Resensi Buku: Mimpi Sejuta Dolar

Inspirasi dari Miliarder Muda Indonesia

Kita semua tentu menyadari bahwa mewujudkan mimpi besar tidaklah semudah memiliki mimpi itu sendiri. Ada banyak tantangan dan hambatan yang selalu siap menghadang langkah kita menuju mimpi besar tersebut. Tidak sedikit orang yang menyerah di tengah jalan karena begitu hebatnya hambatan yang harus dilewati. Namun, ketika tantangan dan hambatan itu berhasil diatasi, ternyata hasil yang diperoleh begitu manis.

Alkisah, ada seorang wanita Indonesia yang begitu keras memperjuangkan mimpinya di negeri orang. Perjuangannya begitu hebat, dan semua itu dilakukan demi satu tujuan besar, yakni meraih kebebasan finansial sebelum berusia 30 tahun. Setelah berhasil melewati masa-masa hidup yang begitu sulit, ia pun mampu meraih kesuksesan yang luar biasa pada usia yang masih muda. Dialah Merry Riana, miliarder yang berhasil meraih penghasilan sebesar 1 juta dolar pada usia 26 tahun.

Pengalaman Merry dalam mengatasi tantangan hidup sungguh panjang dan mengesankan. Kisah hidupnya itu kemudian dituangkan ke dalam buku “Mimpi Sejuta Dolar”, dengan harapan bisa memotivasi dan menginspirasi banyak orang agar lebih semangat dalam mengejar mimpi masing-masing. Buku ini ditulis oleh Alberthiene Endah, penulis yang memang sudah beberapa kali menulis buku biografi tokoh-tokoh terkenal di Indonesia.

Merry berkisah, tidak pernah terbayangkan sebelumnya bahwa dia harus menghadapi masa-masa kuliah yang begitu berat. Kerusuhan Mei 1998 menyisakan duka yang mendalam bagi warga keturunan, tak terkecuali keluarga Merry. Kedua orangtuanya pun merasa perlu mengirim Merry ke Singapura untuk kuliah karena kondisi dalam negeri dirasa kurang kondusif. Bagaimanakah cara membayar biaya kuliah di luar negeri di tengah kondisi keuangan keluarga yang sedang terpuruk? Ternyata ada cara. Merry mengikuti program utang pendidikan dari pemerintah Singapura. Setelah lulus kuliah, utang tersebut wajib dibayar.

Membaca buku ini layaknya membaca novel drama, begitu asyik dan enak dibaca. Alberthiene Endah selaku penulis berhasil melukiskan titik-titik penting nan dramatis dari perjuangan hidup Merry dengan begitu apik. Beberapa di antaranya adalah cerita ketika hampir setiap hari Merry menyantap mi instan, mengisi perut sekadarnya dengan roti, memesan menu makan siang yang paling murah, serta minum air putih sebanyak-banyaknya untuk mengatasi lapar di malam hari. Semua itu Merry lakukan untuk berhemat, sebab ia dituntut untuk bisa bertahan hidup dengan uang 10 dolar seminggu. Sungguh perjuangan yang luar biasa, sebab ia harus melakukan penghematan itu di tengah beratnya proses perkuliahan di kampusnya, Nanyang Technology University.

Buku ini sungguh cocok dibaca oleh siapa pun yang haus akan bacaan-bacaan motivasi. Kisah nyata Merry yang telah berjuang mati-matian dalam meraih mimpinya dengan menjaga etos kerja dan disiplin yang ketat merupakan inspirasi yang penuh makna. Kita pun merasa terdorong untuk berani bermimpi besar, lalu memperjuangkannya sekuat tenaga. Karena, Merry telah membuktikan, mimpi besar bukanlah hal yang mustahil untuk diraih, asalkan kita pantang menyerah dan senantiasa menyertakan Tuhan dalam setiap usaha keras yang kita lakukan.

****

Judul : Mimpi Sejuta Dolar

Penulis : Alberthiene Endah

Penerbit : Gramedia Pustaka Utama, Jakarta

Cetakan : I, 2011

Tebal : xiv + 368 halaman

Harga : Rp63.000

19 Responses to “Resensi Buku: Mimpi Sejuta Dolar”


  1. 1 bensdoing April 9, 2012 at 9:16 pm

    orang-orang sukses memang berawal dari kerja keras dan keuletan dalam mengarungi segala aspek kehidupan….

  2. 2 sulunglahitani April 9, 2012 at 9:22 pm

    sempat ngintip2 bukunya di gramedia
    gila juga dia, berhasil dg duit 20 ribu di titik terendah di luar negeri🙂

  3. 4 Falzart Plain April 10, 2012 at 6:56 am

    Kayaknya bukunya keren… Ada ebooknya nggak ya?

  4. 5 misstitisari April 10, 2012 at 8:15 am

    terbayar sudah yah perjuangan dia sekarang, mahal ih bukunya, sama kayak Falzart ada ebooknya ngga?😛

    • 6 Ditter April 18, 2012 at 6:34 am

      @Bensdoing: Setuju!

      @Sulunglahitani: Saya juga sempet ngintip bukunya, tapi akhirnya beli, hehe….

      @Yourha: Wuih, ternyata kalian berdua suka ngintip ya, ahahaha….

      @Falzart Plain: Saya nggak cari-cari e-booknya, Sob. Paling-paling beberapa bulan lagi ada, hehe….

      @Misstitisari: Iya tuh, memang lumayan mahal. Mungkin karena kontennya juga mahal, hehe….

  5. 7 obat penyakit maag kronis alami April 10, 2012 at 2:05 pm

    nice review, gan…

    salam kenal ya…

  6. 8 Vicky Laurentina April 10, 2012 at 3:53 pm

    Tionghoa, entah bagaimana, selalu disentimeni oleh etnis lain di negeri ini karena Tionghoa (hampir) selalu kaya. Akan tetapi, tidak banyak yang mau berpikir bahwa Tionghoa merupakan etnis pekerja paling keras yang pernah saya lihat, dan Merry Riana ini adalah salah satunya yang membuktikan bahwa untuk menjadi jutawan bukanlah sekedar butuh keturunan kaya, tetapi juga harus kerja keras dan disiplin.

  7. 9 mitos April 10, 2012 at 9:10 pm

    Baru kemaren baca buku ini… salut saya sama merry riana yang dah berhasil meraup 1 juta dollar di usia 26 tahun…😀 sangat inspiratif juga sih kisahnya

  8. 10 puchsukahujan April 12, 2012 at 12:07 am

    sejarah menorehkan, kebanyakan orang sukses harus menghadapi kepahitan hidup
    ini harga mutlak
    jadi, tak ada tempat bagi yang bermalas-malasan selain duduk mencangkung di tepi jalan sambil meratap:
    “minta sedekahnya, Den…”

  9. 11 Rusa April 17, 2012 at 12:06 am

    Owh ini buku yg heboh di Gramed itu ya? Keren sih, sangat menginspirasi sekali yaaa. Tapi koq kesannya Mary Riana itu jualamn sekali ya?😀

    • 12 Ditter April 18, 2012 at 6:38 am

      @Obat penyakit maag kronis alami: Tengkyu.

      @Mbak Vicky: Iya, setuju, Mbak. Terus terang kaum Tionghoa seperti Merry Riana memberi pelajaran besar kpd saya tentang kerja keras🙂

      @Mitos: Iya, memang inspiratif. Kebetulan saya memang suka dengan buku-buku yg inspiratif, hehe….

      @Puchsukahujan: Setujuuuu!!

      @Rusa: Jualan sekali gimana ya, Mas?

  10. 13 negeribocah May 8, 2012 at 12:52 am

    maaf OOT …
    ini kok ada iklan adsense-nya ya? gimana cara settingnya? thanks

  11. 14 Langit Mularto July 27, 2012 at 10:38 pm

    Resensi yang menarik dari buku yang membuat kita selalu ingin terus membuka halaman selanjutnya… salam kenal sahabat

  12. 15 Octa December 14, 2012 at 9:16 am

    Pengalaman Merry di buku ini membuat orang terinspirasi, Apalagi saat dia berdiri di mal-mal menjual produk finansial

  13. 16 gagascakrawala June 21, 2013 at 10:43 pm

    Mass? apa bener buku MSD nya harganya Rp 63.000 ???

  14. 17 Susilawati December 11, 2014 at 9:23 pm

    Buku Mimpi sejuta dolar,sangat memotivasi diri saya.disaat kondisi dan kepercayaan diri yg sdh mulai pudar,smg lbh byk lg karya2 yg dpt memotivasi diri kt,utk menata kehidupan ke masa yg akan dtg.


  1. 1 Menjadi Penulis | Catatan sehari-hari Trackback on March 17, 2015 at 12:32 pm

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s




Enter your email address to follow this blog and receive notifications of new posts by email.

Join 1,988 other followers

Selamat Datang!

Kategori

Twitter

Arsip


%d bloggers like this: