Jebakan Skripsi

Entah kenapa tiba-tiba saya teringat akan masa-masa saat sibuk menggarap skripsi dulu. Saat itu skripsi benar-benar membebani saya.

Skripsi menjadi satu hal yang paling ingin saya lupakan, tapi sayangnya nggak bisa. Kebahagiaan yang sedang saya rasakan seolah pupus begitu ingat bahwa saya punya sebuah tugas yang harus diselesaikan, yakni skripsi.

Ternyata perasaan seperti itu tidak saya alami sendiri. Teman-teman seangkatan saya juga mengalaminya. Istilah kerennya sekarang mungkin adalah “galau skripsi” (istilah “galau” pada saat itu masih belum terkenal, hehe…).

Perlu waktu yang lumayan lama bagi saya untuk menyelesaikan skripsi. Itu pun sudah benar-benar dipaksa. Nah, kalau dipikir-pikir, yang bikin lama ternyata bukan skripsinya, melainkan rasa malas saya. Berkali-kali saya mengabaikan tugas akhir itu karena kondisi hati sedang nggak mendukung. Istilah kerennya, nggak mood😀

Kalau digabungkan, masa-masa pengabaian saya itu ternyata jadi panjang, bisa jadi berminggu-minggu. Kalau dicermati lebih dalam lagi, ternyata masa aktif saya dalam menggarap skripsi lebih sedikit daripada masa pengabaian itu! Inilah yang saya sebut dengan jebakan skripsi, hehe….

Bagi teman-teman yang saat ini sedang gelisah karena skripsinya tidak kunjung selesai, mungkin pengalaman saya ini bisa dijadikan pelajaran. Jadi, walau sedang nggak mood, dipaksa terus saja. Bener-bener dipaksa, meskipun hasilnya jelek. Yah, paling tidak sudah ada draft yang nanti bisa diedit.

Soalnya kalau kalah dari mood, waktu kita jadi banyak terbuang. Harus nambah semester lagi, dan berarti itu harus bayar lagi. Tentunya kasihan orangtua kalau harus bayar sesuatu yang sebenarnya bisa ditiadakan kalau kita bisa mengatasi mood yang naik-turun.

Maaf bila dalam postingan ini, saya terlalu menggurui. Niatnya cuma sekadar sharing aja kok, hehe….:-)

27 Responses to “Jebakan Skripsi”


  1. 1 Gina March 2, 2012 at 8:45 pm

    Aku!! aku sedang terjebak skripsi…
    sayang aku gak bisa maksa ego-ku :((((

  2. 2 elfarizi March 2, 2012 at 10:14 pm

    Malam ini banyak blogger ngomongin skripsi hehehe😀
    Ya, alah bisa karena biasa, alah biasa karean dipaksa🙂

  3. 3 Dhenok Habibie March 3, 2012 at 12:52 am

    hahahahah, saya termasuk mahasiswa akhir yang galau karena tugas akhir dit.. ini aja udah lewat dari target, tapi ya ndak apa-apalah.. yang penting tetep, semangat!!

  4. 4 puchsukahujan March 3, 2012 at 5:54 am

    sama persis dengan keadaan saya sekarang….
    huhuu….kenapa rasa malas masih merongrong

  5. 5 Falzart Plain March 3, 2012 at 6:00 am

    Kalau saya bagaimana ya? Belum skripsi, jadi belum terasa kegalauan skripsinya…

    • 6 ditter March 13, 2012 at 5:52 am

      @Gina: Paksa terus, Ji!🙂

      @Elfarizi: Eh, ada blogger lain yg bahas skripsi juga, Sob? Padahal kami nggak janjian lho, hehe….

      @Dhenok Habibie: Hahaha… Semangat, Dhe!

      @Puchsukahujan: Semangat… semangat! Kalau nggak dipaksa, nanti menyesal di akhir, hehe….

      @Falzart Plain: Ditunggu aja, Sob. Hihi….

  6. 7 Gaby March 3, 2012 at 7:26 am

    Paling males ngerjain skripsi itu kalo pengumpulan data, kalau data yang terkumpul sudah cukup mah enak-enak aja asal jangan keenakan :p

  7. 8 bensdoing March 3, 2012 at 10:08 am

    buat sya….bye bye skripsi……😀

  8. 9 misstitisari March 3, 2012 at 8:10 pm

    saya dulu juga ngalamin, begitu penelitian selesai, data terkumpul semua, langsung menghilang dari kampus dan kosan sampai 6 bulan, kerjaannya cuma tidur makan tidur makan. begitu dosen saya nyariin, baru deh kalangkabut beresin, dan ternyata sebulan aja beres. tahu gitu kan ngga usah pake ngilang dulu yah *menyesal*

  9. 10 susu segar March 3, 2012 at 10:24 pm

    haduh kok ngepasin banget ama nasib ku yak. . . . lagi skripsi ni mumet kepalanya… . .

  10. 11 Ari March 4, 2012 at 2:37 pm

    Ingat skripsi itu seperti membuka luka lama.. saddapp..
    Saya dulu habis 1,5 tahun di lab buat garap skripsi.. menyedihkan.

    Dan memang betul, yang bikin lama bukan skripsinya, tapi prokrastinasinya, alias menunda2 pekerjaan. hehe..

    • 12 ditter March 13, 2012 at 5:56 am

      @Gaby: Betuuulll…. Kayaknya pengumpulan data itu prosesnya justru 60 persen dari keseluruhan proses, ya…..

      @Bensdoing: Wuih, sudah lulus, ya? Hehe….

      @Misstitisari: Hahaha…. iya tuh… The power of kepepet muncul ya, hehe….

      @Susu segar: Hehe.. semangat, Bro!

      @Ari: Mantaaap…. Sori bro kalau sudah membuka luka lama yg menyakitkan itu, ahahaha…..

  11. 13 susu segar March 4, 2012 at 11:12 pm

    kunjungan malem ahhhh. . . da orangnya ndak ya. . .

  12. 14 Asop March 4, 2012 at 11:22 pm

    ….tidak, posting-an ini tidak menggurui. Perihal ini benar adanya. Saya merasakannya sendiri. Memang rasa malas adalah musuh utama mahasiswa. MAhasiswa yang sebenarnya IQ-nya tinggi, bisa tampak bodoh karena malas.

    Dan, betul juga, bahwa lebih baik dipaksa ketimbang nggak mengerjakan sama sekali.😐

  13. 15 ~Amela~ March 5, 2012 at 9:28 am

    masa bikin skripsi itu emang salah satu masa2 tergalau dalam hidup mahasiswa.. hehehe

  14. 16 susu segar March 6, 2012 at 5:59 pm

    kunjungan sore .. .. .

  15. 17 outbond malang March 8, 2012 at 10:53 am

    salam kenal🙂
    sukses selalu🙂

    • 18 ditter March 13, 2012 at 5:59 am

      @Susu segar: Silakan, Sob. Sori lama nggak aktif, ada banyak hal yg menghalangi ni, hehe….

      @Asop: Semangat, Sop! Hehe….

      @Amela: Begitulah….🙂

      @Outbond malang: Kan pada postingan sebelumnya kita sudah kenalan, Sob. Hehe…. Sukses juga🙂

  16. 19 ibnu ch March 9, 2012 at 1:13 am

    Kalo saya belum nemuin skripsi mas ditter,jadi tips ini masih berlaku buat saya entar…ngomong2 mas ditter dulu kul d jurusan apa??

  17. 20 sihoho March 9, 2012 at 10:17 am

    masa skripsi menjadikan saya sebagai manusia malam…memperpanjang masa kuliah dan berhasil menurunkan berat badan

  18. 21 outbound malang March 9, 2012 at 11:35 am

    kunjungan sob ..
    salam sukses selalu .:)

  19. 22 yourha March 12, 2012 at 5:00 pm

    huaa..mgkn ini lah yg saya alami saat ini..
    pemaksaan itu emang perlu..

    • 23 ditter March 13, 2012 at 6:03 am

      @Ibnu ch: Ditunggu aja tuh, Sob. Bersiap-siaplah menghadapi masa itu, ahaha…. Saya dulu di jurusan filsafat🙂

      @Sihoho: Wuih, parah tu, Sob. Ahahaha….

      @Outbond malang: Wuih, terima kasih karena sering berkunjung ke sini🙂

      @Yourha: Iya, dipaksa aja. Daripada nanti menyesal di akhir, hehe….

  20. 24 musimsemi22 April 7, 2012 at 1:05 pm

    bnar banged t mas…virus malasny yang paling parah dan membuat tersendat..
    org bilang skripsi it susah..sbnarnya krang tekun sj..saia jg lg berjuang skripsi mas…nice info..mksih..slam ukhuwah..


  1. 1 Lihat Karyanya, Bukan Gelarnya | Catatan gado-gado Trackback on January 22, 2014 at 8:04 am
  2. 2 Kafe & Kamar Tidur | Catatan gado-gado Trackback on February 6, 2014 at 7:30 am
  3. 3 Keterbatasan | Catatan gado-gado Trackback on July 27, 2014 at 11:00 am

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s




Enter your email address to follow this blog and receive notifications of new posts by email.

Join 1,988 other followers

Selamat Datang!

Kategori

Twitter

Arsip


%d bloggers like this: