7 Manfaat Dongeng Sebelum Tidur (Bagian 1)

Meski tergolong aktivitas sederhana, mendongengi anak menjelang ia tidur ternyata mengandung banyak manfaat.

Sebelumnya perlu saya jelaskan, saya bukan ahli psikologi anak, melainkan hanya orang yang “mendalami” dan belajar tentang dunia anak. Tulisan ini saya sarikan dari berbagai sumber dan literatur yang saya baca, jadi tidak murni hasil pemikiran saya. Teman-teman pun boleh mengkritisi atau menambahkan hal-hal yang dirasa penting dan perlu.

Oh iya, saya sengaja membagi tulisan ini menjadi dua bagian supaya lebih mudah dibaca karena tidak terlalu panjang.

Lalu, apa saja manfaat dongeng sebelum tidur? Mari kita ikuti pembahasan berikut ini.

1. Merangsang imajinasi & kreativitas

Sebelum tidur, biasanya anak berada dalam kondisi yang sangat rileks dan suasana yang santai. Hal tersebut sangat mendukung anak dalam membayangkan setting cerita pada dongeng yang dibacakan kepada mereka. Anak kemudian membebaskan imajinasinya seluas mungkin sehingga kemampuannya dalam membayangkan sesuatu semakin baik (seperti tokoh fiktif Sherlock Holmes yang memiliki kemampuan imajinasi yang luar biasa).

Sejalan dengan itu, kreativitas anak pun akan berkembang. Dalam dongeng, anak diberi kebebasan dalam membayangkan cerita, tidak harus sama dengan apa yang ditangkap oleh orangtua. Bisa saja setiap anak memiliki hasil tangkap yang berbeda-beda terhadap isi cerita. Selama itu tidak terlalu jauh dari inti cerita, maka masih bisa dimaklumi karena imajinasi anak-anak memang tidak terbatas.

Di sisi lain, imajinasi dan kreativitas orangtua juga bisa meningkat, yakni dengan mengimprovisasi (cara) penyampaian cerita atau dongeng.

2. Mengembangkan kecerdasan berbahasa anak

Anak yang sedang menyimak dongeng secara otomatis juga akan memperhatikan kosa kata dan unsur-unsur bahasa lainnya yang terkandung dalam dongeng tersebut. Dengan demikian, kemampuan berbahasa mereka akan semakin meningkat.

Dampak positif itu akan sangat terasa ketika anak-anak sudah dewasa. Tutur kata mereka akan sangat rapi, logis, dan memikat. Tidak hanya itu, mereka juga akan mampu menuliskan pendapat atau isi pikiran ke dalam tulisan yang teratur dan mudah dipahami.

Kabarnya, Bung Karno sering dibacakan cerita/dongeng oleh ibundanya sewaktu beliau masih kecil. Ketika dewasa, presiden pertama RI itu pun menjadi orator ulung yang memiliki kecerdasan berbahasa yang tinggi.

3. Mengembangkan keterampilan berpikir

Saat sedang dibacakan dongeng, sang anak secara alamiah akan berpikir banyak hal tentang dongeng tersebut, mulai dari alur cerita, nama-nama tokoh yang muncul, masalah pelik yang terjadi, dan solusi yang diambil para tokoh dalam menyelesaikan masalah itu. Hal ini merupakan sarana yang cukup baik bagi anak dalam meningkatkan kemampuan berpikirnya.

Seiring berjalannya waktu, si kecil mungkin akan sering bertanya saat didongengkan bila pikirannya menemukan hal-hal yang agak ganjil dalam dongeng tersebut atau buku anak lainnya. Hal ini merupakan pertanda bahwa pikirannya mulai berkembang.

4. Mengembangkan emosi

Alur cerita pada dongeng biasanya turun-naik. Kadang sang tokoh utama mendapat kemalangan, kadang juga begitu beruntung sehingga bisa menyelesaikan masalah dengan cemerlang. Alur seperti ini dapat mengembangkan emosi anak secara alamiah, seperti empati, rasa prihatin, sedih, bahagia, ceria, peduli, dan lain sebagainya.

Bersambung pada tulisan/postingan berikutnya.

***
Anda sedang mencari buku anak murah dan berkualitas untuk si Kecil? Jangan ragu, kunjungi revista-shop.com , Toko Buku Anak Favorit🙂

20 Responses to “7 Manfaat Dongeng Sebelum Tidur (Bagian 1)”


  1. 1 puchsukahujan January 20, 2012 at 8:31 am

    kabarnya pula, ingatan menjelang tidur bisa sampai masuk alam bawah sadar
    yang bisa mempengaruhi kehidupan seseorang
    wah, ajaib!

  2. 2 jarwadi January 20, 2012 at 8:34 am

    nenek saya dulu yang rajin mendongeng menina bobo saya. kalau ibu saya termasuk tidak pandai mendongeng🙂

  3. 3 F. Daus AR January 20, 2012 at 9:32 am

    Bisa izin untuk muat tulisan anda di Majalah Lentera yang saya kelola,,kalo bisa mohon krim konfirmasi ulang dilengkapi bio data,,tulisan yang dimuat dimajalah mendapat imblan yang pantas..trimah kasih

  4. 4 honeylizious January 20, 2012 at 9:46 am

    saya dulu sering didongengi… jadilah diri saya yang sekarang suka mendongeng buat adik saya yang bungsu😀

  5. 5 sakura suri January 20, 2012 at 12:25 pm

    nanti kalo punya anak, mau aku dongengin pake bahasa inggris ah.
    hehehe

    • 6 Ditter January 22, 2012 at 7:16 pm

      @puchsukahujan: Ya, saya juga pernah mendengar itu. Mungkin karena itulah anak yg terbiasa didongengkan menjelang tidur, biasanya pintar-pintar, hehe….

      @Jarwadi: Wah…. pasti seneng banget ya didongengkan oleh nenek….🙂

      @F. Daus. AR: Silakan, Bos. Dengan senang hati. Asalkan jangan lupa untuk menyertakan sumbernya🙂

      @Honeylizious: Wah, mantap!! Jadi kebiasaan baik itu menurun terus, ya. Semoga kelak adik bungsu Anda juga senang mendongeng, hehe…

      @Sakura Suri: Nanti kalau anaknya nggak ngerti, gimana dong, hehe….

  6. 7 Ipras January 20, 2012 at 10:12 pm

    Yang penting cerita dongengnya yang sesuai usianya ajah hehe…😆

  7. 8 [L]ain January 21, 2012 at 10:43 am

    Tapi sayangnya jaman sekarang jarang ada ibu yang mau dongengin anaknya, atau anaknya nggak mau didongengin. Lebih seneng maen PS ato game online sebelum tidur.

  8. 9 nandini January 22, 2012 at 3:50 pm

    Mendongeng sebelum tidur itu penting untuk pembentukan karakter anak melalui subconcious mind-nya🙂

    Menulis cerita dongeng itu menyenangkan dan terasa mudah ketika kita masuk ke dalam cerita, tidak sebagai penulis tapi sebagai anak-anak yang polos dan ingin tahu.. dan Adit, terima kasih banyak yaa untuk pengalamannya..😳

    • 10 Ditter January 22, 2012 at 7:22 pm

      @Ipras: Betulll….

      @[L]ain: Wah, memang ada yg begitu, tuh…. Semoga orangtua yg seperti itu bisa segera sadar, dan semoga anak bisa memahami bahwa mendengarkan dongeng sebelum tidur itu menyenangkan, dan tentunya bermanfaat🙂

      @Nandini: Hahaha…. Terima kasih juga, Nan, karena sudah bersedia menerima tawaranku, walaupun tanpa imbalan yg mungkin kurang memadai, hehe….

  9. 11 misstitisari January 23, 2012 at 9:18 pm

    saya belum pernah deh ngedongengin anakanak, baru akan mulai mendongeng, cuma nak kecilnya belum mau didongengin
    ujungujungnya saya deh yang baca bukubuku ceritanya😀

  10. 14 tank top January 26, 2012 at 9:06 am

    makasih infonya yaaa…

  11. 15 Indah Makmum January 29, 2012 at 9:12 pm

    mari sayang… bunda dongengin, simak ya nak ….🙂

  12. 16 entin March 21, 2012 at 11:11 am

    hai..lam knal!
    bagusnya mulai didongengkan pd usia berapa yah?2th?

  13. 17 arelinebabyshop April 27, 2012 at 7:35 pm

    Punya referensi buku dongeng apa yg bagus buat anak usia 2 tahunan? Trims.

  14. 18 aceptea_87@yahoo.com July 12, 2012 at 9:10 pm

    wah emang iah jadi inget masa kecil nih .. ..dongengin dong hehe


  1. 1 7 Manfaat Dongeng Sebelum Tidur (Bagian 2) « Home Trackback on January 22, 2012 at 9:44 am

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s




Enter your email address to follow this blog and receive notifications of new posts by email.

Join 1,985 other followers

Selamat Datang!

Kategori

Twitter

Arsip


%d bloggers like this: