[Review Buku] Setahun Berkisah

Setahun-Berkisah

Rayakan hari ini, karena besok selalu menjadi hari baru -mungkin pula, cinta yang baru. (Bukuné)

Hari raya selalu meninggalkan kesan. Ada kalanya kita bergembira karena berkumpul dengan saudara, atau bisa juga kita bersedih karena ada sesuatu yang tidak sesuai dengan harapan. Tapi apa pun itu, selalu ada cerita yang menyertai hari raya.

Buku ini berisi 8 kisah cinta dari 8 penulis. Meskipun kedelapan cerita itu berdiri sendiri-sendiri, tapi ada benang merah yang menghubungkannya, yakni settingnya sama-sama bertemakan hari raya. Tidak hanya hari raya agama seperti lebaran dan natal, tapi juga hari biasa yang dirayakan, seperti valentine dan hallowen.

Mungkin karena itulah buku ini diberi judul Setahun Berkisah: Cerita (Cinta) pada Setiap Musim.

Buku ini terdiri dari 312 halaman, dan hanya ada 8 cerita. Teman-teman bisa membayangkan sendiri, betapa panjangnya satu cerita. Namun, hampir semuanya memiliki alur penulisan yang bagus sehingga saya nggak terlalu jenuh membacanya.

Namanya saja kumpulan cerita dari beberapa penulis, jadi setiap cerita memiliki keunikan, kekhasan, dan karakter masing-masing. Ada yang lucu, manis, dan menyentuh.

Dari segi alur dan ide cerita, saya suka tulisan yang berjudul Se(d)jarah karya Roy Saputra. Berisi kisah tentang seorang pemuda yang berusaha memecahkan petunjuk dari gebetannya. Petunjuk itu akan mengantarkannya pada jawaban atas pernyataan cinta yang pernah ia lontarkan kepada si gebetan. Alur ceritanya bagus, dan ending-nya nggak terduga!

Kalau dari segi diksi dan gaya tulisan, saya suka cerita yang berjudul Bukan Lagu Cinta karya Faizal Reza. Dalam cerita itu, seorang pemuda mengisahkan pengalaman cintanya, dalam rangka mengisi sebuah segmen siaran radio komunitas. Mas Faizal Reza menuliskan cerita ini dengan manis, lembut, dan tenang. Membacanya bikin mood jadi enak

Oh iya, meskipun kisah cinta sepasang kekasih mengambil porsi besar dalam buku ini, tapi ada juga cinta antara kakak-adik, serta orangtua-anak. Jadi nggak melulu cerita tentang orang pacaran yang kadang-kadang bikin bosan, hehe….

Apakah teman-teman punya kisah cinta juga pada hari raya?

****

Judul: Setahun Berkisah: Cerita Cinta pada Setiap Musim

Penulis: Wira Triasmara Surya, Roy Saputra, Anita Prabowo, Dannie Faizal, Maradilla Syachridar, Pribadi Prananta, Faizal Reza, Twelvi Febrina

Tebal: iv + 312 halaman

Tahun: 2013

Penerbit: Bukuné

23 Responses to “[Review Buku] Setahun Berkisah”


  1. 1 Danni Moring November 2, 2013 at 1:44 pm

    wah belum pernah baca bukunya mas..🙂

  2. 3 pursuingmydreams November 2, 2013 at 2:24 pm

    Cinta begitu luas, jadi tidak hanya diantara sepasang kekasih. Kisah cinta orangtua anak atau adik kakak juga merupakan cinta yang layak di ceritakan ya, jadi pengen baca bukunya deh😉 .

  3. 5 nuel November 2, 2013 at 4:35 pm

    Mau nanya, ini postingan dibuat dalam rangka job review dari bukune kah? kalau iya, aku tertarik.. gimana daftarnya yah?

  4. 7 Ririn November 2, 2013 at 8:06 pm

    Kalau membaca artikel ini semacam kayak resensi buku ya mas. Pasti mas ditter sudah khatam buku tersebut🙂
    Luar biasa ya konten dari buku tersebut. Jadi menceritakan kisah kehidupan selama setahun bersama dengan saudara, pacar, teman, keluarga, dan teman sekelas🙂

  5. 9 rizkythoriqzone November 2, 2013 at 11:20 pm

    biasanya satu buku penulisnya cuma satu oranmg, ini ada 8 orang, wah hebat nih mas, baru saya tahu nih penulis sebuah buku sampai 8 orang

  6. 12 Intan Sudibjo November 3, 2013 at 9:07 am

    8 penulis dan 8 kisah cinta, saya tertarik untuk membacanya, makasih gan buat infonya🙂

  7. 14 Baskoro November 3, 2013 at 12:29 pm

    8 Penulis sob, itu yang membuat saya ngiler haha

  8. 16 hendronurkholis November 4, 2013 at 10:27 am

    saya sering liat buku ini nih bersliweran di TL😀, tapi blom sempat baca. Cerita karya mas Pip (Pribadi Prananta) gimna mas?

  9. 18 Pypy November 4, 2013 at 1:46 pm

    Sayang nih hobi baca buku lagi ditahan dulu, ga ada tempat buat nyimpennya soale dikamar hikkss

  10. 19 ditter November 4, 2013 at 10:54 pm

    Wih, berarti koleksi sebelumnya buanyak banget ya, Mbak. Keren!🙂

  11. 20 lazione budy November 5, 2013 at 4:49 am

    Harganya berapa, sekarang penerbit Bukune makin berkibar dengan banyaknya terbitannya berkualitas. Salute saya.

  12. 22 harumhutan November 6, 2013 at 10:57 am

    sepertinya seru terlebih gabungan dari beberapa penulis..

    **masuk list ga yah🙄


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s




Enter your email address to follow this blog and receive notifications of new posts by email.

Join 1,985 other followers

Selamat Datang!

Kategori

Twitter

Arsip


%d bloggers like this: