Wisata ke Luar Negeri

Saya amati akhir-akhir ini semakin banyak saja teman-teman saya yang berwisata ke luar negeri. Mereka semua masih muda, bahkan sebagian belum bekerja alias masih menyandang status mahasiswa. Awalnya saya heran, kok bisa ya mereka wisata jauh-jauh begitu. Uang dari mana? Belakangan saya tahu bahwa ternyata total uang yang mereka habiskan tidak terlalu banyak.

Ada banyak cara yang bisa dilakukan. Yang pokok adalah mencari tiket promo. Harganya bisa jauh lebih murah daripada harga normal. Selanjutnya mereka punya trik-trik khusus wisata murah ala backpacker.

Sepulang dari wisata, mereka punya banyak cerita. Wow, saya kagum. Mereka mendapatkan banyak pengalaman seru. Menyelesaikan masalah-masalah di sepanjang perjalanan yang begitu menantang, di daerah yang sama sekali belum pernah mereka datangi. Wow… wow….

Meski demikian, tetap ada yang mencibir, buat apa wisata ke luar negeri? Itu sama saja ngasih duit ke negeri lain. Mending wisata di dalam negeri aja. Ada banyak objek wisata yang unik dan menarik. Wisatawan dari luar negeri aja banyak yang berlibur ke Indonesia, ini orang Indonesia malah pada berwisata ke negara lain.

Well, saya nggak menyalahkan pendapat itu sih. Karakter objek wisata di Indonesia dengan negeri lain (katakanlah Singapura) jauh berbeda. Objek wisata di Indonesia kebanyakan merupakan objek wisata alam, sementara negara lain lebih ke wisata yang mengunggulkan teknologi, misalnya wisata kota. Tinggal pilih aja, lebih suka yang mana, hehe….

Kalau saya sendiri ada sih keinginan untuk backpacker-an ke luar negeri, misalnya Singapura atau Jepang. Saya ingin melihat keteraturan di sana. Katanya di sana serba teratur. Sangat teratur. Hal yang cukup sulit ditemukan di sini. Kalau saya bisa menikmati keteraturan tersebut meski sebentar, itu sudah termasuk wisata. Saya terkesan dengan cerita teman-teman tentang pengalaman mereka di sana. Yah, semoga suatu saat saya bisa ke sana juga, hehe….🙂

8 Responses to “Wisata ke Luar Negeri”


  1. 1 chachu March 27, 2013 at 12:41 pm

    eh sama mas, saya juga pengen banget jalan2 ke singapura dan jepang dengan alasan pengen melihat sendiri keteraturan masyarakat mereka heheheh…
    walaupun saya belum pernah ke luar negeri, tadi dapet cerita dari teman2 yang sudah pernah katanya ke LN itu bisa bikin keberanian kita untuk berpetualang lebih keluar, banyak kenalan (turis2 asing), banyak belajar budaya dan tentunya mengasah kemampuan bahasa inggris hehehe… jadi saya pengen juga sih..

    • 2 Vicky Laurentina March 29, 2013 at 11:45 pm

      Chachu bener. Ada banyak dampak positif yang bisa ditarik dari pergi ke luar negeri, bukan sekedar buang devisa ke negeri orang. Mempelajari budaya, membuka wawasan, itu jelas jauh lebih penting.

      Mindset-nya dulu yang harus dipasang supaya nggak sampai takut bangkrut gara-gara pergi keluar negeri. Biasakan berpikir “saya ingin keluar negeri untuk membeli pengalaman”, bukan “untuk membeli souvenir”. Mungkin uang kita akan habis, tapi jika pengalaman itu bisa membuat kita berpikir lebih baik di kemudian hari, maka sesungguhnya kita bukan bangkrut, tapi dapet untung.

  2. 3 niqué March 27, 2013 at 1:43 pm

    yang jelas saya bilang, jadi turis di negeri sendiri itu MAHAL😀
    kayak saya kemarin ke semarang doang aja, cuma 3hari = 4.5jt, itu udah gak pake hotel karena ada yg ditebengin. sementara saya udah ke negeri jiran dengan dana di bawah itu. bayangin tuh, apa gak nyesek😀 pengennya kan klo jalan2 di dalam negeri mbok ya keluar dananya gak mpe berjut2 gitu hehehe

    tapi saya ya, ke negeri jiran sih cukup 1x aja. gak abis pikir jg sama yg rajin ke sana bolak balik. kecuali sekalian jauh misal ke jepang/korea gitu ya, saya masih minat😀

  3. 4 Puji Lestari March 28, 2013 at 5:39 am

    saya pun berharap semoga suatu saat bisa melawat ke luar negeri…🙂

    • 5 ditter April 17, 2013 at 6:49 am

      @Chachu: Iya, kayaknya asyik, yaaa…. ayo.. ayo.. nabung…😀

      @Mbak Vicky: Iya mbak, harapannya sih wawasan kita bisa kebuka, bagaimana berada di tempat yang berbeda budaya sebagai minoritas…🙂

      @Niqué: Iya, mahal banget… Pemerintah belum memperhatikan sektor pariwisata dengan baik….,

      @Puji Lestari: Semoga terwujud, Mbak. Amin….🙂

  4. 6 paket wisata ijen August 6, 2015 at 11:19 am

    Thanks for the good writeup. It in truth was a entertainment account it.
    Look complicated to far added agreeable from you!
    However, how could we keep up a correspondence?


  1. 1 Cara Buat Paspor di Yogyakarta | Home Trackback on May 24, 2013 at 8:25 am
  2. 2 More about the author Trackback on September 18, 2014 at 5:38 am

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s




Enter your email address to follow this blog and receive notifications of new posts by email.

Join 1,985 other followers

Selamat Datang!

Kategori

Twitter

Arsip


%d bloggers like this: