7 Manfaat Dongeng Sebelum Tidur (Bagian 2)

Setelah memposting tulisan 7 Manfaat Dongeng Sebelum Tidur (Bagian 1), kini saatnya saya menerbitkan lanjutannya. Sebelumnya saya sudah mengemukakan empat manfaat dongeng “nina bobo”, yakni merangsang imajinasi & kreativitas, mengembangkan kecerdasan berbahasa anak, mengembangkan keterampilan berpikir, dan mengembangkan emosi.

Nah, tiga manfaat berikutnya bisa kita simak pada pembahasan berikut ini.

5. Menanamkan nilai moral dan etika

Ada banyak nilai moral yang bisa kita petik dari dongeng, misalnya kejujuran, kesetiakawanan, sifat rendah hati, pekerja keras, baik hati, suka menolong, dan lain sebagainya. Orangtua yang membacakan dongeng bisa menjelaskan dan mengajak anak untuk meneladani sifat baik sang tokoh utama, serta nilai-nilai moral yang mulia yang ada pada dongeng.

Dalam kondisi yang rileks ketika sedang didongengkan, si kecil akan menyelami betul karakter baik para tokoh, serta periilaku positif yang muncul dalam dongeng yang dimaksud. Dengan demikian, mereka pun akan tumbuh dewasa sebagai pribadi yang hangat dan sangat paham akan nilai moral dan etika yang berlaku di masyarakat.

6. Mempererat ikatan emosional dengan orangtua

Ketika mendongengi anaknya yang hendak tidur, maka orangtua sedang berada dalam suasana yang sangat akrab dengan anaknya tercinta.

Secara fisik dan emosi, mereka begitu dekat. Apalagi ditambah dengan suasana malam yang hening dan tenang, maka aktivitas itu semakin meninggalkan kesan yang mendalam di antara keduanya. Akhirnya, ikatan emosional anak dan orangtua pun semakin kuat.

7. Relaksasi/hiburan

Mendengarkan dongeng yang dibacakan oleh orangtua bisa menjadi ajang relaksasi yang sangat menghibur bagi anak. Hiburan itu bahkan tidak kalah dibanding acara favorit si Kecil di televisi.

Setelah menjalani hari yang mungkin melelahkan, si Kecil jelas membutuhkan istirahat. Dan, istirahat mereka akan semakin sempurna melalui hiburan dongeng yang dibacakan oleh orangtua.

Ketika bangun di pagi hari, semangat si Kecil akan pulih kembali, dan bahkan akan semakin kuat karena malam harinya telah mendapatkan hiburan yang sangat istimewa dari orangtuanya.

Demikian 7 manfaat dongeng sebelum tidur. Mungkin teman-teman punya pendapat lain dan bisa menemukan manfaat lainnya selain ketujuh manfaat itu. Silakan lho sharing di sini melalui kolom komentar🙂

Omong-omong, dulu pas masih kecil, apakah teman-teman rutin dibacakan dongeng oleh ayah atau ibu?

***

Anda sedang mencari buku anak murah dan berkualitas untuk si Kecil? Jangan ragu, kunjungi revista-shop.com , Toko Buku Anak Favorit🙂

 

18 Responses to “7 Manfaat Dongeng Sebelum Tidur (Bagian 2)”


  1. 1 yourha January 22, 2012 at 12:15 pm

    Jadi kangen di dongengin juga..
    *mama…dongengin yura lagi donk…

  2. 2 Kimi January 22, 2012 at 12:34 pm

    Omong-omong, dulu pas masih kecil, apakah teman-teman rutin dibacakan dongeng oleh ayah atau ibu?

    Seingatku sih jarang orangtuaku bacain dongeng untukku.😀

  3. 3 Gina January 22, 2012 at 7:29 pm

    aku nggak pernah tuh di dongengin sama orang tuaku mas…………
    yang ada aku di dongengin sama dosenku.
    Dosen epidemologi yang jadi pembimbing skripsiku! Si Patih dan Hulubalang–“

  4. 4 Susu Segar January 22, 2012 at 8:56 pm

    boro-boro didongengin mas mas, dimarahin iya karena gak tidur2. . . . huh. . .

  5. 5 3mnnm8 January 22, 2012 at 9:19 pm

    ndak pernah didongengin dulu pas kecil. huhu

    • 6 Ditter January 25, 2012 at 10:37 pm

      @Yourha: Waah… dulu sering didongenin mamah, ya…. Pasti asyik banget!

      @Kimi: Ooh… Atau mungkin kamu cuma nggak inget aja kali, hehe….

      @Gina: Wuiih, dosenmu keren, lho!! Hahaha….

      @Susu Segar: Hahaha… kocak, Bro!

      @3mnnm8: Sabar… sabar….

  6. 7 Kukuh Nova Putra January 22, 2012 at 11:55 pm

    Jadi inget pas masih TK dulu.
    Sebelum tidur kadang ibu bacain dongeng dulu.🙂

  7. 8 Ely Meyer January 23, 2012 at 12:20 am

    ternyata banyak juga ya manfaat dongeng sebelum tidur, anak anak yang masih dibacakan dongeng sebelum mereka bobo pasti senang sekali ya, orang tuanya juga

  8. 9 isnuansa January 23, 2012 at 8:08 am

    Saya juga nggak ingat pernah dibacakan dongeng oleh orang tua. Saya cuma bisa mengingat saat sudah agak besar (mungkin 3,5 tahun) mulai diajar membaca (siang hari).

    Pengen juga sih mempererat hubungan batin dengan anak, nanti membacakan dongeng sebelum tidur.

  9. 10 raden ikhwan January 23, 2012 at 1:40 pm

    tapi kalo dongeng si kancil saya bosen gan, hehe😆

  10. 11 Ipras January 23, 2012 at 9:06 pm

    Kalau dongeng dari ortu, saya belum pernah, tapi kalau dongeng dari ustad pada saat mengaji ba’da Maghrib, itu pernah saya Mas🙂

    • 12 Ditter January 25, 2012 at 10:40 pm

      @Kukuh: Wow, masa kecil yg menyenangkan!😉

      @Ely Meyer: Betullll… hubungan emosional antara orangtua dan anak jadi lebih dekat🙂

      @Isnuansa: Cie.. cie… yg lagi nunggu lahiran, hehe….

      @Raden Ikhwan: Iya juga sih, soalnya udah terlalu sering, ya. Hehe….

      @Ipras: Mantap, Mas….🙂

  11. 13 misstitisari January 23, 2012 at 9:22 pm

    dulu waktu saya kecil, Papa Mama lebih sering ngedongen tentang diri mereke waktu kecil dulu, saya juga lebih suka dongeng begitu… kalau mau didongengin dr buku ngga suka, mending saya baca sendiri aja🙂

  12. 14 honeylizious January 24, 2012 at 11:55 am

    dulu nenek saya dan bibi saya yang selalu mendongengi saya sebelum tidur dan saya sukaaaaaaaa😀

  13. 15 Dhenok Habibie January 24, 2012 at 12:28 pm

    dulu abah saya sering nge-dongeng dit, tentang para pejuang2 Islam.. tapi bukan pas mo tidur, tapi pas lagi duduk2 santai aja.. jadi intinya, gk pernah didongengin sebelum tidur😀

  14. 16 Vicky Laurentina January 24, 2012 at 9:54 pm

    Saya rutin dibacakan dongeng oleh ibu saya. Dongeng favorit saya bukanlah dongeng rekaan tentang si kancil dan kawan-kawannya, tapi saya paling suka dengarkan cerita ibu saya tentang pengalaman kecil ibu saya dan saudara-saudaranya🙂

    • 17 Ditter January 25, 2012 at 10:43 pm

      @Misstitisari: Oohh…. seru juga ya dengerin cerita masa kecil orangtua gitu, hehe….

      @Honeylizious: Asyikkkk….🙂

      @Dhenok Habibie: Oooh…. tapi lumayan banget lah sudah didongengin, hehe….

      @Mbak Vicky: Wuih, pasti seru banget, ya, Mbak. Kalau cerita pakde ttg pengalaman masa kecilnya dan saudara-saudaranya juga diceritain nggak? Hehe….

  15. 18 erwinsyah October 26, 2012 at 9:57 pm

    trima kasih, saya sepenuhnya setuju dengan berbagai kisah dongeng kreatif untuk merangsang imajinasi anak-abak


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s




Enter your email address to follow this blog and receive notifications of new posts by email.

Join 1,985 other followers

Selamat Datang!

Kategori

Twitter

Arsip


%d bloggers like this: