Pasar Kangen Jogja

Hari Sabtu (22/6) yang lalu saya bersama beberapa teman jalan-jalan ke Pasar Kangen Jogja. Sesuai dengan namanya, di tempat ini banyak terdapat jajanan tradisional serta barang-barang antik, misalnya koleksi buku atau koran edisi lama. Kemarin saya sempat lihat koran terbitan tahun 70-an. Warnanya sudah kuning gitu, hehe….

Pasar Kangen Jogja bukan merupakan pasar yang menetap, melainkan even tahunan. Tahun 2013 ini adalah yang ketiga kalinya. Dilaksanakan di Taman Budaya Yogyakarta (TBY) mulai 19 hingga 24 Juni. Baru kali inilah saya datang ke sana.

Konsep Pasar Kangen Jogja sangat unik. Para peserta even memakai pakaian adat jawa. Selain menghadirkan aneka jajanan tradisional yang mulai sulit ditemukan, juga ada pameran batik, serta hiburan seni rakyat, yakni pentas ketoprak, wayang orang, dalang anak, wayang kulit, dan reog.

Oh iya, saya menemukan buku ini di sana. Ini barang kenangan banget buat saya. Dulu pas SD saya beli banyak edisinya.

IMG_20130622_210331

Ini salah satu foto batik yang ada di dalam museum. Koleksinya banyak yang menarik, lho. Kebetulan dulu saya pernah belajar membuat batik, jadi tahulah sedikit-sedikit, hehe….

IMG_20130622_204708

IMG_20130622_204425

Kurator jadi-jadian :p

Semoga tahun depan bisa diadakan lagi. Soalnya even ini keren. Mengakomodasi para seniman untuk menunjukkan karya mereka, juga menghadirkan hiburan serta kenangan bagi para pengunjungnya🙂

IMG_20130622_202610

Gerbang masuk Pasar Kangen Jogja

11 Responses to “Pasar Kangen Jogja”


  1. 1 papapz June 28, 2013 at 11:01 pm

    asik juga mas ada pasar seperti itu ya mas.. o yah komik petruk tatang S memang jadi legenda masih inget pas SD masih jaman komik ini, tapi sekarang kayanya udah gak familiar ya hehe

  2. 2 ryan June 29, 2013 at 12:27 am

    kayaknya seru banget ya…

  3. 3 lazione budy June 29, 2013 at 4:03 am

    ada di Kompas kemarin.😀

  4. 4 Akhmad Muhaimin Azzet June 29, 2013 at 10:49 am

    Pasar Kangen juga memang okeeee…. Saya suka koleksi buku2nya.

  5. 5 Dhenok Habibie June 30, 2013 at 10:11 am

    dulu dhe juga suka baca buku itu lho, seri petruk itu kan kalo gk salah?? haaaaah, kok dhe berasa kita jadi seumuran yaa padahal kan tua kamu jauh. hahahahaha😛

    • 6 ditter July 2, 2013 at 9:56 pm

      @Papapz: Iya, sekarang sudah nyaris punah, hehe…😀

      @Ryan: Seru, Mas!

      @Lazione Budy: Iyaa, diliput juga sama koran-koran lainnya😀

      @Akhmad Muhaimin Azzet: Iya, banyak buku bagus edisi lama di sana. Cocok buat penulis yang haus akan ide dan referensi, hehe….🙂

      @Dhe: Kita kan emang seumuraaaaan… hahaha….

  6. 8 Faradiba Achmadi July 1, 2013 at 8:56 am

    Pingin banget ke Yogyakarta, banyak makanan dan pasar seni yang menarik untuk dikunjungi.

    • 9 ditter July 2, 2013 at 9:57 pm

      @Red: Iya, judulnya begitu, hahaha….

      @Faradiba Achmadi: Hayukk main2 ke Jogja, Mbak. Nanti kita dan teman-teman lainnya bisa kopdar🙂


  1. 1 Art Jog 2013 | Catatan gado-gado Trackback on July 16, 2013 at 10:09 pm
  2. 2 Pasar Malam | Catatan gado-gado Trackback on December 25, 2013 at 9:09 am

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s




Enter your email address to follow this blog and receive notifications of new posts by email.

Join 1,985 other followers

Selamat Datang!

Kategori

Twitter

Arsip


%d bloggers like this: