Membangkitkan Semangat Kerja Dengan Menikmati Hasil Karya Sendiri

Namanya saja manusia, kadang kita sangat semangat dalam menjalani pekerjaan, namun juga tidak jarang merasa malas untuk menyelesaikannya. Sebenarnya ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk mengatasinya, dan hal itu sudah diutarakan oleh para motivator dan para ahli di bidang pengembangan diri.

Nah, kali ini saya ingin menceritakan pengalaman saya dalam memotivasi diri sendiri supaya giat bekerja di tengah kejenuhan yang melanda saya.

Pada saat-saat tertentu, pekerjaan yang saya jalani bisa sangat membosankan. Kalau sudah begitu, saya merasa malas untuk mengerjakannya. Rasa malas itu datang terkadang juga karena pekerjaan yang harus diselesaikan terlalu sulit atau ribet. Mood kadang juga berpengaruh. Padahal, jauh di dalam lubuk hati yang paling dalam, saya mewajibkan diri untuk bekerja sebaik-baiknya, karena toh saya memang digaji untuk menyelesaikan pekerjaan itu.

Ya, saya termasuk orang yang tidak terlalu suka “makan gaji buta”. Sekadar cerita, saya sangat prihatin dengan pegawai kecamatan di tempat tinggal saya (dan mungkin tempat lainnya) yang nggak profesional dan terlihat ogah-ogahan dalam bekerja. Berhubung saya nggak suka dengan sikap mereka itu, tentu sangat nggak pantas kalau saya juga melakukannya, hehe….

Nah, salah satu cara yang sering saya lakukan untuk membangkitkan semangat kerja adalah dengan menikmati hasil-hasil pekerjaan yang sudah saya selesaikan sebelumnya. Ada semacam “bisikan” yang memenuhi kepala saya, “Lihatlah, kamu bisa menyelesaikan pekerjaan ini dengan baik, lho! Coba amati, hasil karyamu ini begitu rapi dan menarik. Kamu pasti bisa melakukannya lagi. Semangat!”
Begitulah. Sampai saat ini saya masih suka melakukan cara itu🙂

Oh iya, agar cara tersebut efektif, hasil pekerjaan yang saya nikmati adalah karya terbaik yang pernah saya selesaikan. Sebab, kalau menggunakan hasil karya yang biasa-biasa saja, bisa-bisa saya malah jadi lebih malas dibanding sebelumnya, hehehe….

Oh iya, ada satu cara sederhana lagi yang kadang saya lakukan untuk memotivasi diri sendiri, yakni dengan melihat daftar pekerjaan yang sudah saya selesaikan. Ya, saya memang terbiasa membuat list semacam itu.

Dengan melihat ada begitu panjang deretan daftar pekerjaan yang sudah saya selesaikan, saya seolah-olah mendapat energi baru. Energi yang dahsyat untuk melanjutkan proses eksekusi pekerjaan yang sedang saya garap.

Kalau teman-teman bagaimana, adakah cara khusus yang sering teman-teman lakukan untuk membangkitkan semangat belajar atau semangat kerja?🙂

5 Responses to “Membangkitkan Semangat Kerja Dengan Menikmati Hasil Karya Sendiri”


  1. 1 isnuansasa August 15, 2011 at 11:21 am

    Jujur ya, kadang saya ya magabut juga. Hehehe…

    Semangat mendekati detlen. Jangan ditiru ya…

  2. 3 Fauzan Mars August 16, 2011 at 12:21 pm

    mmang bro kdang sering gtu saya.. tp mo diilangin deh.. semoga bnar2 ilang…🙂

    o ya, nie ikut lomba yuk dlm merayakan ultah RI…..
    http://fauzanzasqi.wordpress.com/2011/08/16/independence-day-small-event/


  1. 1 Melamar Kerja atau Berbisnis Sendiri? « Ditter's Blog Trackback on November 1, 2011 at 8:12 am
  2. 2 Bangun Siang « Home Trackback on November 28, 2011 at 11:48 am

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s




Enter your email address to follow this blog and receive notifications of new posts by email.

Join 1,985 other followers

Selamat Datang!

Kategori

Twitter

Arsip


%d bloggers like this: