Tips Menaklukkan Psikotes

Salah satu tes yang paling sering menghambat para job seeker dalam upaya mendapatkan pekerjaan impian adalah psikotes. Tidak sedikit orang yang telah lolos seleksi administrasi dan bahkan memiliki kualifikasi yang baik, namun akhirnya tidak diterima bekerja karena terganjal oleh psikotes. Kenapa bisa demikian?

Sepintas, hal tersebut memang cukup mengherankan. Bagaimana mungkin seseorang yang telah memiliki kualifikasi yang sesuai dengan yang dibutuhkan oleh perusahaan, pada akhirnya tidak diterima bekerja karena tidak lolos psikotes? Apakah pihak perusahaan tidak rugi melepas calon karyawan seperti itu?

Jawabannya, tentu saja tidak rugi. Di samping kualifikasi teknis, ternyata perusahaan juga sangat mengutamakan kualifikasi nonteknis, yaitu sisi psikologis para pelamar. Misalnya, perusahaan perbankan tidak akan mau menerima orang yang memiliki keahlian di bidang akuntansi namun memiliki sifat licik, suka menipu, dan tidak bertanggung jawab.

Begitu pula dengan perusahaan lainnya, sulit untuk menerima orang yang ahli di bidangnya namun ternyata tidak simpatik, miskin kreativitas, minim rasa percaya diri, dan hobi memprovokasi. Dengan demikian, tidak mengherankan bila hampir semua perusahaan besar menyertakan psikotes sebagai bagian dari seleksi kerja yang mereka selenggarakan. Psikotes diperlukan demi mengetahui sisi psikologis para pelamar, misalnya tingkat kepercayaan diri, penerimaan terhadap diri sendiri, kemampuan berinteraksi, tingkat ketangguhan mental, dan lain sebagainya.

Mengingat begitu pentingnya psikotes, para pelamar perlu membekali diri dengan tips berikut ini agar psikotes tidak menjadi hambatan yang berarti.

  1. Perbanyak latihan mandiri di rumah. Anda dapat melakukan itu dengan membeli buku-buku panduan psikotes yang saat ini tersedia banyak sekali di toko-toko buku. Selain itu, Anda juga bisa mendapatkan kumpulan soal psikotes dengan mudah di internet. Cukup mengetikkan kata kunci “kumpulan soal psikotes” di kotak mesin pencari semacam Yahoo! atau Google, maka akan keluar banyak sekali link yang bisa Anda akses untuk mendapatkan kumpulan soal tersebut.
  2. Lakukan persiapan-persiapan yang bisa membuat kondisi Anda nyaman dan fit. Misalnya, tidur yang cukup, makan yang cukup sebelum tes, atau bangun pagi agar tidak terburu-buru datang ke tempat tes. Walaupun sepele, persiapan-persiapan kecil semacam itu penting dilakukan, sebab akan membuat perasaan Anda lebih fresh, mantap, dan percaya diri.
  3. Saat sudah tiba di ruangan tes, berusahalah bersikap tenang, lalu kuasai diri Anda agar tetap fokus, jangan sampai terpengaruh oleh suasana tegang di ruangan itu.
  4. Jawab setiap pertanyaan psikotes dengan jawaban yang benar-benar mewakili diri Anda. Jangan memanipulasi jawaban, alias menjawab dengan jawaban yang berlawanan dengan kepribadian Anda hanya karena ingin terlihat baik dan sempurna. Dalam psikotes, kejujuran merupakan hal yang sangat dijunjung tinggi.
  5. Dengarkan instruksi yang disampaikan oleh penjaga tes dengan cermat dan penuh perhatian agar Anda terhindar dari kesalahan teknis dalam mengerjakan soal. Kadang ada kasus dimana para pelamar kebingungan dan tidak bisa mengerjakan soal-soal dengan baik, sebab tidak cermat dalam mendengarkan instruksi yang disampaikan oleh penjaga tes.
  6. Jika menghadapi kesulitan dalam suatu soal, lanjutkan saja ke soal-soal berikutnya. Kalau tidak, bisa-bisa waktu yang Anda miliki saat mengerjakan tes akan habis begitu saja karena terlalu penasaran dengan soal-soal yang sulit. Padahal, soal yang terlewatkan itu tentu dapat Anda kerjakan lagi bila memang masih ada waktu yang tersisa.

Nah, demikian tips sederhana yang saya harap bisa bermanfaat bagi Anda agar sukses dalam menaklukkan psikotes. Bila Anda merasa kurang puas dan ingin mengikuti pembahasannya lebih lanjut, silakan simak uraiannya di buku 99,99% Diterima Kerja, karena tulisan ini saya sarikan dari sebagian isi buku tersebut.

Apa itu buku 99,99% Diterima Kerja? Mari ikuti cerita saya di sini. Yang pasti, buku tersebut bisa Anda manfaatkan sebagai panduan praktis di tengah “peperangan” mencari pekerjaan.

Buku tersebut bisa Anda beli di toko-toko buku terdekat di kota Anda, khususnya Gramedia. Bila tidak ingin repot mencarinya di toko buku, Anda bisa membeli buku 99,99% Diterima Kerja secara online di blog ini. Bagaimanakah caranya? Gampang! Untuk melihatnya, silakan Anda klik link ini.

Terima kasih banyak dan semoga bermanfaat!🙂

8 Responses to “Tips Menaklukkan Psikotes”


  1. 1 Asop September 16, 2010 at 7:00 pm

    Yah gak seru kalo psikotes ada tips-nya…:mrgreen:

  2. 2 Lucky dc September 17, 2010 at 11:10 pm

    Iya Psikotes itu kadang-kadang membingungkan heheh:mrgreen:

  3. 3 MENONE September 20, 2010 at 7:03 pm

    waahhhh okey nich tips2nya………….. makasih sobat salam kenal

  4. 4 bhiberceloteh September 30, 2010 at 12:04 am

    paling bingung kalo udah musti gambar pohon!
    katanya pohon mangga yang paling bagus untuk di gambar pas psikotest, masalahnyaaaa… saya ga pinter gambar.. mangga nya jadi kaya jambu monyet bentuknyaa.. hiks!

    anyway, makan yg cukup menjelang test tuh emang bener banget!
    aku 2 kali perutnya bunyi (kenceng pula!!) pas psikotest..
    maluuuuu…. hiks!

    • 5 Ditter October 1, 2010 at 5:27 pm

      @Asop: Hehe… harapannya sih tips itu bisa membantu memudahkan🙂

      @Lucky: Betullll.. sering bikin stres para job seeker, hehe…..

      @Menone: Sippp…. terima kasih, Sob….

      @Bhi: hahaha….. di tengah suasana psikotes yg sangat tenang itu, pasti bunyi perutmu jadi terdengar kenceng banget, hahaha…..

  5. 6 antor October 4, 2013 at 7:15 pm

    soal2 pisikotes pake waktu bikin otak kerja keras


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s




Enter your email address to follow this blog and receive notifications of new posts by email.

Join 1,985 other followers

Selamat Datang!

Kategori

Twitter

Arsip


%d bloggers like this: