Bangun Siang

Beberapa hari yang lalu, saya berbincang dengan teman-teman kampus yang semuanya sudah lulus. Selama ini kami jarang ketemu langsung, paling-paling bersua di Facebook. Nah, kesempatan berkumpul kali itu kami manfaatkan untuk saling bertukar cerita tentang kesibukan dan aktivitas masing-masing yang saat ini sedang kami jalani. Ada yang sedang menempuh pendidikan jenjang S2, ada pula yang mengais rupiah dengan bekerja.

Nah, salah seorang kawan yang kuliah s2 bercerita bahwa ia bisa bangun siang karena semua kuliah berlangsung pada sore hari. Salah seorang kawan yang lain merasa iri kepadanya, karena aktivitasnya sehari-hari yang begitu padat menuntut ia untuk selalu bangun pagi.

Setelah obrolan selesai, saya merenungkan perbincangan kecil tersebut dalam perjalanan pulang. Saya merasa bahwa sebenarnya kawan yang “tidak bisa bangun siang” itu justru beruntung sehingga tidak perlu iri. Dengan berada dalam kondisi yang menuntutnya untuk selalu bangun pagi, ia jadi bisa memanfaatkan waktu dengan baik dan efisien, tidak melewatkannya begitu saja dengan tidur.

Adapun untuk kawan yang bisa bangun siang, itu juga bukan berarti buruk, karena mungkin ia memang sedang berada dalam fase hidup yang demikian. Bukan hal yang mustahil pada fase hidup berikutnya ia akan menjalani aktivitas yang jauh berbeda dibanding fase sebelumnya.

Omong-omong, saya beberapa kali berkunjung ke salah satu blog favorit saya yang isinya (kebanyakan) merupakan cerita sehari-hari si empunya blog yang sedang menempuh pendidikan di luar negeri. Saya kagum dengan isi ceritanya. Tampaknya ia benar-benar bisa memanfaatkan waktu dengan baik, termasuk untuk mengembangkan diri. Aktivitasnya padat dan positif. Alhasil, kualitas hidupnya pun jauh lebih baik dibanding orang yang hanya menghabiskan waktu dengan melakukan hal-hal yang negatif.

Oh iya, kembali ke masalah bangun siang. Menurut saya, bangun siang adalah hal yang wajar bila pada malam harinya kita lembur dan begadang demi menyelesaikan pekerjaan tertentu. Meski demikian, kalau nggak salah ini adalah kebiasaan yang nggak sehat, karena nggak sejalan dengan siklus (alamiah) hidup kita. Kabarnya akan lebih baik bila kita tidur lebih awal, dan bangun lebih pagi.

Saya pernah baca dalam sebuah buku motivasi bahwa aset manusia yang paling berharga adalah waktu (masa). Selain itu, waktu merupakan satu-satunya hal yang diberikan oleh Tuhan kepada seluruh umat manusia dalam jumlah yang sama, yakni 24 jam dalam sehari.

Ya, orang sukses dan orang gagal pada dasarnya memiliki jumlah waktu yang sama. Lalu, apa yang membedakan hingga keduanya mendapatkan hasil yang jauh berbeda? Tentu kita semua sudah tahu jawabannya, yakni kemampuan dalam memanfaatkan waktu….

Semangat!!🙂

Gambar diambil dari sini.

32 Responses to “Bangun Siang”


  1. 1 Falzart Plain November 28, 2011 at 12:21 pm

    Semuanya kan tergantung bagaimana kita memanfaatkan waktu kita…
    Saya jadi ingat dengan ini

  2. 2 alaika November 28, 2011 at 1:03 pm

    aset manusia yang paling berharga adalah waktu (masa). Selain itu, waktu merupakan satu-satunya hal yang diberikan oleh Tuhan kepada seluruh umat manusia dalam jumlah yang sama, yakni 24 jam dalam sehari.. –< setuju banget.

    tapi terkadang aku juga suka bangun siang tuh di Sabtu dan Minggu, hehe.

    thanks ya udah berkunjung di my virtual corner. salam kenal..

  3. 3 Toko Herbal November 28, 2011 at 2:18 pm

    Bagi yang beragama Islam, bangun pagi adalah Wajib, karena pagi hari adalah kewajiban Shalat Shubuh Dan suatu kerugian bagi yang setelah Shubuh tidur lagi, karena waktu pagi adalah waktu yang Allah berkahi dan saat pagi rizki Allah bagikan. Isilah pagi hari dengan do’a pagi yang Rasul shalallahi ‘alaihi wassalam contohkan. Wallohu ‘alam.

  4. 4 tuaffi November 28, 2011 at 3:44 pm

    saatnya saya berkaca, sudahkah memanfaatkan waktu yang saya punya? hehehe

  5. 5 bensdoing November 28, 2011 at 5:07 pm

    waktu yg telah lewat takkan pernah terulang kembali….:-D
    mari kita manfaatkan waktu dengan sesuatu yang berguna sekaligus bermanfaat buat orang banyak 😀

  6. 6 Irfan Handi November 28, 2011 at 5:43 pm

    Tadi pagi seharusnya apel pagi, tapi lolos ngabsennya. kesiangan jug karena semalem ngeblog sampe larut.😉

  7. 7 onesetia82 November 28, 2011 at 9:33 pm

    banyak kerjaan tapi lebih suka nge-blog . . .
    kalau sudah ngeblog sering lupa waktu, malam tidur hingga larut padahal besoknya harus bangun jam 6 untuk aktifitas . . .
    ga jadi aktifitasnya karena bangun kesiangan gara-gara negblog . . .
    tapi seneng juga . . .🙄

  8. 8 zilko November 28, 2011 at 10:24 pm

    Aku setuju. Kalau bangun terlalu siang justru rasanya badan ini kurang sehat🙂

    Dan benar banget, “waktu” itu adalah sebuah harta berharga yang dimiliki manusia yang harus digunakan. Oleh karenanya penggunaannya juga harus sebijak mungkin ya🙂 *sok bijak ceritanya :P*

  9. 9 ririe khayan November 28, 2011 at 10:40 pm

    bangun kesiangan kalau malemnya tidur dini hari dan hari lbur (libur kerja dan ‘libur’ sholat juga)…

  10. 10 Ipras November 28, 2011 at 10:51 pm

    Saya sebelumnya juga sudah pernah ngepost masalah bangun kesiangan, bahwa memang akan lebih banyak manfaat yang kita dapat jika bangun tidur sesuai dengan siklusnya.🙂

  11. 11 Dhenok Habibie November 29, 2011 at 8:21 am

    hehe, sometimes dhe juga sering bangun siang sob.. tapi alhamdulillah, sudah dua bulan ini belajar untuk tidak tidur lagi setelah shalat subuh.. rasanya lebih seger lho..

  12. 12 isnuansa November 29, 2011 at 8:37 am

    Yap! Mengorganisir apa yang harus dikerjakan dalam waktu 24 jam yang kita punyai dengan baik, akan menentukan juga hasil yang akan dicapai.

    Soal bangun siang, saya juga iri sama yang bisa bagun siang, ke kantor trus pulangnya sore, habis itu jalan2 dan buang2 uang, tapi tetap kaya raya. Haaha…

  13. 13 Me Chat November 29, 2011 at 11:31 am

    wah, tapi terlalu nikmat ya untuk bangun siang. hhehe. tapi jangan sia siakan lho hari hari untuk aktifitas. di tunggu kunjungannya

  14. 14 Aditya Eka Prawira November 29, 2011 at 2:13 pm

    Semoga tergantung kemanusia itu sendiri🙂

  15. 15 asti November 29, 2011 at 2:45 pm

    Jadi teringat beberapa bulan yang lalu. Seorang teman yang masuk kerja pada siang hingga malam hari. Walaupun pagi ia dapat istirahat di rumah, tapi sama saja, mereka juga mengeluh capek, ngantuk….
    Dan aku baru sadar kalau sebenernya waktu untuk beraktivitas dan istirahat itu telah terjadwal. Yaitu pagi hingga siang/ sore waktunya beraktivitas dan malam waktunya istirahat.

  16. 16 Ely Meyer November 29, 2011 at 2:46 pm

    wah .. aku termasuk yg nggak bisa bangun siang, jadi kalau sdh merasa cukup tidur pasti bangun deh sekitar jam 5 – jam 6 pagi di mana masih gelap gulita di luar krn matahari muncul jam 8 pagi kurang🙂

  17. 17 micah November 29, 2011 at 6:57 pm

    bagus infonya, ayo teman2 qta saling tukeran back link biar blog kita masing Page Ranknya naik

  18. 18 tyka November 29, 2011 at 7:38 pm

    Dengan berada dalam kondisi yang menuntutnya untuk selalu bangun pagi, ia jadi bisa memanfaatkan waktu dengan baik dan efisien, tidak melewatkannya begitu saja dengan tidur.

    >> aku suka bangun pagi. soalnya hari terasa lebih lama dan makin banyak yg bisa dilakukan🙂 yang penting buatku sih, tidur gak kurang dari 6 jam perhari. jadi kalo mau bangun makin pagi, ya malam sebelumnya juga harus makin lekas tidur🙂 misal: tidur jam 7.30 malam, lalu bangun jam 2 atau 2.30 pagi berikutnya.

  19. 19 PuteriAmirillis November 29, 2011 at 9:41 pm

    semangattt….^^ bangun pagi udara masih segar…

  20. 20 Zippy November 29, 2011 at 9:45 pm

    Bangun siang?
    Wah, bukan hal baru buat saya, wkwkwk…
    Jujur sih, paling males yang namanya bangun pagi, soalnya emang gak ada kerjaan.
    Kuliah juga sore, jadi ya berteler2lah sampai siang di rumah😆

  21. 21 ismail November 30, 2011 at 11:13 am

    Jurus membagi waktu harus dikeluarkan itu mas ya. hehehe
    mantap banget deh tulisannya

  22. 22 baju wanita November 30, 2011 at 3:02 pm

    manfaatkan waktu sebaik mungkin dan jangan pernah menunda – nunda…

  23. 24 Sriyono Semarang November 30, 2011 at 7:41 pm

    Quote, “Meski demikian, kalau nggak salah ini adalah kebiasaan yang nggak sehat, karena nggak sejalan dengan siklus (alamiah) hidup kita. Kabarnya akan lebih baik bila kita tidur lebih awal, dan bangun lebih pagi.”

    Kurang begitu setuju dengan hal ini, di satu sisi mungkin iya, namun juga tidak, pikiran kita cenderung bisa melihat hal hal yang lebih jauh jika kita biasa tidur agak malam, sekitar jam 12an atau jam 1 baru tidur, katanya itu soal gelombang otak kita atau bagaimana gitu, yang pasti idealnya manusia dewasa itu tidur di kisaran 7jam sehari, konsekuensinya, orang tersebut harus bangun agak siangan dikit. cobalah tengok, masyarakat yang memiliki kebiasaan bangun siang dan tidur agak maleman, rata rata ia jauh lebih maju, bisa melihat peluang dsb, dalam arti lain, otaknya lebih tajam, walau ia mungkin saja secara akademis tidak pandai… liatlah orang orang bule,

    nggak percaya, cobalah survei kecil kecilan, keluarga, temen, atau tetangga, yang lebih “berhasil” kemungkinan besarnya mereka mereka yang bangunnya tidak terlalu pagi…

  24. 25 nicil December 16, 2011 at 10:55 pm

    hmmm kalo pas jadi mahasiswa sekarang rasanya susah mau mengatur bangun pagi ato bangun siang sendiri, tapi mengikuti jadwal, tugas, dan ujian…

  25. 26 Anthony Menavusar December 22, 2011 at 6:22 am

    Kalau manajer tidak membuat jadwal yang luar biasa padat untuk kami, pasti semalam aku bisa tidur cepat dan tidak akan bangun kesiangan.

  26. 27 mario September 25, 2012 at 1:55 pm

    bagaimana cara mengatasi kebiasaan bangun siang.?


  1. 1 6 Ciri Orang Sukses « Home Trackback on December 1, 2011 at 10:02 am
  2. 2 6 Ciri Orang Sukses « www.mgivi05.wordpress.com Trackback on December 21, 2011 at 9:28 pm
  3. 3 profile tatanghidayat | tatanghidayattmkm11 Trackback on January 14, 2012 at 8:57 pm
  4. 4 6 ciri orang sukses « suksesitukitayangciptakan Trackback on March 27, 2012 at 11:50 am
  5. 5 Ciri orang sukses | anamtria Trackback on May 13, 2012 at 5:40 pm

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s




Enter your email address to follow this blog and receive notifications of new posts by email.

Join 1,985 other followers

Selamat Datang!

Kategori

Twitter

Arsip


%d bloggers like this: