Alanda Kariza, Inspirasi untuk Para Pemuda Indonesia

Pas buka Kaskus, saya disuguhi thread yang membahas curahan hati Alanda Kariza tentang kasus hukum yang menimpa ibunya. Thread itu sangat ramai. Kebetulan saya tidak terlalu tahu masalah yang membelit Alanda. Saya juga sama sekali tidak tahu siapa dia. Memang, beberapa kali saya sempat melihat link-link di beragam situs berita tentang Alanda dan curahan hatinya. Tapi, ketika itu saya tidak terlalu memedulikannya sehingga link-link tersebut terlewat semua.

Setelah sejenak membaca thread itu di Kaskus, saya langsung buka blog pribadi Alanda Kariza. Di situ, ia menumpahkan kekecewaannya karena merasa ibunya mendapat perlakuan yang tidak adil di depan hukum. Tuntutan 10 tahun penjara dan denda 10 miliar rupiah untuk ibunya atas kasus Bank Century sungguh dirasa tidak masuk akal. Hukuman itu bahkan jauh melebihi vonis untuk Robert Tantular atau Gayus Tambunan yang kita tahu tingkat kejahatan mereka berdua tergolong berat. Alanda bercerita, selama ibunya bekerja di Bank Century, keluarganya tidak lantas bisa hidup foya-foya. Tidak seperti para koruptor yang hidup mewah karena merampok uang negara.

Thread yang saya baca di Kaskus itu mengundang banyak komentar. Banyak yang bersimpati kepada Alinda, namun tidak sedikit pula yang tidak mendukungnya. Saya sendiri tidak bisa mengambil posisi. Bagaimanapun, saya benar-benar tidak tahu seluk beluk masalah hukum yang membelit Arga Tirta Kirana, ibunda Alanda Kariza.

Kalau membaca curhat Alanda di blognya, terus terang saya turut prihatin. Tapi, saya juga tidak bisa sembarangan mendukung ibunda Alinda bebas, sebab kalau memang terbukti salah, ya, tetap harus dihukum. Hanya saja saya berharap semoga hukuman itu adil (bila memang terbukti bersalah). Hukuman untuk koruptor kelas kakap semacam Gayus Tambunan bisa dijadikan perbandingan.

Nah, sampai tulisan ini dibuat, sudah banyak sekali blog yang membahas curhat Alanda tentang ibunya. Jadi, saya tidak perlu menambahinya lagi. Saya ingin bercerita hal lain.

Ketika mengakses blognya Alanda, saya cukup terkejut karena ternyata Alanda bukan sembarang orang. Ia adalah penulis berbakat. Ketika masih berumur 14 tahun, novel hasil karyanya terbit. Beberapa buku sudah ia hasilkan, dan yang terakhir diterbitkan oleh penerbit nasional ternama, Gramedia Pustaka Utama. Di samping itu, ternyata Alanda adalah sosok yang memiliki kepedulian besar terhadap Indonesia. Ia mendirikan organisasi nirlaba kepemudaan, The Cure For Tomorrow.

Sebelum kuliah, Alanda sudah mulai mandiri. Ia memperoleh beragam penghasilan dari pekerjaan yang ia lakukan, yakni menulis buku dan menulis artikel di berbagai majalah remaja terkenal.

Alanda adalah remaja yang cerdas dan berprestasi. Meski aktif di berbagai organisasi, prestasi akademisnya sangat baik. Saat ini ia mendapat beasiswa penuh di Bina Nusantara, dan IP nya selalu di atas tiga. Ia juga pernah mengikuti forum internasional dan memperoleh beasiswa untuk mengikuti kursus singkat di Eropa. Ia bahkan diundang oleh Kedutaan A. S. untuk datang ke kuliah umum Presiden Barack Obama di UI beberapa waktu lalu. Prestasi lainnya adalah ia bersama timnya pernah menyelenggarakan konferensi pemuda tingkat nasional yang diberi nama Indonesian Youth Conference.

Dalam beberapa tulisannya di blog, Alanda mengaku bahwa ia tidak meraih prestasinya dengan mudah, tetapi melalui perjuangan yang tekun dan pantang menyerah. Hal ini tentu patut kita contoh. Hal yang paling membuat saya terkesan adalah sebagian besar prestasinya (salah satunya menyelenggarakan konferensi pemuda tingkat nasional) itu ternyata merupakan mimpi-mimpi yang telah ia perjuangkan sekuat tenaga sebelum akhirnya bisa tercapai. Ia mengaku masih punya banyak mimpi lainnya, salah satunya menyelenggarakan Indonesian Youth Conference setiap tahun. Luar biasa.

Menurut saya, Alanda Kariza bisa menjadi inspirasi bagi para pemuda Indonesia agar berani bermimpi dan berani memperjuangkan mimpi-mimpi itu sekuat tenaga.

Terakhir, semoga ia diberi kekuatan atas cobaan yang sedang menimpanya. Amin.

15 Responses to “Alanda Kariza, Inspirasi untuk Para Pemuda Indonesia”


  1. 1 niee February 12, 2011 at 11:04 am

    aku gak kenal siapa itu Alanda sebelum dia heboh di twitter tentang ibunya. Mungkin terkesan memang banyak yang mensupport dia, tapi toh kita masih belum tahu ibunya bersalah atau tidak..

    kemaren sempat iseng ngeblog bilang dia seleb twitter walaupun dia emang udah terkenal sebelumnya malah kena tegur sama temennya, hehe..

  2. 2 ais ariani February 12, 2011 at 11:52 am

    iyah dit, terlepas dari status ibu nya yang pro dan kontra dan curhatan dia soal ibu nya itu,
    kalau kita baca tukisan nya dia di blog pribadi nya itu, kita jadi ikutan prihatin yah
    tapi seperti yang pernah kita pelajari dulu; kalau memahami segala sesuatu itu harus lebih komprehensif (saaahhh…)
    😀

  3. 3 orange float February 14, 2011 at 6:45 pm

    ngak kenal juga sama Alanda tapi pernah baca beritanya di koran. saya malah binggung sama hukum di Indonesia, si gayus yang korupnya jauh lebih besar hanya dipenjara 7 tahun

    • 4 Ditter February 15, 2011 at 1:14 pm

      @Niee: Wah, kok ditegur sama temannya…. Semoga niat si teman itu positif ya, hehe….

      @Mbak Ais: Bener, Mbak! Ternyata mbak Ais masih ingat dengan apa yg kita pelajari dulu, ya… Haha….

      @Orange float: Iya tuh, bikin bingung aja… Sekaligus bikin prihatin😦

  4. 6 fitr4y February 15, 2011 at 5:16 pm

    orang hebat sedang di uji,, semoga lulus ujian .. heheh

    salam 🙂

  5. 7 giewahyudi February 15, 2011 at 7:13 pm

    Silahkan mampir diblog saya, ada tulisan tentang Alanda tanpa embel-embel ibunya, Alanda berprestasi sejak belia sampai sekarang, semoga tidak terhenti karena masalah ibu

  6. 8 irfanandi February 15, 2011 at 10:01 pm

    terlepas dari kasus ibunya,,dia sosok muda yg inspiratif..

  7. 10 mona February 16, 2011 at 8:44 pm

    Terlepas dari bersalah atau tidak bersalah status ibunda alanda, seharusnya kita memiliki sikap empati, menempatkan posisi kita pada kedudukan alanda sekarang..

  8. 11 mona February 16, 2011 at 8:48 pm

    berempatilah terhadap kondisi orang lain…:)

  9. 12 villa orchid February 17, 2011 at 1:56 pm

    Amin, amin, amin ya roballalamienn…
    Semoga diberi kesabaran dan kekuatan dalam segala coba’an “Alanda Kariza”, mari pemuda indonesia semuanya menirukan atau memetik hikmah dari seorang “Alanda Kariza”.
    Salam kenal dan trims…

  10. 13 resnasuci October 7, 2013 at 5:01 pm

    Reblogged this on PART OF STORY and commented:
    fallin’ in love with alanda ❤


  1. 1 Anak Rumahan :D « Ditter's Blog Trackback on February 17, 2011 at 11:41 pm
  2. 2 Anak Rumahan :) « NungkyAbbilya Trackback on February 10, 2013 at 8:01 pm

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s




Enter your email address to follow this blog and receive notifications of new posts by email.

Join 1,985 other followers

Selamat Datang!

Kategori

Twitter

Arsip


%d bloggers like this: