Belajar

Orang yang kelihatannya kerjaannya hanya bermain-main saja, sebenarnya bisa jadi justru sedang belajar, namun dengan cara yang nggak biasa, entah ia sadari atau tidak.

Saya punya teman yang dulu hobi banget nonton film dan dengerin lagu, khususnya film dan lagu luar negeri (Barat). Dulu saya sering berpandangan negatif terhadapnya. Ini kok orang kerjaannya nonton film melulu. Kapan belajarnya? Bisa-bisa masa depannya suram. Begitu pikir saya dulu.

Nggak cuma saya, orangtuanya pun sering mengeluh, kok anaknya malas-malasan gitu, susah banget kalau disuruh belajar. Tapi, rupanya pandangan saya dan kedua orangtuanya saat itu salah besar.

Tak disangka, dari hobinya menonton film dan mendengarkan lagu-lagu Barat, teman saya itu jadi pandai bahasa Inggris. Kemampuannya itu semakin meningkat setelah ia kuliah di jurusan bahasa Inggris.

Kini bisa dibilang ia cukup sukses. Setidaknya lebih sukses daripada saya, hehe….

Mungkin dia memang nggak pandai matematika, biologi, atau fisika. Tapi, hal itu tidak lantas membuat masa depannya menjadi suram.

Dia memang punya kelemahan, tapi dia pun punya kelebihan. Dia berhasil mengenali kelebihannya itu, lalu memaksimalkannya. Akhirnya, kemampuannya dalam bidang bahasa Inggris telah membawanya pada kesuksesan.

Jadi, kian jelas bahwa definisi belajar nggak terbatas pada sebuah kegiatan membaca buku pelajaran atau berlatih soal-soal saja. Sebab, kenyataannya kita bisa belajar dari apa saja. Bahkan dari pencopet sekalipun.

Iya nggak, sih?

18 Responses to “Belajar”


  1. 1 capung2 November 22, 2013 at 8:56 pm

    pembelajaran yg mempunyai makna luas dan hanya org2 cerdas lah yang mampu mengambil nilai2 positif dari pembelajarannya tsb.

  2. 3 Nurul Imam November 23, 2013 at 3:25 am

    Saya sekarang lagi belajar mengajar😀

  3. 5 Leony Li November 23, 2013 at 5:37 am

    pengalaman itu terkadang datang tapi kita malah tidak sadarinya mas..

  4. 7 Intan Sudibjo November 23, 2013 at 7:15 am

    setuju banget, setiap orang memiliki kelebihan dan kekurangan🙂

  5. 9 Sabda Awal November 23, 2013 at 9:23 pm

    benar sekali, kegiatan yang dikira ngga bermanfaat ternyata membawa hal positif, belajar bisa darimana saja

  6. 11 Indi Sugar November 24, 2013 at 3:40 am

    setuju, belajar itu bisa darimana aja. medianya gak mesti formal yang penting bisa “menyaring” aja. aku hobi nonton home video amatir gitu, dan itu bikin aku termotivasi sesuai dengan tema videonya, misalnya aja dekorasi kamar, etc. meski kesannya kaya cuma duduk depan komputer, padahal belajar, hehehe🙂

  7. 13 Ririn November 25, 2013 at 7:43 am

    Belajara adalah sebuah proses untuk memahami, mengetahui, memeriksa, menghafal, dll yang dilakukan oleh orang baik secara sadar atau tidak😀😀😀 peace

  8. 14 Pypy November 25, 2013 at 11:44 am

    Setujuu.. Orang tua dulu (dan seringnya masih ke kita) mikir klo orang yg ga jago matematika pasti bodoh.. Padahal kan masing2 orang punya minat bakat yg berbeda yah😀 Masa ikan disuruh naik pohon, kan susah..hahaha😀

  9. 15 lazione budy November 25, 2013 at 10:49 pm

    Hidup ini belajar, apa saja. Suatu saat manfaat. Yakin!

  10. 17 Jasa Penerjemah Tersumpah January 13, 2014 at 9:03 am

    Inpiratif nih artikelnya, bener memang setiap orang punya cara dalam belajar, keep spesial in one thing🙂

  11. 18 nuel February 17, 2014 at 9:20 am

    Kayak saya yang hobi nonton film-film jepang atau dorama,juga… LOL. Jadi mulai bisa berbahasa Jepang, walau belum bisa baca tulisannya.


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s




Enter your email address to follow this blog and receive notifications of new posts by email.

Join 1,985 other followers

Selamat Datang!

Kategori

Twitter

Arsip


%d bloggers like this: