Rekoso

Judul postingan ini menggunakan bahasa Jawa, artinya ‘susah’. Kalau nggak salah sebenarnya tulisannya ‘rekasa’, tapi dibaca ‘rekoso’.

Beberapa hari yang lalu saya mendengar cerita dari kawan saya tentang dua pengusaha lokal. Kini mereka sudah bisa dibilang sukses. Bila mimpi sebagian besar orang adalah memiliki rumah bagus yang nyaman dan mobil mahal, mereka sudah mencapainya. Tapi, dibalik itu semua, ternyata mereka sempat mengalami masa-masa rekoso, yakni ketika memulai usaha.

Sebelumnya saya sudah sering mendengar tentang kesuksesan dua pengusaha itu. Kebetulan saya memang tahu orangnya. Saya juga telah menyaksikan beberapa kekayaan mereka. Tapi, baru-baru ini saja saya mendapat cerita tentang masa-masa rekoso dua pengusaha itu.

Kadang saya merasa saat ini kondisi saya cukup rekoso, tapi ternyata hidup mereka dulu lebih susah. Hal itu ngga cuma berlangsung selama satu-dua tahun, tetapi hingga lebih dari lima tahun. Ternyata mereka tahan dan sanggup melewatinya. Ikhtiar terus dikibarkan, doa senantiasa dipanjatkan. Luar biasa, setelah sepuluh tahun, hidup mereka jauh jauh jauh lebih baik.

Saya dapat pesan, kalau kita sedang berada dalam masa rekoso, maka bersabarlah dan jangan sampai putus asa. Kalau baru satu-dua tahun sih katanya biasa. Banyak yang lebih dari itu. Apa pun yang terjadi, doa dan ikhtiar tidak boleh terputus. Memang, wajar apabila sesekali semangat kita turun dihajar oleh berbagai hambatan. Tapi, kita tidak boleh terlalu larut dalam kelesuan. Semangat harus kembali pulih. Dengan melakukan itu semua, masa-masa rekoso akan lebih cepat lewat. Dan konon hal ini berlaku pula sebaliknya🙂

1 Response to “Rekoso”


  1. 1 evakasih April 27, 2013 at 7:21 am

    aset yang paling berharga dalam diri kita adalah karakter kita


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s




Enter your email address to follow this blog and receive notifications of new posts by email.

Join 1,988 other followers

Selamat Datang!

Kategori

Twitter

Arsip


%d bloggers like this: