Modus

Saat ini modus penipuan semakin beragam saja. Kita bisa mengetahuinya dengan membaca berita kriminal di surat kabar maupun portal berita online. Hal ini benar-benar membuat kita tidak nyaman. Setiap kali ke luar rumah atau bepergian, maka kita harus senantiasa berhati-hati dan waspada.

Pas masih kecil, dulu saya sering ikut orangtua pergi ke Jogja dari Bekasi naik kereta api kelas ekonomi. Di dalam kereta, biasanya kami berkenalan dengan teman seperjalanan. Tidak jarang teman itu menawarkan makanan atau minuman, dan kami nggak ragu untuk menerimanya. Begitu pula sebaliknya.

Sekarang kalau saya ditawari makanan atau minuman di kendaraan umum oleh orang yang baru dikenal, saya akan menolaknya dengan halus. Bukan apa-apa, ini sebagai bentuk kehati-hatian. Sudah nggak terhitung orang yang dibius lalu diambil barang-barang berharganya oleh orang yang baru dikenal di dalam perjalanan.

Yang lebih parah adalah modus penipuan dengan pura-pura membutuhkan pertolongan. Kalau kayak begini, kasihan korbannya. Niat ingin menolong, malah jadi korban penipuan.

Misalnya, modus penipuan jual jam tangan murah untuk ongkos. Jadi ada orang yang luntang-luntung di jalan karena kehabisan ongkos. Ia mendatangi orang-orang di sekitarnya untuk menawarkan jam tangan yang ia pakai, dijual dengan harga jauh di bawah harga aslinya. Uangnya mau dipakai untuk ongkos.

Bayangkan bila ada seorang baik hati yang rela membeli jam tangan itu meski nggak butuh, demi membantu orang yang kehabisan ongkos tersebut. Sayangnya, jam tangan itu rupanya palsu/rusak, dan penipu itu hanya pura-pura kehabisan ongkos, sebagai caranya untuk mencari uang.

Mungkin itu hanya contoh kecil. Masih banyak contoh-contoh lainnya. Hal ini terkadang memaksa orang jadi mudah curiga kepada orang-orang yang baru dikenal. Alhasil, Ketika kita benar-benar membutuhkan pertolongan, kita jadi kesulitan dalam mendapatkan bantuan.

Kalau dipikir-pikir, niat banget para penipu itu bikin modus yang macam-macam. Kan lebih enak menggunakan kreativitasnya untuk mencari nafkah dengan halal dan membantu orang lain, hehe…. Setuju?🙂

30 Responses to “Modus”


  1. 1 nuel November 20, 2013 at 2:54 pm

    Kadang menipu sama memelas bedanya tipis… LOL

  2. 4 Ririn November 20, 2013 at 5:19 pm

    Iya memang kita harus hati-hati apabila bertemu dengan orang yang belum kenal, tapi tiba-tiba sok kenal dan sok akrab. Bisa jadi modus ingin menipu atau mungkin ingin berbuat jahat kepada kita. Ini posting kok nggak ada judul nya ya mas? hehehe😀

  3. 6 Intan Sudibjo November 20, 2013 at 7:08 pm

    untung saya tinggal di kampung, jadi tingkat penipuannya kecil hehe

  4. 8 lazione budy November 21, 2013 at 3:01 am

    Endonesah gitu lho…
    Urusan perut menghalalkan segala cara.
    Waspada saja.

  5. 10 indobrad November 21, 2013 at 3:21 am

    banyak banget cara utk menipu. kalau saya sih trik yg penting adalah jutek, gak menanggapi approach orang yg gak dikenal

  6. 12 budimajid November 21, 2013 at 4:35 pm

    itu memang jiwanya sudah sakit, cari uang dengan menipu..

  7. 14 giewahyudi November 21, 2013 at 6:15 pm

    Modus penipuan itu banyak banget, kalau kita orangnya terlalu baik pasti ketipu. Selain itu modusnya juga terus diperbarui sama mereka lho, jadi waspada aja..

  8. 16 Rohis Facebook November 21, 2013 at 11:03 pm

    makax hati2 gan, klo kemana2 hrs bawa tukang pukul hhehe…

  9. 18 BlogS oF Hariyanto November 21, 2013 at 11:21 pm

    sekarang ini modus-nya aneh-aneh…bukan hanya soal tipu menipu…tapi ada juga yang modusnya demi mengikuti hawa nafsu pingin punya banyak istri ,,maka rela melakukan korupsi…..🙂

  10. 20 Baskoro November 22, 2013 at 6:11 am

    Modus mendapatkan cewek paling ngetrend haha

  11. 22 nisa November 22, 2013 at 10:16 am

    jadi bingung jaman sekarang ini niat baik ingin nolong tapi kalau berujung kita yg ditipu cukup buat gondok juga si ya. secara pernah punya pengalaman gak enak hahaha

  12. 24 Pypy November 22, 2013 at 10:27 am

    Gemess memang sma oknum2 gini.. bikin kita skeptis kalo ada org yg butuh bantuan.. Tar malah yg bener2 butuh jadi ga ketolong..huhuhu

  13. 26 harumhutan November 22, 2013 at 12:44 pm

    stujuu..

    dan memang benar modusnya macem macem sekarang ini..
    klo diangkot suka ada yang pura pura muntah,ato kadang mijitin…

    biasanya gerombolan naeknya

    kehati hatian memang penting dan diperlukan…

    nah itu giliran orang yang bener bener butuh pertolongan malah ga percaya

  14. 28 arip November 23, 2013 at 10:20 am

    Haha, kalau di kalangan anak muda mah si kata modus ini kebanyakan diasosiasikannya dalam hal percintaan.😀

  15. 30 vania June 10, 2014 at 11:11 am

    perna ada yang tau modus medel cari jodoh via online? sharing donk klo ada yang tau?


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s




Enter your email address to follow this blog and receive notifications of new posts by email.

Join 1,986 other followers

Selamat Datang!

Kategori

Twitter

Arsip


%d bloggers like this: