Pesan Berantai

cellphoneTadi siang salah satu keluarga saya mengirim sebuah sms berantai. Isinya peringatan agar berhati-hati dengan sales produk teh cina yang (katanya) akhir-akhir ini sering mendatangi rumah-rumah warga. Sebuah merek disebutkan dalam sms tersebut.

Setelah membacanya, otak saya diliputi berbagai pertanyaan. Kenapa saya harus berhati-hati? Ada apa dengan sales tersebut? Apakah ada yang salah dengan produk yang mereka jual?

Sayang sms itu tidak memuat jawaban atas pertanyaan-pertanyaan saya. Untuk sebuah peringatan, isinya terlalu singkat, hanya menyampaikan pesan untuk berhati-hati tanpa menjelaskan alasannya.

Pembuat sms itu memang bisa saja bermaksud untuk “menyelamatkan” masyarakat dari aksi kejahatan tertentu. Tapi, saya juga melihat kemungkinan lain. Bisa juga ia bertujuan untuk menjatuhkan sebuah produk dalam konteks persaingan usaha.

Saya sengaja tidak meneruskan sms berantai itu, sebab sumbernya tidak jelas. Khawatirnya nanti malah membuat masyarakat cemas.

Sorenya, saya dapat lagi pesan berantai, kali ini via BBM. Pesan tersebut mengabarkan tentang penyakit fatal yang akhir-akhir ini diketahui banyak dijangkiti oleh masyarakat.

Kita diminta untuk berhati-hati, salah satunya dengan menghindari sejumlah produk tertentu. Sederet merek-merek pun disebutkan dalam pesan itu.

Lagi-lagi berhubung sumbernya nggak jelas, saya memilih untuk mengabaikan pesan tersebut.

Apakah teman-teman juga sering mendapatkan pesan berantai?

Gambar diambil dari sini.

24 Responses to “Pesan Berantai”


  1. 1 pursuingmydreams December 11, 2013 at 2:07 am

    Saya baca status teman temanya sama, katanya untuk wilayah semarang. Jadi sales tsb meminta kita untuk menghirup / mencium harum tehnya, nah ternyata ada kandungan obat biusnya.
    Begini isi status temanku:

    Mohon infokan k wrga:bila d jLn/d rmh da org/sales yg mnwarkan produk daun teh(TIEK KWAN IM) atau produk lain sjenis daun teh dr cina.Bila d mnt utk mnghirup wanginy,jngn coba2 mnghirup ny.Krn d dlmny trdpt obat BIUS.Bgitu d hirup bsa lngsung tdk sdarkan diri.

  2. 4 Intan Sudibjo December 11, 2013 at 10:34 am

    memang kalo sms nya gk lengkap atau gk jelas, sulit untuk dibenarkan juga

  3. 6 capung2 December 11, 2013 at 10:46 am

    tidak ada salahnya bila kt waspada dgn sms tsb..

  4. 8 Yulita Widya Ningsih December 11, 2013 at 2:39 pm

    iya,saya suka nerima pesan mirip2 seperti itu. tapi saya juga tidak meneruskan,karena sama dengan mas,sumbernya tidak jelas. dan yang paling penting,,ngabisin pulsa sih..hehehe

  5. 10 nuel December 11, 2013 at 3:13 pm

    Pernah beberapa kali, tapi cuekin aja. Apalagi denger2 SMS2 gitu suka dibarengin sama niat curi pulsa. Yang ngirim tuh pake software buat nyuri pulsa.

  6. 12 Ririn December 11, 2013 at 3:28 pm

    kebetulan saya tidak pernah dapat sms berantai kayak getu. Tapi sering banget dapat sms tengah malam dari orang yang tak dikenal yang isi nya iklan promosi,… hmmm ngganggu orang tidur aja pokoknya😦

  7. 14 Wewengkon Sumedang December 11, 2013 at 3:59 pm

    saya lumayan sering mendapatkan pesan berantai seperti itu mas…baik lewat sms maupun via bbm, dan tak pernah ada yg saya tanggapi atau kirimkan lagi pada yang lainnya…saya abaikan saja hehe

  8. 16 jarwadi December 12, 2013 at 7:09 am

    karena terlalu banyaknya dan seringnya pesan berantai yang entah juntrungnya, saya menganggap pesan berantai ini adalah cara menyampaikan informasi yang kurang efektif. saya tidak lagi menaruh perhatian pada pesan sejenis ini

  9. 18 DIAKUIN December 12, 2013 at 9:56 am

    saya mah sering nerima pesan berantai, tapi saya gak pernah tanggepin😀

  10. 20 giewahyudi December 12, 2013 at 3:23 pm

    Iya, seperti info di sosial media, semua harus dikonfirmasi kebenarannya dulu. Kalau salah, kita juga akan disalahkan kalau menyebarkan info tersebut..

  11. 22 alief December 14, 2013 at 10:24 am

    kalau itu dulu dsaya pernah, tentang produk jelly, ini itu bisa gagal ginjal dll, terus saya heran, bukannya semua produk dengan pengawet resikonya seperti itu ? Sudah jelas SMS itu hanya ingin menjatuhkan suatu produk padahal kalau kita jeli, sms itu juga menyerang semua produk

  12. 23 Pypy December 16, 2013 at 3:23 pm

    Waspada memang perlu, tapi seringnya pesan berantai ini gak jelas sumber dan apakah emang kejadian atau hanya hoax belaka.

  13. 24 lazione budy December 18, 2013 at 5:34 am

    saya juga.
    pakai hp dengan bijak.


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s




Enter your email address to follow this blog and receive notifications of new posts by email.

Join 1,986 other followers

Selamat Datang!

Kategori

Twitter

Arsip


%d bloggers like this: