Art Jog 2013

Sore-sore di hari libur paling asyik jalan-jalan sambil menanti buka puasa. Itu yang saya lakukan malam minggu kemarin (13/7) bersama beberapa teman. Pilihan tempat yang kami datangi untuk ngabuburit adalah Art Jog 2013 di Taman Budaya Yogyakarta (TBY).

Hmmm… beberapa hari sebelumnya saya sudah ke TBY yang saat itu sedang ada event Pasar Kangen Jogja. Di tempat itu memang sering diadakan event keren😀

Art Jog merupakan pameran seni yang diadakan setiap tahun. Nah, tahun ini berlangsung dari 6 sampai 20 Juli 2013. Tema yang diangkat kali ini adalah budaya maritim.

Bagian depan gedung ditutupi oleh lembaran besi bekas tong. Katanya sih untuk memberi gambaran dinding kapal. Kesannya jadi unik. Pas masuk, kita akan menjumpai berbagai karya seni apik yang ditata dengan rapi.

“Di laut kita jaya, di darat kita buaya.”

Itu salah satu quote yang saya lihat di pameran tersebut. Monggo teman-teman meresapinya sesuai dengan imajinasi masing-masing.

Ada banyak karya seni berupa lukisan dan instalasi yang sangat menarik. Saya terhibur melihat-lihat karya yang memanjakan mata dan imajinasi. Sayang sekali, foto-foto yang saya ambil cuma sedikit.Untuk teman-teman yang di Jogja, mending langsung ke sana aja ya supaya nggak penasaran, hehe….

Oh iya, sebenarnya saya nggak terlalu paham dengan seni rupa, tapi saya senang menikmatinya. Rasanya lebih asyik daripada cuci mata di mal. Mungkin saya kurang mampu menangkap keindahan sebuah karya seni rupa. Tapi saya sering larut dalam upaya menangkap pesan yang ingin disampaikan oleh si seniman lewat karyanya. Kadang saya juga merasa penasaran dengan cara dan proses pembuatannya.

Ini sedikit oleh-oleh foto dari saya.

"Bahtera Kaum Urban", karya Michael Maxon

“Bahtera Kaum Urban”, karya Michael Maxon

"Thalassaphobia", Dhanang Pambayun

“Thalassaphobia”, Dhanang Pambayun

"Orang Hilang", karya Haris Purnomo

“Orang Hilang”, karya Haris Purnomo

Teman-teman pernah datang ke pameran seni?

9 Responses to “Art Jog 2013”


  1. 1 Fauzi July 17, 2013 at 12:17 am

    Wah, saya kok nggak ngerti, ya maksudnya. Emang ngerti?

  2. 2 ğύяύ яύşýĎéé™ (@gurusydi) July 17, 2013 at 2:49 am

    gak ada yang yangkal YK sebagai kota budaya, penuh seni di sana sini. apalgi mural di bawah jembatan layang itu. banyak kenangan sy dapat di sana. bringharjo, taman pintar, malioboro, dll. bisa banyak kotak komentar ini kalo sy tulis.

  3. 3 dea July 17, 2013 at 7:51 am

    wah aku belum pernah tuh ke pameran seni,,

  4. 4 harisspirit July 17, 2013 at 3:13 pm

    bener2 artistik, Jogja memang TOP deh🙂

  5. 5 yisha July 18, 2013 at 7:11 am

    yisha ngga pernah. kaka sih ngga ngajak yisha…….

  6. 6 nuel July 18, 2013 at 8:40 am

    Bingung mau ngapain di sana, kalau aku mah.. Kurang ngerti seni juga sih… Hehehe

    • 7 ditter July 18, 2013 at 10:46 pm

      @Fauzi: Sebenarnya saya kurang ngerti juga, cuma meraba-raba sesuai imajinasi saya aja, hehe….

      @gururusydi: Yah, kota ini memang pemuas dahaga para seniman🙂

      @Dea: Asyik lho mbak. Kapan2 nyoba aja😉

      @Harisspirit: Setuju!

      @Yisha: Ayo.. ayo ke sana….😀

      @Nuel: Lihat-lihat aja sob, banyak yang bagus, hehe….

  7. 9 ditter July 21, 2013 at 8:30 pm

    Kalau diuraikan, bisa jadi panjang, imajinasi saya nggak terbatas, haha…. :p

    Saya dapat penjelasan, gambar yang paling bawah itu tentang orang-orang yang hilang karena diculik dan sebab-sebab lainnya di tengah suasana politik yang memanas.


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s




Enter your email address to follow this blog and receive notifications of new posts by email.

Join 1,988 other followers

Selamat Datang!

Kategori

Twitter

Arsip


%d bloggers like this: