Calon Pembeli di Toko Online

Kemarin selama hampir setengah hari, saya disibukkan oleh salah satu calon pembeli buku anak di revista-shop.com, toko online yang saya kelola. Beliau bertanya banyak sekali, khususnya tentang gambaran isi buku. Berhubung komunikasi dilakukan lewat sms, tentu saya ngga bisa menjelaskannya dengan detail.

Supaya si ibu (calon pembeli) bisa mendapatkan informasi yang menyeluruh, saya menyarankan beliau untuk membacanya di website. Saya sampaikan bahwa di sana ada sinopsis buku, informasi ukuran, harga, dan sebagainya. Beliau pun sudah mengerti bahwa di sana ada informasi yang cukup lengkap, sebab saat itu beliau sedang membuka website tersebut. Namun, sepertinya beliau tidak berkenan membacanya dan lebih senang bertanya langsung via sms.

Saya berusaha melayani seramah mungkin. Dengan sabar saya menjawab pertanyaan-pertanyaan si Ibu yang bertubi-tubi. Sebenarnya saya sih sedikit kesal, karena pertanyaan tersebut banyak yang diulang-ulang, padahal saya sudah menjawabnya. Kesannya si ibu seperti main-main. Capek juga lho ngetik sms yang panjang-panjang, hehe….

Saya sempat berpikir negatif, jangan-jangan si ibu memang tidak berniat beli dan sekadar mempermainkan saya aja. Tapi, saya berusaha menepis pikiran itu. Setelah sms-an panjang lebar, beliau akhirnya memastikan judul buku apa saja yang hendak beliau ambil. Namun, tidak lama kemudian, beliau tiba-tiba merasa ragu untuk membayarnya (transfer) karena takut tertipu! Weeh….

Dengan sabar saya jelaskan bahwa toko online buku anak revista-shop.com bisa dipercaya. Di web itu pun tertera daftar nomor resi dari paket yang pernah dikirim, dan itu ngga bisa dimanipulasi.

Setelah menjelaskan hal itu, berikutnya saya ngga banyak berharap. Kalaupun si ibu ngga jadi beli, saya ngga akan memaksa. Itu adalah salah satu risiko yang harus saya tanggung sebagai pengelola toko online.

Setelah beberapa saat, si ibu sms bahwa ia jadi ambil buku yang sudah dipesan, dan akan segera membayarnya. Benar saja, beberapa menit kemudian uang pembayaran telah masuk ke rekening saya. Paket segera saya siapkan, lalu saya kirim. Alhamdulillah, transaksi beres. Mudah-mudahan paketnya segera sampai.

Ternyata sabar memang ada hikmahnya, ya🙂

4 Responses to “Calon Pembeli di Toko Online”


  1. 1 Basit Abdullah January 25, 2013 at 3:07 pm

    Siap belajar website affiliasi bos…….

  2. 2 theo February 8, 2013 at 4:00 pm

    yah itu lah, kadang memang ada beberapa customer yang hanya iseng saja, dengan adanya layanan customer service online😀

    GPS Tracking

  3. 3 pulsa February 9, 2013 at 9:28 pm

    sabar pasti pasti positif hslnya, insya allah🙂


  1. 1 Jual-Beli Online | Catatan gado-gado Trackback on December 2, 2013 at 12:42 pm

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s




Enter your email address to follow this blog and receive notifications of new posts by email.

Join 1,985 other followers

Selamat Datang!

Kategori

Twitter

Arsip


%d bloggers like this: