Pulang Lebih Awal Selama Bulan Ramadhan

Kemarin (20/8) saya pergi ke sebuah bank milik pemerintah untuk menarik uang di ATM. Ketika itu masih jam tiga sore, namun kantor bank tersebut sudah sepi karena tutup. Dari kejauhan tampak sebuah pengumuman yang tertempel di pintu bank. Pengumuman yang memberitahukan bahwa layanan operasional bank tutup jam 2 sore selama bulan Ramadhan.

Di awal bulan Ramadhan yang lalu, saya juga sempat melihat berita singkat di linimasa Twitter yang mengabarkan bahwa jam kerja PNS dikurangi. Tapi saya kurang tahu para PNS itu kerja sampai jam berapa, sebab saya nggak membaca berita tersebut sampai selesai.

Memang, di bulan puasa nan penuh berkah ini, banyak instansi atau lembaga yang mengurangi jam operasional mereka, contohnya seperti yang disampaikan tadi, yakni bank, kantor pemerintah, serta lembaga-lembaga lainnya, seperti sekolah dan kantor swasta.

Saya menduga, salah satu alasan (tujuan) kenapa instansi-instansi itu mengurangi jam operasional mereka adalah untuk memberi kesempatan kepada para karyawan untuk menyiapkan acara berbuka puasa. Selain itu, mungkin juga untuk menghormati karyawan mereka yang sedang berpuasa yang notabene lebih lemah secara fisik karena tidak makan dan minum selama seharian penuh.

Perusahaan tempat kerja saya kebetulan nggak mengurangi jam kerja para karyawannya. Tapi, bagi saya itu nggak masalah karena dalam hal ini perbedaan satu-dua jam nggak terlalu berpengaruh. Jadi, andaikan saya pulang kerja satu atau dua jam lebih awal, itu nggak terlalu berpengaruh buat saya, sebab persiapan makanan untuk berbuka sudah dilakukan oleh orangtua, hehe…. Secara fisik juga sama saja. Mau pulang dua jam lebih awal atau tidak, saya tetap merasa lapar, hehe….🙂

Lagipula kalau pulang lebih awal, mungkin saya malah akan lebih merasa lapar dan haus. Kenapa demikian? Karena saya tidak punya kesibukan yang berarti sehingga pikiran saya hanya terfokus pada rasa lapar dan haus itu. Akhirnya badan pun malah jadi tambah lemes, hehe….

Bagi saya, pulang kerja lebih awal malah mendatangkan godaan untuk membuang-buang waktu. Misalnya, setelah sampai rumah, karena waktu berbuka masih lama, saya pasti akan tergoda untuk tidur, bermalas-malasan di depan televisi, atau ngabuburit dengan jalan-jalan naik sepeda motor.

Nah, yang disebut terakhir itu sebenarnya parah. Bagi saya yang pengguna premium, jalan-jalan naik sepeda motor tanpa tujuan yang jelas sungguh tidak layak, sebab itu berarti membuang-buang bensin (premium). Padahal, premium merupakan bahan bakar yang disubsidi pemerintah. Subsidi tersebut bahkan sangat menguras kas negara. Tentu sangat nggak pantas kalau saya “membuang-buang” sesuatu yang notabene merupakan sebuah bantuan (subsidi).

Kalau teman-teman bagaimana, dapat kesempatan pulang lebih awal nggak? Kalau nggak, berarti “nasib” kita sama, hehehe….🙂

11 Responses to “Pulang Lebih Awal Selama Bulan Ramadhan”


  1. 1 sumberinformasi August 20, 2011 at 7:21 pm

    wehehehehehe….pulang cepet salah, pulang lambat juga salah ya….

  2. 2 Dhenok August 20, 2011 at 8:10 pm

    kalo di tempat saya, para pegawai2nya di instansi pemerintah gitu masih sama jam kerjanya mas, hanya saja jam masuknya diundur 30menit.. hahaha.. dinikmati saja lah mas, bentar lagi kan pasti normal lagi semua jam kerja..

  3. 3 Majalah Masjid Kita August 20, 2011 at 9:15 pm

    klise sih.. semua tergantung kitanya juga sih mas🙂

  4. 4 niQue August 21, 2011 at 1:03 am

    ga ngantor jadi ga ada jam pulangnya😀

    tapi pulang lebih awal bagi ibu bekerja tentunya menyenangkan
    karena bisa masak dan lain2 …
    tapi buat para singles sih merugikan, ya seperti itu tuh
    takutnya malah kepikiran sama laper dan hausnya hehehe

  5. 5 Mas Jier August 21, 2011 at 5:55 am

    Alhamdulillah di tempat saya
    Ramadhan nggak ramadhan jam kerja sama tetep pulang jam 5 sore
    semangatnya aja yang beda

  6. 6 @zizydmk August 21, 2011 at 11:22 am

    Kantor kami kalau Ramadhan tiba, memang ada peraturan mengenai jam kerja. Jadi jam istirahat dikurangi jadi 1/2 jam dan dengan demikian jam pulang pun jadi maju 1/2 jam. Tujuannya agar yang berpuasa tetap bisa menjalankan ibadahnya, sempat untuk berbuka dan tarawih di rumah. Maklum Jakarta macet always kan.

  7. 7 iam August 21, 2011 at 12:43 pm

    Ditempat kuliah saya juga gak ada pengurangan waktu. Kalau pulangnya biasanya jam 6 sore, bulan puasa pun tetap begitu. Jadi buka puasa dijalan deh >.<

  8. 8 Sriyono Semarang August 22, 2011 at 4:02 am

    kita kerja di bank swasta yang sekarang milik asing, meski resminya lebih awal 30 menit, namun nggak mungkin bisa pulang on time juga, pasti tetep jam lima lebih….
    ahhhhh belum merdeka hahahha….

  9. 9 ~Amela~ August 22, 2011 at 12:58 pm

    Sebenarnya bukan dikurangi sih.
    secara teoritis, pulangnya lebih awal, tapi jam istirahatnya juga dipotong jadinya,..
    tapi ya praktiknya menyesuaikan.. hehehe
    #pengakuan(c)pns

  10. 10 mama-nya Kinan August 22, 2011 at 2:49 pm

    Salam, selamat menunaikan ibadah puasa..
    saya pekerja swasta MNC yang tidak mengenal SARA…nggak peduli mau puasa atau enggak..jam kerja tetap dan beban kerja tetap..hiks…enaknya jadi PNS yah..:)
    tapi saya setuju dengan pendapat sampean soal pulang lebih cepat lebih banyak nggak efektifnya…nonton tv, ngabuburit gak jelas..tapi kalo dimanfaatkan untuk ngaji dan ibadah kayaknya bagus tuh..:)

  11. 11 Travel Haji Plus August 25, 2011 at 6:52 pm

    Mestinya Ramadhan tidak menjadi penghalang untuk ber-profesional.. thanks


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s




Enter your email address to follow this blog and receive notifications of new posts by email.

Join 1,988 other followers

Selamat Datang!

Kategori

Twitter

Arsip


%d bloggers like this: