Hati-hati Ludah!

Saya merasa akhir-akhir ini banyak pengendara sepeda motor (di kota tempat tinggal saya) yang sering buang ludah sembarangan ketika sepeda motor masih berjalan. Saya beberapa kali melihatnya, dan bahkan hampir menjadi “korban”.

Makanya, sekarang saya lebih berhati-hati lagi ketika mengendarai sepeda motor. Sebisa mungkin saya menghindari posisi berada di belakang agak ke kiri dari pengendara motor yang sedang melaju dengan kecepatan tetap. Karena bisa saja sewaktu-waktu ia membuang ludah ke sebelah kiri tanpa menghentikan sepeda motornya terlebih dahulu.

Yang lebih membuat miris adalah, para pengendara ini seolah-olah tidak peduli apakah di belakangnya ada orang lain atau tidak. Saya pernah melihat yang demikian. Jadi di tengah laju sepeda motor, si pengendara melambatkan lajunya sejenak, lalu buang ludah begitu saja tanpa melihat ke belakang. Ludahnya muncrat ke mana-mana karena memang sepeda motor yang ia kendarai sedang melaju dengan kecepatan yang lumayan. Maaf kalau membuat teman-teman merasa jijik😀

Terus terang saya baru beberapa bulan ini merasa bahwa kok sepertinya semakin banyak aja pengendara sepeda motor yang berlaku seperti itu. Perasaan, 2-3 tahun yang lalu saya jarang melihat aksi yang demikian. Entah apa yang penyebabnya. Bisa jadi karena sekarang mobilitas masyarakat di kota saya semakin tinggi sehingga mereka tidak mau membuang-buang waktu untuk sekadar berhenti sejenak ke pinggir jalan, lalu membuang ludah dengan sopan.

Saya sangat menyayangkan tingkah laku para pengendara itu. Tingkah laku tersebut menunjukkan bahwa kesadaran mereka dalam berkendara masih sangat kurang. Mereka seperti tidak peduli bahwa pengguna jalan tidak hanya dia seorang, dan bahwa sesama pengguna jalan harus saling menghormati, misalnya dengan tidak membuang ludah sembarangan.

Saya pribadi lebih memilih untuk berhenti di pinggir jalan bila ingin membuang ludah. Nggak apa-apalah menyisihkan waktu beberapa detik untuk berhenti daripada hemat waktu tapi berpotensi merugikan orang lain.

Oh iya, saya dengar di beberapa negara maju, meludah sembarangan bisa kena denda. Wow….

Bagaimana dengan teman-teman, apakah pernah melihat pengendara sepeda motor yang membuang ludah sembarangan tanpa memberhentikan sepeda motornya? Atau bahkan mungkin teman-teman pernah menjadi “korban”? Sharing, ya….🙂

6 Responses to “Hati-hati Ludah!”


  1. 1 Dhenok August 19, 2011 at 12:58 pm

    alhamdulillah selama saya mengenadari motor saya tak pernah meludah dan diludahi mas, hehe. bukan hanya para pengendara motor saja kok, saya juga sering melihat pengendara mobil dan pejalan kaki juga melakukan hal yang sama. mungkin nanti kali yaa kalo udah banyak yang jadi korban baru akan di berlakukan denda untuk orang2 yang meludah sembarangan..

  2. 2 Asop August 19, 2011 at 2:22 pm

    Hiiiii saya paling jengkel dengan peludah sembarangan.😦
    Mas tahu, saya sering sekali melihat orang2 meludah saat jogging! Ya, meludahnya di jogging track!😡
    Itu yang membuat saya jengkel dan marah.👿

  3. 3 doktergigigaul September 5, 2011 at 11:11 am

    saya belum pernah melihat atau mengalami, tapi semoga enggag usah ya..jijay memang..

    tapi memang lebih baik, daripada buang ludah mending buang duit..

  4. 4 Asep Suhendar January 1, 2012 at 1:33 pm

    kalau pengalaman saya lebih parah lagi, jangankan meludah dijalan, ditempat kerja saya juga ada yang suka meludah sembarangan

  5. 5 Asep Suhendar January 1, 2012 at 1:37 pm

    heran nya, orang yang suka meludah tersebut, ga sadar, kalau orang-orang disekitarnya ga suka dengan tingkah lakunya,
    dan yang paling menyebalkan, ketika mau makan dan sedang makan masih sempat-sempatnya meludah… jadi JIJAY


  1. 1 Hati-hati di Jalan | Catatan gado-gado Trackback on February 21, 2014 at 8:22 am

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s




Enter your email address to follow this blog and receive notifications of new posts by email.

Join 1,986 other followers

Selamat Datang!

Kategori

Twitter

Arsip


%d bloggers like this: