Strategi Menjadi Penulis Sukses

Seiring meningkatnya budaya literasi di Indonesia, jumlah masyarakat yang menyukai kegiatan menulis pun meningkat pula. Indikator yang paling mudah kita temukan adalah besarnya jumlah blog di dunia maya. Memang, tidak semua para blogger itu aktif mengelola blog mereka. Tapi, setidaknya hal tersebut menunjukkan bahwa ternyata menulis telah menjadi sebuah kegiatan alternatif yang mengasyikkan dan mengundang minat banyak orang.

Ketika dahulu kegiatan menulis identik dengan hobi, belakangan sudah mulai banyak orang yang menjadikannya sebagai sebuah profesi. Bagi mereka yang suka menulis, menjadi penulis (lepas) memang merupakan pilihan profesi yang sangat menarik, sebab sesuai dengan hobi serta tidak terlalu terikat dengan lembaga, instansi, atau perusahaan tertentu dari segi waktu dan tempat.

Pendapatan penulis pun bisa dikatakan besar, sebab saat ini penghargaan terhadap karya tulis memang sudah lebih baik dibanding dahulu, termasuk penghargaan dari segi materi (uang). Meskipun demikian, tentu ada banyak tantangan yang harus dihadapi seseorang bila ingin menjadi penulis, salah satunya adalah bila tulisan yang dihasilkan tidak kunjung “laku”.

Orang yang berprofesi sebagai penulis pada umumnya mampu menghasilkan karya tulis yang beraneka ragam, misalnya buku, artikel koran, opini, berita, atau tulisan advertorial. Keahlian seperti itu seolah sudah menjadi kualifikasi dasar yang harus dipenuhi seseorang bila ingin menjadi penulis. Padahal, masih ada kualifikasi lainnya yang tidak kalah penting namun sering kali terlupakan, yaitu kemampuan “memasarkan” karya tulis yang telah dihasilkan.

Bagi seorang penulis, tentu bukanlah hal yang bagus bila produktif menulis, tapi hasilnya hanya tersimpan di dalam memori komputer karena tidak mampu melobi penerbit/media untuk memublikasikannya.

Kang Arul, seorang penulis yang sudah menghasilkan dua ratusan buku, mencoba membantu siapapun yang hendak menjadikan kegiatan menulis sebagai sebuah profesi. Semua ide yang terkait dengan hal tersebut ia tuangkan ke dalam buku A Complete Guide for Writerpreneurship.

Kang Arul melihat bahwa selain keahlian menulis, marketing juga menjadi hal penting yang harus dikuasai oleh para penulis. Karena itulah ia mengenalkan konsep writers marketing, sebuah perpaduan antara aspek writing dan marketing, dan kemudian dikombinasikan dengan kemampuan communication (berkomunikasi) dan promotion (melakukan promosi).

Dalam pemahaman writers marketing, menulis sebagai profesi tidak berhenti sebatas pada tujuan menerbitkan buku atau mengirimkan tulisan ke berbagai media massa, tetapi merupakan pekerjaan profesional yang dibutuhkan oleh penerbit, institusi, perusahaan, dan stakeholder lainnya (halaman 3).

Lebih lanjut, Kang Arul menjelaskan bahwa ada delapan kata kunci yang menentukan keberhasilan writers marketing, yaitu culture, concept, consistency, creativity, competency-credibility, client focus, dan client networking. Kedelapan kata kunci itu kemudian ia sebut dengan 8 C Key.

Satu hal yang perlu pembaca ketahui adalah bahwa apa yang dipaparkan dalam buku ini bukanlah panduan praktis tentang bagaimana teknik menulis yang baik agar bisa menghasilkan tulisan yang bagus, melainkan tentang apa yang perlu dilakukan supaya bisa menjadi penulis sukses. Oleh karena itu, sebelum mulai membaca buku ini, pastikan terlebih dahulu bahwa Anda tidak sedang berharap untuk mendapatkan informasi seputar kiat-kiat menulis.

 

Judul : A Complete Guide for Writerpreneurship
Penulis : Kang Arul
Penerbit : Citra Media, Yogyakarta
Cetakan : I, Oktober 2010
Tebal : xiv + 208 halaman

 

****

8 Responses to “Strategi Menjadi Penulis Sukses”


  1. 1 partnerinvain December 3, 2010 at 2:30 pm

    tulisan yang bagus tanpa promosi yang tepat…kayaknya kurang tepat sasaran juga, padahal kan buku untuk dibaca…bukan jadi pajangan toko buku, gimana caranya buku bisa sampai dan menarik konsumen untuk membeli dan membacanya.

    • 2 ditter December 3, 2010 at 11:01 pm

      hmm… maksudnya gimana, ya? Saya kurang ngerti, hehe…

      Tulisan itu adalah resensi buku yg saya buat berdasarkan buku yg sudah saya baca🙂

  2. 3 Starrfy Seksi February 3, 2011 at 2:04 pm

    Permisi… Maaf kalo mengganggu! sudah jgn berdebat. nikmati saja hudup ni…
    salam kenal yah…

  3. 5 diah August 4, 2012 at 12:51 pm

    terkadang sempet juga kepikiran untuk jadi seorang penulis ,😀

  4. 6 ryskha October 18, 2015 at 10:14 am

    untuk jadi penulis itu ap kita harus belajar dari guru bhsa indonesia kita atau sma penulis yg sukses


  1. 1 Mari Tampil Rapi! :D « Ditter's Blog Trackback on December 11, 2010 at 10:46 pm
  2. 2 Alanda Kariza, Inspirasi untuk Para Pemuda Indonesia « Ditter's Blog Trackback on February 12, 2011 at 12:27 am

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s




Enter your email address to follow this blog and receive notifications of new posts by email.

Join 1,985 other followers

Selamat Datang!

Kategori

Twitter

Arsip


%d bloggers like this: