Novel

Beberapa hari yang lalu saya baru saja menyelesaikan sebuah draft novel. Bentuknya personal literature komedi. Setelah diprint dan dijilid, draft itu langsung saya kirim ke sebuah penerbit di Jakarta. Sekarang masih menunggu jawaban dari penerbit tersebut. Katanya sih jawabannya paling lambat 3 bulan. Doakan, ya!

Kira-kira sudah lebih dari dua tahun yang lalu saya pengen menulis novel itu. Tapi, baru beberapa bulan terakhir kemarin saya mulai berkomitmen dan serius untuk mengerjakannya. Syukurlah bisa selesai. Yah, prosesnya lumayan lama sih, hampir setengah tahun, hahaha…. Soalnya saya cukup kesulitan membagi waktu. Pekerjaan di kantor dan pekerjaan freelance yang saya lakoni cukup menyita waktu, tenaga, dan pikiran.

Saya ingin berkarya dan menghasilkan sesuatu. Mungkin awalnya kualitas karya yang saya hasilkan kurang bagus. Tapi saya yakin lama-kelamaan mampu menghasilkan karya yang baik. Syaratnya tadi itu, berusaha terus produktif, karena hal tersebut merupakan bagian dari proses dan sarana melatih diri. Oh iya, harus fokus juga supaya bisa selesai sesuai target.

Saya tertarik dengan dunia remaja, dan saat ini berminat untuk menulis novel dengan latar belakang dan sasaran pembaca remaja. Ini saya baru mau menulis novel lagi, targetnya dua bulan selesai. Idenya matangnya sih belum ada. Beberapa hari ke depan saya mau mulai riset dan baca novel-novel dengan genre serupa, mudah-mudahan bisa menghasilkan ide yang lain daripada yang lain.

Semoga rencana saya ini bisa terlakoni dan selesai sesuai target, mengingat tantangannya cukup besar. Lagi-lagi karena besarnya volume pekerjaan kantor dan freelance, sementara saya belum siap kalau harus mengurangi waktu tidur, hehe….

Wish me luck!🙂

19 Responses to “Novel”


  1. 1 emmachan24 July 21, 2013 at 9:03 pm

    semoga lancar dan sesuai dengan apa yang ditargetkan mas ,,

  2. 2 Ryan July 21, 2013 at 9:38 pm

    amin. semoga mendapatkan kabar gembira ya.

  3. 3 rusydi hikmawan July 22, 2013 at 12:49 am

    nah keren tuh. blogger emang mesti punya karya, wlau sekali dalam seumur hidup. bloger sekarang udah banyak yg kehilangan orientasi blogging. sekedar ikut lomba2 blog, kontes GA sana sini, seo, sampe ngulas produk lingerie (pakaian dalam wanita). apa gak gila tuh

  4. 4 duniaely July 22, 2013 at 8:51 am

    Semoga sukses nulis novelnya ya Ditter , wah … sekarang sudah berdomain sendiri ya, keren … selamat ya🙂

    • 6 ditter July 24, 2013 at 10:24 pm

      @Mbak Emma: Amin…. terima kasih, Mbak🙂

      @Mas Ryan: Aminnnn….

      @Rusydi Hikmawan: Yah, mungkin justru itu mas orientasi bloggingnya😉

      @Mbak Ely: Amiinnn… terima kasih ya, Mbak! Iya nih, sudah pakai domain, biar tambah semangat, hehehe….😀

      @Dea: Terima kasih!

  5. 7 yisha July 22, 2013 at 1:31 pm

    sabar ya ka………..

  6. 9 Said Rahman July 23, 2013 at 4:45 am

    amin
    semoga niatnya terwujud.
    Salut dg semangatnya, apalagi kalau aktivitasnya serba padat

  7. 10 harisspirit July 23, 2013 at 10:06 am

    wah moga novelnya segera terbit. Dulu saya juga bikin novel sebagai hadiah kehamilan istri, ada penerbit mayor yang nyetak beuh rasanya asyik banget🙂

  8. 11 arip July 23, 2013 at 10:46 pm

    Wah mau bikin teenlit nih. hehe.:mrgreen:

  9. 12 ditter July 24, 2013 at 10:25 pm

    @Yisha: Sabar apanya nih, hehe….

    @Fauzi: Saya juga nunggu nih, haha….

    @Said Rahman: Aminnn…. terima kasih!

    @Mas Haris: Wah, keren, Mas!😀

    @Arip: Betul mas, hahaha….

  10. 13 Annie Tjia July 25, 2013 at 10:38 am

    Dulu aku juga punya keinginan begitu, tapi entah kenapa setiap ingin nulis novel rasanya ada aja yang kurang di tulisan. Sekarang lebih milih jadi pembaca aja deh.
    Semoga novelnya bisa terbit ya.

  11. 14 Vicky Laurentina July 26, 2013 at 10:33 am

    Eh..kalo udah jadi diterbitkan, aku mau dong jadi komentatornya..

  12. 15 nuel July 26, 2013 at 1:46 pm

    Eh novel sama persolan literature itu dua hal berbeda, lho… Satu murni fiksi, satu yah fakta… Hehehe

    • 16 ditter July 27, 2013 at 4:10 pm

      @Annie Tjia: Amin… terima kasih!🙂

      @Mbak Vicky: Malu ah, Mbak Vicky kan tingkatannya udah tinggi, haha….

      @Nuel: Beda, ya? Sebenarnya personal literature bisa fiksi juga, tapi berdasarkan kisah nyata..


  1. 1 Catatan gado-gado Trackback on July 27, 2013 at 2:59 pm
  2. 2 Baca Buku Lama | Catatan gado-gado Trackback on September 11, 2013 at 6:36 am
  3. 3 Proses Terbit Novel Anak Kampus | Catatan gado-gado Trackback on January 14, 2014 at 9:07 am

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s




Enter your email address to follow this blog and receive notifications of new posts by email.

Join 1,985 other followers

Selamat Datang!

Kategori

Twitter

Arsip


%d bloggers like this: