atau main ke wahana besar seperti Dunia Fantasi atau Trans Studio, pasti bakalan kaget saat mengetahui harga wahana permainan di pasar malam. Ya, harganya sangat murah. Jenisnya pun bermacam-macam. Ada tong setan, rumah hantu, bom-bom car, dan masih banyak lagi. Benar-benar hiburan rakyat.

Demikian pula dengan makanan atau jajanannya. Menunya sangat variatif, dan harganya pun relatif murah. Hanya mungkin sayangnya kurang higienis. Tapi ada juga kok jajanan yang bersih. Jadi pintar-pintar kita milihnya aja.

Teman-teman suka main ke pasar malam? Wahana apa yang paling teman-teman sukai? Kalau saya: tong setan!😀

IMG_20131221_211103

35 Responses to “Pasar Malam”


  1. 1 Dwi alfina December 25, 2013 at 8:50 am

    bener, ketika hujan, pasar malam berubah menjadi sawah😦

  2. 3 capung2 December 25, 2013 at 9:17 am

    Kangen naek komidi puter.. tapi maunya sama anak.. sebab klo naeknya sendirian, apa kata dunia.. ?! he2x

  3. 5 Yudi December 25, 2013 at 10:47 am

    Wah, udah lama bgt gak ke pasar malam…

  4. 7 dedekusnpeace December 25, 2013 at 11:03 am

    Inget masa lalu, udah lama banget ga ke pasar malam. Tapi bener kok, walau permainannya gak banyak berubah, walau gak seramai dulu, pasar malam dengan permainan khasnya masih banyak peminat.

  5. 9 fratih December 25, 2013 at 4:17 pm

    kalo pasar malam di samarinda hampir tiap malam ada, tp lokasiny berbeda. bedanya smarinda dgn jogja, di smrnda itu bener2 kayak pasar sayur dn sembako. ga ada biang lala dn prmainan seru, yg ada cuma odong2 untuk anak kecil hahaha

  6. 12 Ririn December 25, 2013 at 6:06 pm

    wah wah asyik juga ya bisa jalan-jalan ke pasar malam. Kalau saya paling cuma lihat-lihat saja sekalian jalan-jalan kalau pas ada pasar malam. Kalau dulu sih suka nya naik yang kuda-kuda’an hehehe😀

  7. 14 duniaely December 25, 2013 at 9:13 pm

    terakhir ke pasar malam yg terbuka sepanjang tahun bro , naik bianglala tua yg umurny aratusan tahun deh🙂

  8. 16 Kisah Foto December 25, 2013 at 9:48 pm

    Wah sudah lama saya gak ke pasar malam, dulu suka naik komedi putar, terus beli jagung bakar, indahnya masa kecil🙂

  9. 18 oomguru December 26, 2013 at 1:44 am

    kalo ke pasar malam, yang paling gue seneng adalah wahana semak-semak.. soalnya. di wahana tersebut tersaji banyak pemandangan indah yang hanya bisa dinikmati oleh kalangan 18+
    wakakakaka😀

  10. 20 harumhutan December 28, 2013 at 9:07 am

    tong setan ga ada dipasar malam ditempatku,kalo rumah hantu ada…

    aku sih belum pernah naik wahana permainannya

    lebih sering liat liat aja,klo bawa ponakan ya ponakan yang main,ikut nikmati saja hiburan yang merakyat dengan harga rakyat tapi puas🙂

  11. 21 cumilebay.com December 28, 2013 at 11:43 am

    Di jakarta juga banyak asar malam, biasa nya kami menyebut nya pasar malam padang. Karena yg jualan itu rata2 orang padang.
    Biasa nya ada di kampung2 jakarta, perna beberapa kali liat deket rumah dan lumayan rame🙂

  12. 23 bundafirzha December 28, 2013 at 5:14 pm

    pasar malam untuk wilayah makassar dan sekitarnya identik dengan permainan kincir dan keretaan,.. sekaligus jadi arena adu ketangkasan hehehehe,…

  13. 24 Pypy January 6, 2014 at 3:10 pm

    jadi inget jaman kecil main ke Pasar Malam..😀 Komidi Putar nya itu lhoo.. Ngangenin :p kek dikurung di kandang burung..hihih

  14. 26 bisnis online April 17, 2014 at 5:34 pm

    ingat masa kecil, kalau malam minggu sama ayah ke pasar malam

  15. 28 carawati May 16, 2014 at 11:50 pm

    thanks kak……waktu kecil juga senang sekali kalau di ajak ke pasar malam apa lagi ada harga mobil mobilan yang murah

  16. 29 Menggunakan Kerudung June 8, 2014 at 5:05 pm

    salam kenal sob… artikelnya inspiratif sekali

  17. 31 Pasar July 22, 2014 at 2:43 pm

    salut dengan semangatnya berbagi kak

  18. 32 skorbola April 4, 2015 at 7:32 pm

    Inget masa lalu, udah lama banget ga ke pasar malam. Tapi bener kok, walau permainannya gak banyak berubah, walau gak seramai dulu, pasar malam dengan permainan khasnya masih banyak peminat.

  19. 34 bola April 4, 2015 at 7:34 pm

    Wah, kalau di Jakarta, mungkin lebih ramai dan lebih terang lagi kali ya, Mas, hehe….


  1. 1 Gadis cantik menjadi nenek tua - Blogrkini.com Trackback on December 31, 2013 at 6:22 pm

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s




Enter your email address to follow this blog and receive notifications of new posts by email.

Join 1,985 other followers

Selamat Datang!

Kategori

Twitter

Arsip


%d bloggers like this: