Maju Terus Timnas Sepakbola Indonesia!

Alhamdulillah, sesuai dengan apa yang kita semua harapkan, timnas Indonesia kembali meraih kemenangan di turnamen AFF. Kali ini Bambang Pamungkas dan kawan-kawan berhasil menundukkan timnas Filipina dengan skor tipis, 0:1.

Di menit-menit awal pertandingan, saya sempat khawatir timnas kita akan kalah, mengingat tim lawan memperlihatkan permainan yang cukup agresif dan solid. Di babak pertama, meskipun timnas kita lebih banyak menguasai bola, namun mereka tampak kesulitan membendung perlawanan tim Filipina yang diisi oleh sembilan pemain naturalisasi itu. Tapi syukurlah, kerja keras mereka semua tidak membuktikan kekhawatiran saya. Meskipun hasil yang diperoleh tidak sebaik ketika menghadapi Thailand, namun itu sudah cukup daripada tidak menang sama sekali🙂

Saya perhatikan, timnas kita menerapkan strategi yang bagus. Mereka tidak melulu menggunakan umpan-umpan pendek, tetapi juga mengombinasikannya dengan umpan lambung dan panjang. Ya, ketika itu pemain belakang Filipina memang sangat disiplin dalam menjaga daerah pertahanan mereka. Apalagi dua striker Indonesia di lini depan mendapatkan kawalan yang cukup ketat. Bila hanya mengandalkan umpan-umpan pendek, tentu akan sangat sulit menembus pertahanan yang rapat itu.

Terbukti, gol tunggal timnas Indonesia bermula dari umpan lambung yang diberikan oleh Firman Utina kepada Gonzales. Striker hasil naturalisasi itu berhasil menyarangkan bola ke gawang Filipina lewat tandukannya, setelah kiper Filipina yang juga merupakan kiper ketiga klub Fulham di liga Inggris itu, gagal menghalau umpan lambung tersebut.

Untuk masalah umpan lambung, Firman Utina dan Bustomi adalah duet yang bisa diandalkan. Sayangnya, Bustomi terlihat masih belum bisa memberikan umpan sebaik seniornya, Firman Utina. Yah, maklumlah, Bustomi masih muda. Dia masih perlu melewatkan beragam pertandingan untuk mematangkan skill dan menambah pengalamannya. Yang jelas, turnamen AFF ini tentu akan sangat bermanfaat bagi perkembangan kemampuannya dalam mengolah si kulit bundar. Oh iya, dengar-dengar dia memang sedang dipersiapkan untuk menggantikan Firman Utina bila gelandang andalan Indonesia itu pensiun.

Semifinal turnamen AFF belum selesai. Setelah ini, Indonesia akan menghadapi Filipina lagi, namun dalam laga kandang. Supaya bisa masuk final, paling tidak Indonesia harus menahan imbang Filipina, 0:0. Mmm… Biar lebih menarik, sebaiknya jangan cuma seri. Menang besar seperti ketika membantai Laos dengan enam gol tentu akan lebih menyenangkan. Semoga!🙂

29 Responses to “Maju Terus Timnas Sepakbola Indonesia!”


  1. 1 basir December 17, 2010 at 8:59 pm

    Mundahan saja INdonesia bisa juara AFF .
    Go Indonesia

  2. 2 Denuzz BURUNG HANTU December 17, 2010 at 11:36 pm

    Horeee!!!… Turut berduka untuk filipina… Hehe…
    Bravo timnas… Yakin deh bisa menang!!! Dan jadi jawara!!!

    Salam BURUNG HANTU… Cuit… Cuit… Cuit…

  3. 3 fitr4y December 18, 2010 at 3:32 pm

    saat nya indonesia bergembira …
    🙂

  4. 4 alice in wonderland December 18, 2010 at 5:27 pm

    wadow saya gak nonton pertandingannya soh, tapi kalau ngeliat golnya di siaran ulang kok kayaknya gol Gonzales tamapaknya “bejo banget”…hehe tapi yang bejo itu sulit ya ngebuatnya.^^ Go timnas Indonesia< saya berharap anak negeri ini menunjukkan kemampuannya juga dan tak bergantung pada pemain naturalisasi.😉

  5. 5 vany December 18, 2010 at 8:07 pm

    hmmm…
    semoga ajah indonesia masuk ke final ya….
    biar saia bisa lihat irfan bachdim terus nantinya…hahaha

    • 6 Ditter December 18, 2010 at 11:17 pm

      @Basir: Amin!!!

      @Denuzz: Amin sobat!!

      @Fitray: Eh, masih belum…. Bergembiranya kalau sudah jadi juara AFF aja, hehehe….🙂

      @Alice: Haha… iya tuh… memang tipis banget.. hampir aja nggak gol🙂
      Betul! Saya juga kurang suka kalau naturalisasi dijadikan sebagai jalan pintas. Mungkin pihak yg berwenang cuma nggak becus aja cari bibit pemain sepakbola di negara kita yg luas ini.

      @Vany: Hayooo… ngefans sama Irfan Bachdim, yaaa… 🙂

  6. 7 ario saja December 18, 2010 at 11:27 pm

    Indonesia… semoga juara tahun ini

  7. 8 aciid December 18, 2010 at 11:53 pm

    jadi optimis mnang😀

  8. 10 ditter December 19, 2010 at 12:44 am

    *Ralat: sudah menandi di final

  9. 11 ditter December 19, 2010 at 12:45 am

    *Ralat lagi: sudah menanti di final🙂

  10. 12 aciid December 19, 2010 at 6:06 am

    halah
    jamang malaysia lgi
    klo perlu mah 10 : 0 ntar😀

  11. 13 MENONE December 19, 2010 at 6:40 am

    MENONE akan selalu mendukungmu team merah putih………………….cayooooooooooooo

  12. 14 ihsanara December 19, 2010 at 9:41 am

    semoga malam ini bisa menang lagi

    pray for indonesia (timnas)

  13. 15 Gabriela December 19, 2010 at 2:04 pm

    Kemenangan timnas tidak akan berarti kalo gak disusul dengan sikap yg sama pendukungnya. Percuma kt smua bangga atau mengolok2 timnas indonesia kalo kita msh tidak peduli kepada sesama bahkan orang2 terdekat kita.

    • 16 Ditter December 19, 2010 at 4:10 pm

      @Aciid: Hahaha… belum tentu lho, Sob. Dalam laga semifinal kemarin, Malaysia maennya bagus🙂

      @Menone: Sipppp…. Mari kita bersama-sama mendukung tim merah putih!!

      @Ihsanara: Aminnn!! Eh, Sob, alamat situs kamu apa? Supaya saya bisa berkunjung juga….🙂

      @Gaby: Terima kasih banyak atas komentarnya….

  14. 17 Sriyono Semarang December 19, 2010 at 5:39 pm

    Maju terus pantang mundur….😀

  15. 18 Blognya anak padmanaba December 19, 2010 at 5:40 pm

    halo mas, jumpa lagi. Dan malam ini adalah penentuannya, semoga indonesia nanti bisa menang dan menggondol piala AFF🙂

  16. 19 kezedot December 19, 2010 at 7:46 pm

    dukung tim kesayanganku garuda…….
    menang menanglah tim PSSI kita

  17. 20 ilfiyendri April 20, 2011 at 10:06 pm

    salam kenal, menarik juga blognya mas, saya juga pecinta sepak bola Indonesia, mampir ya ke blog saya : ilfiyendri.blogspot.com

  18. 22 bali golf club October 5, 2011 at 9:58 am

    maju terus tim nas indonesia supaya bisa mengalah kan negara lain khususnya dalam sepak bola

    andre

  19. 24 Gudangnya Batik May 4, 2012 at 4:06 pm

    tahun ini piala AFF. semoga Indonesia bisa juara. dengan materi pemain yang lebih banyak pilihan, kombinasi antara pemain muda dan senior, pemain lokal, naturalisasi dan pemain di luar negeri. ayo PSSI, bersatulah!

  20. 25 yulisetiawanadiningrat August 25, 2012 at 7:18 am

    kalau saya sih maunya indonesia bisa tampil lebih diatas AFF, memperbaiki kinerja PSSI dan jmasuk ke piala dunia, kalo mau tahu berita seputar liga inggris dan spanyol silahkan kunjungi http://www.108jakarta.com/sports

  21. 26 arikaka22 September 6, 2012 at 12:15 am

    tapi sayangnya sekarang kondisi timnas kita sangat memprihatinkan😦


  1. 1 Berjuang Terus Timnas Sepakbola Indonesia! « Ditter's Blog Trackback on December 20, 2010 at 1:12 am
  2. 2 Situs Berita Sepak Bola - Barcelona Amat Dari Semata-mata Messi | RuangKabar.com Trackback on March 31, 2012 at 9:03 pm
  3. 3 Menpora: Ingat Tujuan PSSI Dibentuk | ligaindonesia.biz Trackback on April 19, 2012 at 6:16 pm

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s




Enter your email address to follow this blog and receive notifications of new posts by email.

Join 1,985 other followers

Selamat Datang!

Kategori

Twitter

Arsip


%d bloggers like this: