PIN dan PUK IM2 Paket Asik Unlimited

Seperti yang sudah saya janjikan di postingan sebelumnya, saya akan menceritakan pengalaman yang kurang menyenangkan dengan IM2 Broom Paket Asik Unlimited. Mudah-mudahan postingan ini berguna bagi teman-teman yang mengalami masalah serupa.

Saya sengaja memilih IM2 Broom Paket Asik Unlimited karena harganya terjangkau, baik harga kartu perdana maupun tarif per bulan. Di samping itu, sinyal IM2 di kos saya sangat memuaskan. Dengan kata lain, menurut saya paket tersebut benar-benar cocok dengan saya. Tapi, hal ini belum tentu berlaku juga untuk teman-teman🙂

Singkat kata, saya beli kartu perdana paket yang dimaksud di konter dekat kantor. Berhubung ada pekerjaan, saya baru bisa mencoba kartu tersebut di malam hari. Betapa kagetnya saya karena kartu perdana tersebut tidak bisa dipakai karena terkunci!

Untuk membuka kunci itu, saya harus memasukkan PIN dan PUK. Saya sangat bingung, karena tidak tahu nomor PIN dan PUK kartu perdana itu, dan tidak tahu harus ke mana mencarinya. Padahal, petunjuk/manual setting yang disertakan di dalam paket kartu perdana sama sekali tidak membicarakan perihal PIN dan PUK.

Dengan mengorbankan beberapa ribu rupiah pulsa di ponsel, saya cari-cari informasi di Google tentang bagaimana cara mengetahui PIN dan PUK kartu IM2. Di salah satu website, saya dapat informasi bahwa PIN dan PUK tertera di bagian belakang kartu pokok yang jadi satu sama chip. Berikut gambar yang berhasil saya dapat:

Saya tambah bingung, karena saya sama sekali tidak melihat angka PIN dan PUK di kartu yang saya punya! Ya, kartu yang dimaksud tampak tidak sama dengan gambar kartu di atas. Ini benar-benar aneh.

Akhirnya, malam itu saya tidak bisa online via modem. Saya benar-benar gusar, dan kemudian memutuskan untuk mendatangi gerai IM2 di kota saya keesokan paginya. Saya terpaksa izin telat masuk kantor.

****

Saya tiba di gerai IM2 tepat ketika gerai tersebut baru saja buka. Saya langsung menceritakan masalah saya kepada petugas gerai, bahwa kartu IM2 yang saya beli masih terkunci, dan untuk membukanya diperlukan PIN serta PUK, sedangkan saya tidak tahu PIN dan PUK kartu saya. Si petugas memberikan penjelasan yang membuat saya terkejut. Katanya, IM2 Broom Paket Asik Unlimited perdana memang terkunci dan harus dibuka dengan PIN dan PUK.

Nah, seharusnya PIN dan PUK tersebut tertera di bagian belakang kartu pokok. Namun, petugas itu mengakui bahwa memang ada beberapa produk di pasar dimana kartu pokok tersebut tidak mencantumkan nomor PIN dan PUK, alias polosan (seperti kartu perdana yang saya beli). Bagi konsumen yang kebetulan membeli produk tersebut, mau tidak mau mereka harus datang ke gerai IM2 untuk menanyakan PIN dan PUK kartu. Wah, bagi para pekerja seperti saya, hal itu tentu sangat merepotkan dan membuang-buang waktu. Seharusnya IM2 menarik produk yang tidak layak jual seperti itu.

Bila saya ambil kesimpulan, maka ada dua hal yang membuat saya tidak puas terhadap IM2 Broom Paket Asik Unlimited. Pertama, petunjuk/ manual setting yang disertakan di dalam paket kartu perdana sama sekali tidak menjelaskan bahwa kartu perdana dalam kondisi terkunci dan HARUS dibuka dengan PIN dan PUK. Masalah ini juga dialami oleh konsumen lain, dan ceritanya bisa disimak di sini.

Kedua, berdasarkan keterangan dari petugas gerai, ada beberapa produk IM2 Broom Paket Asik Unlimited yang TIDAK mencantumkan nomor PIN dan PUK di dalam kartu pokok. Pada dasarnya, produk tersebut tidak layak jual, namun pada kenyataannya tetap tersebar di pasaran.

Nah, bagi teman-teman yang mengalami masalah serupa, maka cara penyelesaiannya adalah dengan datang ke gerai IM2 untuk menanyakan PIN dan PUK kartu perdana.

Demikian, semoga bermanfaat!🙂

29 Responses to “PIN dan PUK IM2 Paket Asik Unlimited”


  1. 1 Suke Semarang March 17, 2011 at 8:27 am

    Klo saya biasanya bawa laptop sekalian buat setting untuk memastikan bisa idup, sudah sering kejadian yang seperti itu seeh…

  2. 2 Yoshar March 17, 2011 at 2:40 pm

    terima kasih atas infonya … tetapi hendaknyo indosat IM2 segera menarik produk tersebut …. karena merugikan pelanggan Indosat … Lalu bagaimana dengan nasib kami yang telah terlanjur membli produk tersebut. klo sengaja mau ke gerai Indosat. sungguh sangat merepotkan ….

    Wassalam

  3. 3 3sna March 17, 2011 at 6:22 pm

    wah… kayaknya biar mbak/mas penjual kartu IM2 nya yang sekalian nge set deh mas ditter… tapi bete kali ya nunggu antriannya itu… (X_x) makjan panjang bet…

    • 4 Ditter March 17, 2011 at 7:53 pm

      @Suke: Hehe…. Iya…. Setelah bolak-balik ke gerai, yg terakhir kalinya saya memang bawa laptop untuk disetting sekalian oleh petugas gerai🙂

      @Yoshar: Ya, betul sekali, Kawan….

      @3sna: Yupz, salah satu hal yg menyebalkan datang ke gerai adalah antrean yg lumayan panjang…. -_-”
      Untuk mengatasi hal itu, saya datang ke sana pas ketika gerai baru saja buka, hehehe….

  4. 5 niee March 18, 2011 at 7:04 pm

    waduh merepotkan juga yak..
    aku kemaren pernah mau beli im2, tapi mikir takut lemot jadi lebih milih pake speedy, lagian klo keluar rumah banyak WiFi gratisan juga😀

  5. 6 Krisna Shop March 23, 2011 at 10:37 pm

    wahh ngerepotin banget yah bro klo gitu:mrgreen:

    salam kenal yah bro😛

  6. 7 fitr4y March 24, 2011 at 5:40 pm

    belom pernh ngalamin kya gitu,, repot bgt y ..

  7. 8 personal health care March 24, 2011 at 5:42 pm

    berkunjung .. gak mw pake yg itu ..
    🙂

    • 9 ditter March 24, 2011 at 10:14 pm

      @Niee: waaah… enaknya tinggal di daerah yg banyak wi-fi nya.. hehe….

      @Krisna Shop: salam kenal juga, Bro! Terima kasih banyak sudah berkunjung ke sini🙂

      @Fitray: syukurlah kalau belum pernah ngalamin hal yg sama, hehe….

      @Personal Health Care: Wow, ternyata Fitray punya blog lain, ya….🙂

  8. 10 Elin Pike April 12, 2011 at 10:06 am

    wah parah,kartu ngga layak jual tetep disebar ke pasaran.ckckkck *gw mengalami hal yang sama juga*

  9. 11 Nandini April 22, 2011 at 6:34 am

    im2 broom saya sudah pensiun lama… habis ribet😦

  10. 13 agus haryono May 7, 2011 at 2:11 pm

    weleh weleh ! ag beli unlimited asiik kagak bisa untuk brosing,penasaran aq isi lagi 50 rb tetap tidak bisa brosing( koneksinya langsung putus …asyik asyik lagunya iwan false)boncos deeh ampun. mbalik lagi ke kartu 3 maknyos

  11. 14 chient ta June 9, 2011 at 9:15 pm

    sama juga…
    ku malah kagak bisa konek..
    ga tahu tuh kenape..
    males mu telf cs, pulsa langsung amblas..
    mana nunggu luamaaa buanget boookkkkkkk
    akhirnya kartu masih ter onggok di pojok meja kamar
    hiks…
    hiks…..

  12. 15 achmad choiron June 13, 2011 at 4:28 pm

    makasih infonya.kejadiaan sama seperti temen saya.ya besuk temen saya sarankan ke galeri indosat biyar tahu pin dan punk nya.

  13. 16 didi June 19, 2011 at 12:00 am

    sumpah..sama..boikot. sejuta suara buat im2..

  14. 17 Senbonzakura Kageyoshi June 24, 2011 at 7:07 pm

    sebenernay gak sulit juga, tinggal call ke cust service IM2
    kan 24 jam bro…ane juga sempet bingung,dan menrurt cust servicenya bukan gak layak jual,tapi karena pencetakannya aja. memang agak sulit,tapi so far bisa dibantu sama mereka kok

    btw no. kontak cust servicenya ada di voucher perdananya kok. di bawah cara setting koneksi…semoga membantu…

  15. 18 favoyou June 27, 2011 at 1:41 pm

    BEGINIIII
    Ane juga sempat kaya gitu..
    pas malam minggu tuh kejadiannya..
    pas pin udah hangus, buru- buru aja Ane email ke Indosatm2.
    (gak perlu datang ke gerai,,, kan malem minggu tutup.. haha)

    alamat emailnya
    e-care@indosatm2.com

    data-data yang perlu agan2 lampirin :
    – Custumer ID
    – Nomer Kartu ( ada tuh di belakang simcardnya, di bungkus perdana juga ada)

    Jangan lupa kasi no Telp/Hp yang dapat dihubungi, ame Nama juga ya.
    ntar tuh beberapa saat di telp tuh ama orang indosat.
    semoga membantu, daripada hangus tuh perdana im2nya…
    ya gak.. hehe

  16. 19 arya August 26, 2011 at 2:45 pm

    bagi yg mau beli, bawa hp,nya ke tempat membeli.(bawa pc-nya juga boleh.) aktifkan disitu, jadi jika kemungkinan kartu di pin, bisa tanya ke yg jual. gampang, kan. hehehe.

  17. 20 elok darojatin September 21, 2011 at 12:44 pm

    3 hari yang lalu saya juga membeli kartu IM2, saya sekarang juga masih bingung dengan kartu yang membingungkan pelanggan ini. yaaaahhhhhh akhirnya dengan terpaksa deh, ke gerai indosat… padahal saya lagi sibuk di kampus nihhh…… huft, payah…..

  18. 21 Amin October 25, 2011 at 3:08 pm

    Saya juga menggunakan im2 paket unlimited juga, yang penting sekarang sudah lancar online to…salam…

  19. 23 syaft December 17, 2011 at 10:38 am

    Kejadiannya sama dengan yang bro ceritakan. Saya beli paket Asik di Jakarta Notebook dan ketika sim card saya sudah masukkan ke dalam modem dan dicolok ke komputer, kemudan install lalu selesai…nah disini mulai masalahnya….. komputer minta PIN yang membuat saya kebingungan nyarinya. Soalnya di bagian belakang kartu starter kitnya ga ada sama sekali informasi mengenai PIK ataupun PUK. Jadi kalau ada yang beli paket asyik ini, silahkan bro periksa dulu ada ga informasi PIK maupun PUK di badan kartu. Soalnya pasti akan bikin susah…karena kita pasti disuruh datang ke gerai atau kantor indosat untuk mendapatkannya…

  20. 24 isnuansa January 26, 2012 at 7:31 pm

    Saya juga pake IM2 Dit, tapi entah ini paket apa, per bulannya 150.000,-

  21. 25 sugiarto January 28, 2012 at 1:57 pm

    numpang curhat bro, aku juga baru beli perdana im2 yg paket asik unlimited kira2 seminggu yg lalu,di tempat aku harga 75 rb stelah aku masukkn kartu ke modem dan setting sesuai di brosur langsung ngacir selncarnya tanpa regestrasi,dan mengganggu pikiran aku gmana cara cek pulsanya dan masa aktifnya trus kpan isi ulangnya yg 50rb/bulan itu, mungkin mas bro bisa kasih infonya ke aku. Makasih seblmnya mas bro dan tlg infokan ke Email ku.

  22. 27 parno March 30, 2012 at 8:31 pm

    Pakai AHA di jamin BERES maz Broow, IndosatM2 pancen njelehi. CS nya ditanya PUK bilangnya server baru error…

  23. 28 kangguru October 9, 2012 at 10:03 pm

    sama, saya sudah beli im2 kira-kira 3 bulan yg lalu,tp sampai sekarang belum aktip. ndak profesional blass

  24. 29 fleetwood mac 60's October 1, 2014 at 10:04 pm

    She wrote “Landslide” on the 1975 Fleetwood Mac album. Largely considered one of rock music’s greatest bands ever, Fleetwood Mac delighted the invitation-only audience estimated at over 9,000,
    to a evening filled with classic songs, primarily from their eponymous 1975 album and their magnum opus, ‘Rumours’,
    released the following year, when the band was arguably at
    its peak in worldwide popularity. “The only problem was that Baker and Bruce had a history with each other.


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s




Enter your email address to follow this blog and receive notifications of new posts by email.

Join 1,988 other followers

Selamat Datang!

Kategori

Twitter

Arsip


%d bloggers like this: