Resensi Buku: Way Back To Healthy Soul

Hidup manusia tidak selalu mulus. Ketika sedang asyik menikmati kenyamanan hidup, cobaan sering kali datang tanpa permisi. Contoh yang paling mudah adalah beragam bencana yang menimpa Indonesia beberapa bulan terakhir, misalnya banjir bandang di Wasior, tsunami di Mentawai, atau letusan Merapi di Yogyakarta.

Pepatah mengatakan bahwa selalu ada hikmah di balik setiap musibah yang kita terima. Meski demikian, ternyata tidak semua orang mampu menangkap hikmah tersebut dan justru lebih memilih untuk semakin tenggelam dalam kubangan kesedihan. Padahal, ada pilihan lain yang lebih menyenangkan untuk kita ambil, yaitu mengolah cobaan hingga menjadi sesuatu yang nikmat dan tidak terasa berat.

Buku Way Back To Healthy Soul ini mencoba menawarkan cara-cara islami mengubah ujian dan cobaan menjadi kenikmatan. Semua cara itu diambil berdasarkan pengalaman pribadi penulisnya (true story) ketika menderita sakit yang sangat parah, serta didukung oleh riset yang tekun sehingga bisa dikatakan terjamin keampuhannya. Dilengkapi pula dengan dalil-dalil berupa ayat-ayat suci Al-Qur’an yang bisa menjadi sumber kekuatan mental dalam menghadapi beragam cobaan hidup.

Selain dipenuhi motivasi-motivasi islami yang menguatkan hati, buku ini juga berisi kiat-kiat praktis dalam menghadapi sakit, misalnya apa yang harus Anda lakukan ketika sedang menderita penyakit tertentu, atau bagaimana cara memilih dokter yang tepat untuk menangani perawatan kesehatan (halaman 70). Tentu kita tidak ingin penyakit yang kita derita semakin parah akibat salah dalam mengambil pilihan perawatan.

Buku ini semakin kaya berkat sajian kata-kata inspiratif yang begitu menggugah sehingga bisa membangkitkan semangat hidup bagi siapa pun yang membacanya.

Pembaca juga bisa menemukan humor-humor segar yang diselipkan di beberapa bab. Secara umum, humor-humor tersebut memang lucu, atau setidaknya mampu mengundang senyum. Sayangnya, isi humor tidak memiliki keterkaitan yang jelas dengan isi buku sehingga terkesan hanya sekadar tempelan yang tanpa makna.

Terlepas dari kekurangan tersebut, buku Way Back To Healthy Soul tetap layak dibaca oleh siapa pun yang sedang menghadapi cobaan dan membutuhkan suntikan motivasi islami.

 

Judul : Way Back To Healthy Soul
Penulis : M. Andri K. A.
Penerbit : Citra Risalah, Yogyakarta
Cetakan : I, November 2010
Tebal : xii + 184 halaman

0 Responses to “Resensi Buku: Way Back To Healthy Soul”



  1. Leave a Comment

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s




Enter your email address to follow this blog and receive notifications of new posts by email.

Join 1,988 other followers

Selamat Datang!

Kategori

Twitter

Arsip


%d bloggers like this: