Bagian Sekecil Apa Pun, Tetap Punya Peran & Manfaat

Saya punya pengalaman membongkar Blackberry saya untuk membersihkan bagian trackball, dan eksperimen itu berhasil. Trackball tersebut menjadi seperti baru dan sangat nyaman dipakai, tanpa perlu menghabiskan banyak uang untuk membayar jasa servis di gerai-gerai yang menerima servis ponsel.

Berdasar pengalaman itu, saya sengaja menawarkan jasa saya kepada adik sepupu yang punya BB serupa. Tentu jasa yang saya tawarkan itu gratis, hitung-hitung sebagai sarana latihan saya agar lebih terbiasa membongkar trackball BB. Adik sepupu menerima penawaran saya. Kebetulan trackball Blackberry-nya memang kurang berfungsi karena kotor.

Akhirnya, dengan dilengkapi peralatan secukupnya, BB sang adik sepupu mulai saya bongkar. Proses pembongkaran berjalan lancar. Saya sempat menemukan sebuah bagian kecil di bawah trackball yang tampaknya tidak punya fungsi apa-apa. Benda itu hanya berupa plastik kecil berukuran beberapa milimeter dan sangat tipis.

Plastik kecil itu sempat terjatuh saat proses pembongkaran. Saya tidak berusaha mencarinya karena selain sulit ditemukan (ukurannya terlalu kecil), juga karena saya merasa benda seperti itu paling-paling tidak punya fungsi apa-apa.

Proses pembersihan trackball berjalan lancar. Setelah dibersihkan dengan alkohol, saatnya memasang seluruh komponen seperti sedia kala. Hmm… ternyata agak sulit. Bongkarnya mudah, tapi habis itu agak lupa cara masangnya. Tapi setelah dicoba terus menerus, akhirnya semua komponen bisa terpasang kembali.

Tiba saatnya untuk mencoba Blackberry tersebut. Wow, trackball-nya menjadi lancar! Berarti eksperimen saya kali ini berhasil lagi! Tapi tunggu dulu. Gawat, keypad BB ternyata tidak berfungsi normal! Seperti ada yang korslet. Dipencet apa, yang keluar di layar apa.

Saya benar-benar pusing tujuh keliling dibuatnya. Hampir saja saya putus asa dan berniat membawanya ke tukang servis ponsel. Nggak apa-apa deh uang tabungan saya terkuras, yang penting saya bisa bertanggung jawab kepada adik sepupu saya.

Di tengah kepanikan itu, tiba-tiba saya teringat akan plastik kecil bagian dari trackball yang tadi sempat terjatuh. Jangan-jangan plastik itu punya peran khusus….

Saya segera mencari selembar plastik yang hanya berukuran beberapa mili tersebut. Setelah susah payah mencari, akhirnya ketemu! Blackberry segera saya bongkar lagi untuk memasang benda kecil itu di tempatnya.

Setelah semua beres, Blackberry segera saya nyalakan. Jantung saya berdegup kencang, jangan-jangan tetap tidak bisa.

Tidak saya sangka, setelah dicoba, ternyata trackball dan keypad bisa berfungsi dengan normal! Alhamdulillah.

Peristiwa itu memberi pelajaran besar buat saya. Setiap bagian pasti punya peran dan manfaat masing-masing, sekecil apa pun bagian itu. Dalam kehidupan sosial, pelajarannya jelas, saya tidak boleh menyepelekan atau merendahkan siapa pun.

Terima kasih karena sudah menyimak cerita saya yang panjang ini, Kawan!🙂

8 Responses to “Bagian Sekecil Apa Pun, Tetap Punya Peran & Manfaat”


  1. 1 misstitisari April 18, 2012 at 7:59 am

    habis ini bisa buka gerai, service trackball BB ya Dit😀

  2. 2 Falzart Plain April 18, 2012 at 8:25 am

    Karena saya nggak pakai BB, saya nggak tahu bagian yang dimaksud. Tapi saya sepakat dengan pesan yang disampaikan di sini…😀

  3. 3 yourha April 18, 2012 at 12:24 pm

    aduuh..kbtulan saya gag pnya BB. jdi nyimak aja deh..hehe
    setuju deh..jgn meremehkan ssuatu yg kecil..
    kdang ssuatu yg kecil itu besar manfaatnya..hehe #sokbijak

  4. 4 bensdoing April 18, 2012 at 3:31 pm

    sekecil apapun segala sesuatu pastinya itu sangat bernilai…🙂

  5. 5 Adi Nugroho April 20, 2012 at 8:57 am

    kecil2 caberawit😛
    Hehehehehhe..

    • 6 ditter April 25, 2012 at 6:37 am

      @Misstitisari: Hahaha….

      @Falzart Plain: Hehehe…. Terima kasih, Bro🙂

      @Yourha: Terima kasih sudah menyimak🙂

      @Bensdoing: Betuuuul…

      @Adi Nugroho: Hahaha… iya….

  6. 7 sakura suri April 24, 2012 at 3:12 pm

    betul banget moral lessonnya kak..

    btw kalo saya mending ganti hape baru deh..
    hehe

    • 8 ditter April 25, 2012 at 6:39 am

      @Sakura suri: Terima kasih🙂 . Wah, kalau saya susah ganti HP, soalnya udah cocok banget sama yg sekarang, hehe….😀


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s




Enter your email address to follow this blog and receive notifications of new posts by email.

Join 1,988 other followers

Selamat Datang!

Kategori

Twitter

Arsip


%d bloggers like this: