Tetap Berjuang Timnas Indonesia!

Tahukah teman-teman, apa yang ada dalam pikiran saya ketika timnas sepakbola Malaysia lolos ke final piala AFF setelah berhasil menghentikan langkah juara bertahan Vietnam?

Dipikiran saya malah terbayang begini. Sepertinya akan menjadi sebuah skenario yang “indah” bila Indonesia bertemu Malaysia di final, dan kemudian kalah.

Kenapa “indah”? Pertama, karena dalam laga-laga sebelumnya, Indonesia begitu berjaya. Kedua, Malaysia bisa lolos ke semifinal karena Indonesia memenangkan pertandingan melawan Thailand pada babak penyisihan grup. Jadi, bisa dibilang Indonesia ikut andil dalam keberhasilan Malaysia lolos ke semifinal piala AFF.

Bayangkan, tim kita yang begitu kuat dan telah menumbangkan lawan-lawannya dengan telak, kemudian dikalahkan oleh tim yang notabene (di atas kertas) berada di bawah kita dan bahkan hampir saja tidak lolos ke babak berikutnya –kalau bukan karena kita. Bukankah itu sebuah skenario yang “indah”? –untuk tidak mengatakan tragedi.

Saat itu, saya pun berpikir, walaupun “indah”, namun tentu saja skenario itu (masih) tanpa alasan. Bila tanpa hikmah dan pelajaran, tentu Tuhan tidak akan mewujudkan skenario itu. Tapi, kemudian saya menemukan alasan tersebut.

Setelah Indonesia mengalahkan Filipina di laga kedua dan kemudian lolos ke final, kita semua melonjak bahagia. Ya, bahagia karena harapan untuk menjuarai piala AFF untuk pertama kalinya semakin terbuka lebar. Tapi, kemudian saya merasa sangat aneh. Saya merasa digiring untuk mau melihat dan meyakini bahwa timnas sudah benar-benar meraih kemenangan.

Timnas di ajak ke acara ini-itu, lalu diekspos habis-habisan, bak pahlawan yang telah meraih kemenangan. Saya masih ingat betul. Selama beberapa hari selalu disuguhi tulisan “Garuda Meraih Mimpi” di layar televisi, seolah timnas memang sudah meraih mimpinya. Fantastis!

Padahal, turnamen belum usai, dan ada kemungkinan bahwa timnas kita akan kalah. Tapi, ketika itu, kemungkinan tersebut seolah sama sekali tidak terpikirkan.

Kini saya tahu. Kalau Tuhan mewujudkan skenario yang tadi saya sebutkan, ternyata ada banyak pelajaran besar yang bisa diambil, khususnya untuk PSSI, pejabat oportunis, dan para jurnalis televisi yang lebay. Tapi, saya tidak begitu yakin, apakah mereka mau belajar.

Peluang menjuarai AFF tiba-tiba menjadi sangat kecil. Kita semua harus mau menerima kenyataan pahit ini. Bagaimanapun, peluang tetaplah peluang. Bila bisa dimanfaatkan dengan baik, tentu bisa menghasilkan sebuah kemenangan. Jangan menyerah timnas sepakbola Indonesia!! Tetap berjuang untuk pertandingan nanti malam!!

17 Responses to “Tetap Berjuang Timnas Indonesia!”


  1. 1 rubiyanto19 December 29, 2010 at 9:59 am

    semangat Tim Nas,…..!!!!

  2. 2 Vicky Laurentina December 29, 2010 at 11:27 am

    Aku juga berharap timnas kita bakalan menang. Dan aku harap aku bisa nonton mereka malam ini.

    *liat jadwal acara hari ini yang padat banget*

  3. 3 nitnot December 29, 2010 at 2:05 pm

    emang pada lebay…huffh… moga timnas kita menang…!!!

  4. 4 MENONE December 30, 2010 at 4:12 pm

    iya ya bnr bgt sob hehehehehehehe,,,,,,,,,,,,,,,,,,

  5. 5 iam December 30, 2010 at 5:40 pm

    Yapz, kita harus terima dengan lapang dada. Toh masih ada SEA Games dan AFF 2012🙂
    Hidup TIMNAS😀

  6. 6 vany December 31, 2010 at 9:46 am

    yah, apapun hasilnya…
    kita tetap hrs berterima kasih kpd timnas kita…
    mereka telah berjuang habis2an utk menang, meskipun hanya menang di kandang…😀

  7. 7 partnerinvain December 31, 2010 at 10:28 am

    Colekan “manis” buat PSSI

  8. 8 nymph34 December 31, 2010 at 12:42 pm

    pertunjukan yang keren dari timnas.. walopun g berhasil bawa piala tapi mereka mainnya baguss.. dan yang pasti mereka menang lawan malaysia..yayy… love it..😀

    • 9 Ditter January 1, 2011 at 11:53 am

      @Rubiyanto19: Semangat!!😀

      @Mbak Vicky, Nitnot, Menone : Timnas menang, tapi ga juara😦

      @Iam: Ya, walaupun berat, kita tetap harus menerimanya dengan lapang dada. Itulah permainan, ada menang dan ada kalah, hehe…

      @Vany: Iya…. Terima kasih banyak timnas!!😀

      @Partnerinvain: Grrrr…. PSSI bikin gemessss….

      @Nymph34: Iya, hehe…. Tapi sayang banget, pas maen di Bukit Jalil, permainan mereka nggak sebagus biasanya😦

  9. 10 orange float January 2, 2011 at 9:47 pm

    tiap hari dari bangun tidur sampe mau tidur lagi beritanya itu mulu, pemberitaannya lebay dan terlalu dilebihkan

  10. 11 rubiyanto19 January 4, 2011 at 3:05 am

    Timnas meskipun tak menang tetapi tetap di hati …..

  11. 12 Dina Aprilia January 9, 2011 at 11:17 am

    hu’um…hu’um….
    setuju…

    kemana aja bang Ditter???
    ga pernah nongol…

  12. 13 Sriyono Semarang January 10, 2011 at 9:42 pm

    lha kok belum ada posting tahun 2011 ya?🙂

  13. 14 Asop January 13, 2011 at 8:36 am

    Saya optimis, selama timnas kita ada di bawah kepelatihan Rield, timnas bisa menjadi semakin baik reputasinya.🙂
    Semoga kita berjaya di SEA Games dan pra-olimpiade.🙂

  14. 15 alice in wonderland January 15, 2011 at 10:06 am

    hehe udah rada telat komennya, tapi benernya kita gak berhasil karena menjelang pertandingan kebanyakan ngikutin acara labay gak berguna ama kepedean habisnya gak pernah kalah sekalipun serta ngerasa udah pernah ngalahin malaysia.
    btw, kok lama belum update?^^

  15. 16 devieriana January 26, 2011 at 12:01 pm

    Melihat pertandingan final kapan hari walaupun hanya di depan televisi berasa sangat horor, bahkan lebih horor dari film horor😀.

    Menurut saya pertandingan yang kemarin itu dahsyat banget, dahsyat buat yang main, juga dahsyat buat semua yang menonton. Bisa kompak banget gitu. Apapun yang terjadi di balik kisruhnya PSSI, semoga dukungan buat Timnas bisa seterusnya ya..


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s




Enter your email address to follow this blog and receive notifications of new posts by email.

Join 1,988 other followers

Selamat Datang!

Kategori

Twitter

Arsip


%d bloggers like this: