Dana Darurat

Konon setiap orang perlu menyiapkan dana darurat. Saya sendiri dari dulu sama sekali belum memikirkan untuk menyiapkannya. Pas zaman kuliah dulu, saya bahkan hampir tidak pernah menyisihkan uang untuk keperluan darurat. Setiap kali ada uang lebih, langsung dipakai untuk bersenang-senang.

Baru-baru ini saya saya terpikir untuk memiliki dana darurat. Bukan apa-apa, saya merasa dana darurat ini memang penting. Selama ini kan kalau tiba-tiba saya membutuhkan dana untuk kebutuhan yang mendesak, biasanya saya berutang ke saudara atau teman-teman. Nah, berutang relatif gampang, tapi ngelunasinnya ini yang susah setengah mati. Kalau tidak hati-hati, hubungan saya dengan orang yang memberi saya utang bisa renggang. Sayang banget, kan.

Saya sendiri pernah memberi utang kepada beberapa kawan. Saat mengajukan utang, mereka memohon-mohon dan berjanji akan melunasinya pada tanggal tertentu. Ketika itu mereka memang dihadapkan pada kebutuhan yang sangat mendesak.

Berhubung kebetulan saya lagi punya uang, ya saya bantu aja. Tapi saya tidak menyangka bahwa ternyata mereka tidak menepati janji untuk melunasinya. Katanya sih mereka sudah berusaha mengumpulkan, tapi sulit. Yah, saya berusaha maklum. Tapi tetap aja hubungan kami jadi tidak seerat dulu. Mereka merasa tidak nyaman dengan saya, dan juga sebaliknya.

Saya berusaha menghindari hal itu, salah satunya dengan mulai menyiapkan dana darurat. Saya menyisihkan pendapatan dan mengumpulkannya sedikit demi sedikit. Jadi kalau kelak ada apa-apa, saya sudah punya dana yang siap dipakai, tidak perlu berutang. Nah, ini juga akan menolong saya untuk menghindari kondisi terbelit utang.

Bagaimana pendapat teman-teman tentang dana darurat?🙂

5 Responses to “Dana Darurat”


  1. 1 jtxtop January 14, 2013 at 12:18 am

    Terima kasih atas konten dan info yg menarik dan menginspirasi….thk u

  2. 2 chachu January 14, 2013 at 1:48 pm

    dana darurat sama tabungan sama apa beda ya? hehehe…
    penting juga sih kalo menurut saya, tapi kalau saya masih jadi satu sama tabungan hehehe🙂

    • 3 ditter January 15, 2013 at 7:26 pm

      Kalo tabungan bisa dipakai untuk biaya liburan atau membeli barang-barang yang kita pengenin. Sementara dana darurat khusus untuk hal-hal yang mendesak aja, misalnya biaya berobat saat sakit, dan sebagainya, hehe….🙂

  3. 4 partnerinvain January 15, 2013 at 9:07 am

    penting sekali kalo kita sakit atau anggota keluarga sakit


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s




Enter your email address to follow this blog and receive notifications of new posts by email.

Join 1,988 other followers

Selamat Datang!

Kategori

Twitter

Arsip


%d bloggers like this: