Nyoba Soto Djancuk

Beberapa minggu terakhir ini saya sering berwisata kuliner bersama teman-teman. Kebetulan ada salah satu teman yang punya pengetahuan yang luas tentang kuliner. Dia tahu banyak tempat makan enak dan khas di kota Jogja.

Kemarin (18/7) petang setelah membatalkan puasa dan maghriban, kami meluncur ke daerah Sonopakis, Jogja, mau nyoba sebuah makanan yang unik. Namanya Soto Djancuk. Di warungnya ada tulisan bahwa masakan itu khas Surabaya.

Warung makannya cukup luas, nyantai, dan sangat sederhana. Sebenarnya tempatnya itu adalah rumah biasa yang disulap jadi warung. Kalau makan di situ, jadinya serasa makan di rumah sendiri, karena sangat nyantai. Bangunan yang sederhana dengan tembok yang belum diplester mengingatkan kita pada rumah-rumah di desa. Suasananya asyik.

Satu hal yang membuat saya kurang nyaman, lampunya kurang terang, cuma pakai bola lampu dalam watt yang kecil. Padahal sekarang pos kamling aja sudah pakai lampu neon, hehe…. Yah, mungkin memang sengaja dibuat seperti itu demi menghadirkan suasana tempo dulu.

Saya memesan satu porsi Soto Djancuk. Rupanya dihidangkan dalam sebuah mangkuk yang sangat kecil, seperti mangkuk untuk minuman. Isinya standar, yakni nasi, tauge, daging sapi, dan bahan-bahan lain seperti soto pada umumnya. Saya kurang paham kenapa disebut Soto Djancuk. Sayang sekali, saya nggak sempat menanyakannya ke ibu yang jual.

Rasa sotonya menurut saya enak kok. Porsinya pas untuk berbuka puasa. Kalau masih lapar bisa ditambah gorengan yang turut disajikan oleh si penjual. Lagi-lagi sayang, saya nggak bisa foto makanannya, soalnya tempatnya agak remang-remang, sementara kamera ponsel saya ngga ada blitz-nya, hehe….

Kami mengobrol lumayan lama di sana. Tempatnya asyik buat ngobrol sih, nyantai. Setelah puas, kami pun pulang dalam kondisi kenyang.:-)

Teman-teman pernah mendengar nama soto djancuk?

18 Responses to “Nyoba Soto Djancuk”


  1. 1 anz1el July 18, 2013 at 10:05 pm

    hedeh… namanya….. wkwkwkwk

  2. 2 Ryan July 18, 2013 at 10:13 pm

    penasaran kenapa namanya itu.

  3. 3 pursuingmydreams July 18, 2013 at 10:39 pm

    Kalau lampunya remang-remang mungkin supaya hemat listrik😆 .
    Saya belum pernah dengar soto djancuk, ada fotonya ga?.

  4. 4 emmachan24 July 18, 2013 at 11:43 pm

    aku baru dengar,,nama sotonya asing ditelingaku
    tapi isinya sama aja yaa dengan soto2 disini pd umumnya,,

  5. 5 ilyasafsoh.com July 19, 2013 at 5:38 am

    iya sobat

    • 6 ditter July 21, 2013 at 9:05 pm

      @anz1el: Namanya memang unik, haha….

      @Ryan: Mungkin untuk memancing perhatian aja, hehe….

      @Pursuingmydreams: Fotonya nggak jadi, soalnya kurang cahaya, hehe….

      @Emmachan24: Isinya kayaknya sama, tapi bumbu kuahnya sepertinya agak beda..😀

      @Ilyafsof.com: Terima kasih sudah berkunjung🙂

  6. 7 nuel July 19, 2013 at 8:45 am

    Namanya bikin ilfeel, Min….
    😦

    Kenapa harus jancuk? -_-

  7. 8 harisspirit July 19, 2013 at 11:05 am

    Berarti harus nyoba Mie Janda di Cibinong nih🙂

  8. 9 Fauzi July 19, 2013 at 3:57 pm

    Astaga, keren gila namanya…

  9. 10 Pendar Bintang July 19, 2013 at 4:12 pm

    Bukannya makan itu enak kalau suasananya remang-remang?
    He he he he

  10. 11 abi_gilang July 19, 2013 at 6:53 pm

    Tapi nggak lupa bayar kan sebelum pulang:mrgreen: Duh kapan ya akang maen ke jogja lagi #ngeliriksaldo

  11. 12 yisha July 20, 2013 at 11:10 am

    yisha baru tau ada soto ini…….. 😉

  12. 13 arip July 20, 2013 at 2:26 pm

    Penyuka soto nih. Tapi namanya itu bikin gmn gitu.

  13. 14 ditter July 21, 2013 at 9:09 pm

    @Nuel: Masak bikin ilfil mas? Tapi rasanya lumayan enak lho, hehe….

    @Harisspirit: Wah, boleh nih. Tapi jauh mas :))

    @Fauzi: Emang situ tau artinya? :p

    @Pendar Bintang: Kalau sama pacar atau pasangan mungkin enak mbak, haha….

    @Abi_gilang: Nggak lupa dong, hehe… Ayo, main-main lagi ke Jogja😀

    @Yisha: Saya juga baru tahu kemarin itu karena diajak teman😀

    @Arip: Soto itu enak dan menyegarkan😀


  1. 1 Nyoba Sate Klathak | Catatan gado-gado Trackback on July 24, 2013 at 11:58 am
  2. 2 Kamera | Catatan gado-gado Trackback on August 1, 2013 at 4:24 am
  3. 3 Merusak Rasa | Catatan sehari-hari Trackback on January 12, 2015 at 9:04 am

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s




Enter your email address to follow this blog and receive notifications of new posts by email.

Join 1,985 other followers

Selamat Datang!

Kategori

Twitter

Arsip


%d bloggers like this: