Penipuan Lewat SMS

Ini Mama, pinjam nomor teman. Mama lagi kehabisan pulsa. Tolong beliin pulsa ke nomor ini, dong. Lima puluh ribu aja. Segera, ya. Penting banget soalnya.

Pernah mendapat sms semacam itu? Hati-hati, karena kemungkinan besar itu adalah penipuan lewat sms.

Kakak saya beberapa hari yang lalu dapat sms yang isinya seperti itu. Agak lucu sebenarnya, karena saat itu Mama lagi ada di rumah. Dan kita manggil beliau bukan dengan sebutan ‘mama’. Jadi isinya bener-bener nggak nyambung! Kelihatan banget kalau si pengirim bermaksud menipu.

Entah kenapa penipuan lewat sms sekarang marak banget. Modusnya bermacam-macam. Coba simak ceritanya Ndorokakung di sini. Dia dapat sms yang memancing perhatian, khususnya kaum Adam. Bagi lelaki hidung belang yang ngga kuat iman, sms yang didapat Ndorokakung itu pasti akan ditanggapi dengan serius.

Kemarin Bos saya cerita, ternyata dia juga abis dapat sms yang hampir sama dengan yang didapat kakak saya. Bos saya langsung tau kalau itu adalah penipuan, karena dia tidak memanggil ibundanya dengan sebutan ‘mama’, tetapi ‘simbok’🙂

Saya mengira-ngira motif si pelaku mengirim sms semacam itu. Mungkin karena ingin mendapatkan pulsa gratis. Kalau ada 5 orang saja yang tertipu, sedangkan per orang mengirimkan pulsa sejumlah 50 ribu, maka telepon selulernya akan terisi pulsa total 250 ribu. Lumayan banget! Jumlah segitu cukup untuk memenuhi kebutuhan pulsa saya selama setengah tahun🙂

Modus seperti itu ternyata lagi ngetren. Ada banyak sekali kenalan saya yang mendapat sms tersebut, walaupun tidak sampai tertipu. Beberapa koran yang saya baca juga memberitakan kalau penipuan lewat sms memang sedang marak. Sebenarnya ini mengkhawatirkan, karena mengindikasikan kalau ternyata mental “penipu” masih dimiliki oleh sebagian masyarakat. Yah, semoga hanya segelintir saja.

Apakah teman-teman juga pernah mendapatkan sms yang isinya kurang lebih sama seperti yang saya tuliskan di awal tadi?

7 Responses to “Penipuan Lewat SMS”


  1. 1 chiekebvo September 11, 2010 at 9:52 am

    iyyaa..
    aq juga pernah mas dpt sms kaya gtu..
    aneh2 ajah yakz..
    #Geleng2

  2. 2 joanna September 12, 2010 at 3:21 am

    udah lama dapet sms seperti itu, awalnya sih ga tau itu penipuan..untung blm terlanjur transfer pulsa..:)

  3. 3 suryasheina September 12, 2010 at 10:36 am

    aku jg pernah dit.. . tp bikinnya pake nama bapak..
    tadinya aku gak tau, ak pikir itu beneran.
    untung aja pas aku lg gak punya duit, jadinya aku balesin aja kalo emang lg ga punya duit *polos*
    eh, bbrpa hari kemudian ada berita di tv one yg tentang penipuan itu, baru ngeh akunya.. ahahaha.
    trus ak kasi tau jg temen2 yg lain..

  4. 4 Denuzz BURUNG HANTU September 12, 2010 at 9:43 pm

    alhamdulillah denuzz belom pernah jadi korban penipuan rendahan seperti ini … hehehe …
    semoga pelaku cepet sadar aja deh … dan mau berusaha mendapakan pulsa dengan cara yg halal …

    o …ya … ada kuis tuh di sarang BURUNG HANTU …
    ikutan ya …
    Salam BURUNG HANTU …

  5. 5 gigina September 14, 2010 at 12:06 am

    aku dapet smssama persis kayak punyamu mas…
    aku bacanya langsung ngakak2, mataku berbinar-binar buat cepet2 bales. mau tau balesannya :

    ” haha, kehabisan pulsa ya? sokooooooooooooorrrrr. urusanmu noh, minta sama Tuhan sana ”

    ketauan banget nipu

  6. 6 ais ariani September 14, 2010 at 10:46 am

    hehehehehe. iyah dit, nomor mamah ku, nomor ku juga pernah dikirimin sms dengan kata – kata yang sama persis. kirain tadinya salah kirim.
    ternyata.. ada modus penipuan baru toh…

  7. 7 Nandini September 21, 2010 at 9:47 am

    sekarang aktornya papa… katanya di kantor polisi.. hahaha….


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s




Enter your email address to follow this blog and receive notifications of new posts by email.

Join 1,986 other followers

Selamat Datang!

Kategori

Twitter

Arsip


%d bloggers like this: